Di Balik Kesuksesan Engki Menurunkan Berat Badannya Hingga 27 Kg!

Engki

Beberapa waktu yang lalu, salah seorang teman kita mengirimkan email yang berisi keinginannya untuk membagi kesukesan yang telah dicapainya dalam menurunkan berat badan. Tentu saja dengan pola diet yang sehat. Nah, kali ini kami akan membagikan cerita di balik kesuksesan Engki dalam menurunkan berat badannya.

Engki adalah seorang pria berusia 25 tahun asal Bandar Lampung yang saat ini bekerja sebagai karyawan swasta. Semasa kuliah dulu, Engki sering mengikuti kuliah malam. Nah, sepulang kuliah itu pun Engki sering makan nasi bungkus. Kebiasaan makan makanan tinggi kalori dan karbohidrat ini pun lambat laun membuat Engki mengalami kenaikan berat badan. Bahkan berat badan Engki mencapai angka 102 kg dengan tinggi badan 170 cm. Memiliki tubuh yang gemuk membuat Engki merasa mudah capek. Bahkan untuk naik turun tangga sebentar saja Engki sudah ngos-ngosan.

Selain mengeluhkan kondisi fisiknya kurang fit, Engki juga melihat banyak orang yang meninggal akibat penyakit yang disebabkan oleh obesitas. Bahkan Engki sampai merasa miris melihat anak-anak sekarang yang masih dibawah umur tapi sudah banyak yang obese. Hal-hal itulah yang akhirnya membangkitkan motivasi Engki untuk menurunkan berat badannya yang berlebih.

Ketika memulai dietnya saat itu, Engki belum mengetahui pola diet yang benar. Bahkan selama 8 bulan, Engki menerapkan diet yang salah, dengan cara banyak mengurangi makan dan kalori yang masuk. Bagi Engki, itu adalah diet yang menyiksa bahkan sering terjadi diet yoyo. Setelah itu, Engki mulai banyak membaca artikel tentang diet yang benar. Sampai akhirnya Engki pun berkenalan dengan Sportindo The Magz, www.DennySantoso.com serta www.DuniaFitnes.com yang banyak memberi informasi pada Engki mengenai diet dan latihan yang tepat.

Pola Makan

Segera setelah menyadari bahwa diet yang dilakukannya selama ini masih salah, Engki memperbaiki pola dietnya, dimulai dengan membagi makannya menjadi 5-6 kali sehari. Dalam pola makannya, Engki juga mengutamakan konsumsi makanan sumber protein, dengan komposisi 60% protein, 20% karbohidrat dan 20% lemak.

Pola makan Engki kurang lebih adalah sebagai berikut:
Jam 07.00 – sarapan, 5 sendok makan nasi merah dan 1 potong dada ayam
Jam 10.00 – snack, tahu / tempe kukus
Jam 12.00 – makan siang, 5 sendok makan nasi merah dan 1 potong dada ayam
Jam 14.00 – 1 buah pisang/apel
Jam 16.00 – oatmeal
Jam 19.30 – makan malam, 2 potong dada ayam

Jika tidak ada dada ayam, Engki juga memilih ikan tengiri yang dikukus. Untuk pengolahannya, Engki mengukus bahan-bahan makanan tersebut dengan tambahan bumbu jahe. Kadang Engki juga mencocolnya dengan sedikit saos sambal untuk menambah cita rasanya.

Pola Latihan

Engki juga akhirnya menyadari bahwa untuk mendapatkan hasil diet yang optimal, harus ditunjang dengan olahraga teratur serta melakukan latihan beban. Untuk itu, Engki pun rutin berlatih beban di gym sebanyak 5 kali dalam seminggu. Pola latihan yang diterapkan Engki sekarang adalah full body workout, dari pola latihan Engki sebelumnya yaitu Split Routine. Berikut ini adalah pola latihan Engki dalam seminggu:

SENIN :

SELASA :

  • Abdominal (side abs)
  • Chest incline
  • Dumbbell flies
  • Military press
  • Lateral raise
  • Front pull down
  • T-bar row

RABU :

KAMIS : OFF

JUMAT :

  • Chest Decline
  • Pec dec
  • Dumbbell press
  • Trapesius
  • Triceps
  • Bicep

SABTU :
Mengulang pola latihan hari Senin

Untuk membantu mengoptimalkan program dietnya, Engki menggunakan Prostar Whey Protein dari Ultimate Nutrition, bahkan sampai sekarang. Engki mengkonsumsi Prostar Whey untuk memenuhi kebutuhan proteinnya yang meningkat karena Engki juga aktif berlatih. Konsumsi Prostar Whey sangat membantu perkembangan massa otot Engki, membuat Engki kenyang lebih lama, sehingga sangat membantu program diet Engki.

Selama menjalani program dietnya, Engki tidak merasakan hambatan yang berarti, karena memang niat dari diri Engki sangat kuat untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Bahkan perjuangan diet Engki sudah dimulai dari hal terkecil, yaitu mulai dari belanja, menyiapkan makanan, kemudian membawanya ke kantor. Semua dilakukan Engki sendiri.

Sementara ini Engki cukup senang dengan bentuk tubuh yang diraihnya sekarang ini. Saat ini Engki berat badan mencapai 75 kg. Ukuran celana Engki juga berkurang, dari nomor 40 sekarang Engki bisa memakai celana ukuran 33. Mengagumkan bukan? Namun, Engki tak berpuas diri. Selain ingin menjadi lebih sehat dan bugar, salah satu targetnya saat ini adalah menambah massa otot dan menonjolkan otot-ototnya yang masih sedikit tertutup lemak. Dan Engki juga masih ingin terus menerapkan pola diet sehat ini.

Setelah berhasil menerapkan pola diet sehatnya, timbul keinginan Engki melihat orang lain bisa menjalani pola diet yang benar, di mana diet yang benar ini bukan berarti membuat kita tidak bisa makan enak dan merasa tersiksa dalam menjalaninya. Untuk itulah Engki sangat antusias untuk membagikan rahasia di balik kesuksesan program dietnya. Engki berpesan bahwa hidup sehat itu bisa dilakukan jika ada niat, konsistensi dan disiplin dari diri sendiri. Selamat kepada Engki dan semoga cerita Engki ini bisa menjadi motivasi bagi kita!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes