manfaat cheating day saat diet

Cheating Day Saat Diet Bantu Langsingkan Tubuh

Cheating day sebaiknya tidak selalu diartikan sebagai cara curang untuk mengakali program diet Anda. Jika Anda mengetahui ilmu di balik cheating day, cara ini justru membuat tubuh Anda langsing lebih cepat.
manfaat cheating day saat diet
Cheating Day adalah suatu hari di mana kita memberikan sedikit kebebasan (tapi tetap terkendali) kepada diri kita dengan “mengijinkan” diri kita mengonsumsi makanan kegemaran selama satu kali seminggu.

Umumnya cheating day dilakukan sebagai “hadiah” bagi diri kita setelah kita mencapai suatu target yang telah ditetapkan.

Memang masih banyak di luar sana yang memperlakukan cheating day sebagi hari balas dendam, dengan mengonsumsi makanan tak sehat dalam jumlah besar. Jika cara ini yang Anda lakukan, besar kemungkinan berat tubuh tidak akan berkurang tetapi justru bertambah.

Namun jika Anda mengetahui cara yang tepat melakukan cheating day, maka tubuh langsing idaman akan cepat Anda dapatkan dengan cara yang mudah.

Cheating day yang dilakukan dengan benar dapat meningkatkan metabolisme dan regulasi insulin. Selain itu dapat pula mengisi ulang glikogen yang habis sekaligus membuat tubuh tetap dalam fase membakar lemak.

Pahami Sistem Hormonal Tubuh

Untuk memahami hal ini, kita akan mengulas tentang fungsi hormonal tubuh. Salah satunya adalah Leptin. Leptin adalah hormon yang bekerja pada hipotalamus otak dan dihasilkan oleh jaringan lemak. Hormon ini bertanggung jawab mengatur nafsu makan dan keseimbangan energi dalam tubuh.

Leptin memainkan peran penting dalam mengatur berat badan dan massa lemak melalui efek stimulasi pada otak. Leptin juga memberitahu otak kapan harus berhenti mengunyah dan berhenti makan, membantu merespon rasa kenyang, moncler armoise albizia mengendalikan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan.

Penelitian telah menunjukkan dalam waktu 24 jam puasa, tingkat leptin seseorang menurun menjadi 30 persen.
Kekurangan hormon leptin dapat memicu obesitas, terutama pada anak-anak. “Anak-anak yang tidak menghasilkan hormon ini secara cukup, memiliki nafsu makan di luar batas wajar,” kata Profesor Bouloux dari Birmingham University.

Selain itu, ada pula hormon ghrelin. Ghrelin adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel lapisan P/D1 dari lambung manusia dan sel epsilon dari pankreas yang merangsang rasa lapar. Tingkat ghrelin meningkat sebelum makan dan menurun setelah makan. Kadar hormon ghrelin akan menurun secara berkala setelah tubuh mulai menyerap nutrisi dari makanan.

Selain itu, ghrelin juga dapat mengaktifkan pusat kesenangan di otak dan membuat seseorang mengonsumsi makanan lebih banyak. Ghrelin bekerja pada hipotalamus otak dengan cara meningkatkan nafsu makan ketimbang menurunkannya.

Diet rendah kalori dan latihan terlalu lama dipercaya dapat meningkatkan hormon ini. Kondisi inilah yang justru mengakibatkan pola makan membabi buta dan bertambahnya berat badan.

Selain mempengaruhi nafsu makan dan energi yang digunakan melalui leptin dan ghrelin, diet rendah karbohidrat berkelanjutan juga menyebabkan tubuh mencoba menghemat energi dengan mengurangi tingkat hormon tiroid, yang membantu mengatur dan menjaga metabolisme. moncler jacket acorus

Selain itu, diet rendah karbohidrat juga berpotensi menguras glikogen tubuh dan membuat Anda merasa lesu dan lemah, sehingga latihan Anda menjadi tidak optimal.

Lalu bagaimana cara melakukan cheating day yang cerdas agar berat badan turun lebih cepat? Berikut jawaban untuk Anda.

Gunakan Pemahaman Sistem Hormonal

Dengan mengetahui bahwa tingkat leptin dan ghrelin dipengaruhi diet rendah karbohidrat yang ketat, maka cheating day yang dilakukan seminggu sekali dapat membantu meningkatkan kembali hormon leptin sekaligus menurunkan ghrelin.

Ini sangat penting karena dengan mengembalikan level hormon ke kadar normal dapat mencegah efek negatif pada proses metabolisme, mengendalikan nafsu makan, dan energi yang dikeluarkan menjadi lebih baik. Selain itu, cheating day juga dapat meningkatkan fungsi tiroid untuk membantu metabolisme.

Peningkatan fungsi tiroid untuk metabolisme ini dapat bertahan hingga beberapa hari setelah tubuh mendapatkan asupan makanan saat cheating day. Bahkan, cheating day yang terjadwal dengan baik akan menghindarkan Anda dari bertambahnya berat badan akibat pola makan yang buruk saat diet.

Menu Sehat Cheating Day

Realistis. Itulah yang harus menjadi pegangan Anda saat melakukan cheating day. Jangan ada rasa balas dendam di dalamnya karena kondisi ini bisa menjadi bumerang yang membuat tubuh Anda melar. Apapun yang Anda makan saat cheating day, usahakan mengandung cukup karbohidrat, protein dan lemak sehat. moncler jacket acorus Vitamin dan mineral juga jangan ketinggalan.

Ada berbagai pilihan menu yang mencukupi semua kebutuhan itu, dan Anda yang lebih tahu apa yang Anda suka. Jadi silakan pilih dengan bijaksana menu cheating day Anda.

Bijaksana saat Cheating Day

Dari sekian banyak penjelasan, kami yakin bahwa jujur dan bijaksana saat cheating daya adalah tantangan tersulit yang harus Anda lalui.

Bijaksana dalam menentukan menu dan jumlah makanan serta berapa kali Anda harus mengonsumsinya harus menjadi perhatian Anda. Jujurlah pada diri sendiri dan ingatlah target untuk menurunkan berat badan. Tujuan cheating day adalah untuk mempermudah diet Anda meraih tubuh ideal, bukan sebaliknya. (dan)

BACA JUGA : DIET SEIMBANG DENGAN METODE FOOD COMBINING

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes