Christmas Diet Tips

Christmas Diet Tips

Libur Natal adalah saat yang paling dinanti untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Tradisi ini akan semakin lengkap dengan sajian hidangan Natal yang lezat dan menggugah selera.

Christmas Diet Tips

Ini adalah tantangan bagi Anda yang masih setia menjalankan program diet. Mengingat hidangan Natal identik dengan makanan tinggi kalori dan lemak yang bisa membuat berat badan Anda bertambah selama libur Natal.

Nah, agar diet Anda tetap berada di jalur yang benar dan berat badan Anda tidak bertambah selama libur Natal, sebaiknya Anda coba 5 tip sehat saat libut Natal berikut ini.

  1. Kurangi Makan yang Manis-manis
    Makanan dan minuman manis seperti kue kering dan sirup yang Anda konsumsi saat merayakan  Natal bisa menjadi bumerang bagi diet Anda. Makanan dan minuman ini dapat meningkatkan kadar gula darah yang dapat menempatkan Anda pada risiko diabetes. Selain itu, kelebihan gula dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak. Akibatnya, berat badan Anda pun bertambah selama libur Natal. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang manis-manis selama libur Natal dan konsumsilah hidangan yang lebih sehat seperti sayur dan buah-buahan segar.
  2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah
    Tidak semua orang merayakan Natal dengan hidangan tinggi kalori. Beberapa perayaan Natal tradisional di beberapa daerah masih menganut pola hidup sehat, yakni dengan menyuguhkan hidangan alami seperti sayuran dan buah-buahan segar. Cara ini mungkin bisa Anda terapkan di keluarga Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa sayuran dan buah-buahan diperkaya dengan multivitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, kandungan serat pada sayur dan buah-buahan juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.
  3. Pola Makan 5-6 kali
    Jika ingin diet Anda tetap lancar saat Natal, sebaiknya tetap jalankan pola makan 5-6 kali sehari, dengan 3 kali makan utama dan 2-3 kali snack di antara waktu makan. Tingkatkan asupan protein dan kurangi asupan karbohidrat Anda. Pola makan tersebut dapat membantu Anda mengendalikan napsu makan, sehingga Anda dapat terhindar dari mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang dihidangkan saat Natal.
  4. Tetap Terhidrasi
    Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga bagian dari rencana menjaga berat badan selama libur Natal. Alih-alih memilih minuman manis yang dihidangkan di atas meja makan, alangkah baiknya jika Anda lebih memilih untuk mengonsumsi air mineral. Jika Anda merasa tergoda untuk mencicipi minuman manis, minumlah beberapa gelas air putih untuk mengatasinya. Apabila Anda ingin mendapatkan minuman yang lebih sehat, tidak ada salahnya jika Anda meminta tuan rumah untuk membuatkan jus buah atau minuman rendah kalori lainnya yang baik untuk diet Anda.
  5. Tetap Berolahraga
    Apa pun harinya, entah itu liburan atau hari biasa di mana Anda menjalankan aktivitas, olahraga adalah aktivitas wajib yang perlu Anda lakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda akan mengalami peningkatan kalori sepanjang libur Natal. Agar kalori Anda tidak tersimpan menjadi lemak, sebaiknya Anda tetap berolahraga selama liburan. Selain berguna untuk menjaga berat badan, olahraga rutin dapat membantu Anda meredakan stres selama liburan.

Dengan berbekal 5 tip sehat di atas, kini Anda tak perlu khawatir diet Anda akan berantakan selama libur Natal. Selamat mencoba dan jangan lupa berikan komentar Anda. (dan)

BACA JUGA : Healthy Christmas Stollen

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes