Diet Menyenangkan Ala Dawn Jackson Blatner

Usaha untuk mendapatkan tubuh langsing dan ideal bisa menjadi tantangan berat bagi sebagian orang. Proses diet dan latihan yang ‘menyiksa’ terkadang membuat seseorang enggan untuk menjalani program penurunan berat badan.
diet ala Dawn Jackson Blatner

Nah, jika Anda termasuk ke dalam kategori tersebut, mungkin diet ala Dawn Jackson Blatner ini bisa menjadi solusinya. Pakar gizi dan diet nan cantik asal Chicago ini mengklaim bahwa dietnya adalah diet yang menyenangkan sehingga semua orang bisa melakukannya.

Sebelum memulai diet ini, Blatner menekankan bahwa istilah ‘menyenangkan’ harus diluruskan.
“Ini bukan tentang Anda bersenang-senang dengan sekotak es krim sambil menonton televisi dan berharap tubuh Anda langsing. Menyenangkan tubuh adalah memberinya cukup energi, mengupayakan berat badan ideal dan menjaganya tetap sehat,” terang Blatner.

Nah, seperti metode diet menyenangkan ala Blatner? Yuk, kita simak bersama.

Meja, Piring & Kursi

Saat waktu makan tiba, ada 3 hal yang wajib Anda punya yaitu, meja, piring dan kursi. Blatner menyatakan bahwa tiga hal tersebut dapat menghindarkan seseorang mengudap ekstra kalori saat makan, ketimbang harus makan di sofa sambil menonton televisi.

Bangkitkan Motivasi dengan Tidur

Menjaga motivasi adalah faktor kedua yang perlu dipertahankan selama berdiet. Motivasi adalah sumber daya tak terbatas yang harus dipelajari, dikembangkan, dan dikelola. Suatu saat motivasi tersebut mungkin akan jatuh. Untuk itu, istirahat cukup berupa tidur berkualitas akan mengangkat kembali motivsi yang sedang jatuh.

Target Realistis

Target yang Anda tentukan pun harus realistis. Jangan membebani diri Anda dengan target yang tidak masuk akal. Misalnya ingin menurunkan 10 kg dalam 1 minggu atau lebih cepat dari itu. “Ini justru akan merusak rencana untuk berdiet bahkan sebelum Anda melakukannya,” terang Gary Foster dari Center for Obesity Research and Education di Temple University.

Pilih Teman yang Tepat

Menurut Dr. Robert Kushner, lingkungan sosial turut memengaruhi kebiasaan seseorang. Perokok berkumpul dengan perokok dan peminum dengan peminum. Orang cenderung memiliki kebiasaan yang sama dengan orang di sekitarnya. Oleh sebab itu, temukan teman-teman yang memiliki target yang sama untuk menurunkan berat badan.

Perhatikan Diagram Piring

Diagram piring menyebutkan bahwa piring harus terbagi ke dalam empat bagian, yakni buah, biji-bijian, sayuran, dan protein. Nah, keranjang belanja Anda juga harus menerapkan aturan tersebut. Cermati dengan tepat untuk memastikan bahwa isinya adalah 25% protein, 25% sumber karbohidrat, dan 50% buah dan sayur.

Tidak Harus Makan saat Pesta

Hadir di acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan, ulang tahun, dan lainnya akan membuat selera makan Anda meningkat ketika melihat hidangan lezat tersaji di atas meja. Tapi, Anda tidak diwajibkan memakannya. Kalaupun Anda ingin mencicipinya, batasi saja konsumsinya.

Sugesti dengan Kata ‘Langsing’

Banyak orang yang menginginkan sesuatu, tetapi kemudian berpikir bahwa itu tidak akan terjadi. Padahal jika Anda memberi sugesti positif pada diri Anda sendiri, alam akan bergerak mendukung Anda. Tanamkan pada diri sendiri bahwa Anda layak untuk sehat, langsing dan mempesona.

S-M-A-R-T

Terapkan target diet yang SMART, yakni specific (spesifik), measurable (terukur), attainable (dapat dicapai), realistic (wajar), and timely (mengandung unsur waktu). Dengan menerapkan target diet yang bersifat SMART, Anda lebih berpeluang untuk mewujudkannya. Misalnya, target “saya akan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari mulai esok hari“.

Kurangi Duduk Perbanyak Berdiri

Meski pekerjaan memaksa Anda untuk duduk berjam-jam di depan komputer, sempatkan berdiri atau melakukan latihan ringan setiap 20 menit dari posisi Anda duduk. Lebih aktif di kantor akan membakar lebih banyak kalori dan juga memperpanjang usia Anda.

Manajemen Stres

Salah satu penyebab diet Anda gagal adalah stres. Jika stres tidak dapat dihindari, kini saatnya Anda bersahabat dengannya. Saat stres tersebut datang, cobalah mengatasinya dengan hal-hal positif seperti bergabung dengan kelas yoga atau pilates, ketimbang Anda melampiaskannya dengan merokok atau menenggak minuman keras. (dan)

BACA JUGA : DIET TNT, STRATEGI NUTRISI UNTUK LANGSINGKAN TUBUH & BANGUN OTOT

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes