diet paleo

Diet Paleo, Tren Diet Primitif yang Banyak Digemari

Beragam cara digunakan untuk membentuk tubuh ramping. Mulai dari usaha-usaha medis hingga diet ekstrem. Semua dilakukan demi bentuk tubuh yang diidamkan banyak orang. Namun, beberapa orang yang sayang mengeluarkan kocek lebih untuk usaha medis, maka banyak pula yang memilih dengan melakukan program diet.

Diet Paleo

Banyak metode diet yang tengah berkembang di masyarakat. Semuanya menawarkan goal yang sama, yakni mendapatkan tubuh ramping tanpa lemak. Banyaknya program diet ini, tak jarang membuat Anda terjerumus ke dalam ‘lembah hitam’. Bukannya malah mengalami penurunan berat badan, namun kesehatan dan performa tubuh Anda justru semakin menurun.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil dan melakukan metode diet tertentu, maka perbanyak literatur yang membahas metode diet yang akan Anda lakukan. Jika banyak pakar kesehatan yang merekomendasikannya, maka Anda tidak ada salahnya untuk mencoba.

Seperti kali ini, DuniaFitnes.com akan menawarkan metode diet yang cukup diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Ya, itu adalah Diet Paleo. Seperti apa penjelasannya? Berikut informasinya untuk Anda.

Apa itu Diet Paleo?

Paleo diambil dari kata paleolitikum, yang artinya zaman batu. Paleolitikum merupakan zaman prasejarah yang bermula kira-kira 50 ribu hingga 100 ribu tahun yang lalu. Pada zaman ini, manusia hidup secara berpindah-pindah atau nomaden. Mereka mencari biji-bijian, umbi, serta dedaunan sebagai makanan. Kadang, mereka juga berburu untuk memenuhi rasa rasa laparnya.

Kembali lagi pada bahasan diet paleo, diet ini menggunakan prinsip yang ada pada jaman paleolitikum, yang dipakai oleh nenek moyang kita di zaman batu. Artinya, kita menyantap makanan sama dengan manusia pada zaman batu. Tapi tunggu dulu, jangan lantas hal ini membuat Anda bergidik. Tentu saja makanan yang dimakan tidak harus mentah. Banyak perbedaan antara kita dan manusia di pra sejarah tersebut. Evolusi membuat struktur pencernaan kita berbeda dengan mereka.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, metode diet paleo sama halnya dengan santapan makanan ketika zaman batu. Biji-bijian, umbi, daging, daun (sayur) merupakan menu santapan sehari-hari. Itu artinya, tak ada nasi sama sekali.

Lalu, Apa Bedanya dengan Diet yang Lain?

Jika umumnya banyak metode diet yang mengurangi makanan dan sebagainya, maka hal ini tidak berlaku untuk diet paleo. Diet ini intinya hanya membantu Anda mengurangi berat badan Anda, sehingga Anda dapat mencapai berat badan ideal. Dalam diet ini, tak perlu mengurangi makanan atau menyiksa diri dengan berjam-jam melakukan latihan di gym.

Metode diet ini bukan hanya membantu Anda untuk mencapai berat badan yang banyak diimpikan oleh bnayk orang. Namun jika Anda melakukan metode diet ini, maka Anda akan terselamatkan dari risiko diabetes, jantung, ataupun berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Menu Diet Paleo

Elemen Penting dalam Diet Paleo

Pada dasarnya, diet ini merupakan diet yang tidak berisiko, apalagi menyiksa Anda. Untuk lebih dalam mengenal diet paleo, terdapat beberapa elemen penting yang membuat diet ini begitu banyak dikagumi di kalangan pencinta diet. Elemen tersebut yakni,

1.) Nutrisi
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Diet ini mengadopsi dari jaman pra sejarah. Artinya, filosofi dari diet ini adalah kita makan berdasarkan apa yang sudah tersedia di alam untuk manusia. Manusia pra sejarah telah mengenal daging dan umbi-umbian sudah sejak jutaan tahun yang lalu. Sedangkan, padi mulai digunakan sebagai makanan pokok semenjak 10 ribu tahun atau selama 333 generasi. Meskipun sama-sama lamanya, namun evolusi tidak terjadi selama 4 atau 5 generasi. Butuh waktu yang lama untuk manusia dalam berevolusi.

Namun pada masa sekarang, banyak makanan makanan baru yang bermunculan. Beberapa di antaranya memiliki hasil yang tidak diinginkan di dalam tubuh kita. Alhasil, nutrisi-nutrisi dalam tubuh kita tidak dapat terpenuhi. Tak heran, jika di masa ini banyak jenis penyakit baru bermunculan.

2.) Kebugaran
Kebugaran sangat berguna untuk mempertahankan performa tubuh yang sehat. Untuk itu, setiap orang perlu untuk menjaga kebugaran tubuh mereka. Melalui metode diet paleo, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung kronis. Bukan hanya itu, hal ini juga dapat dihindari dengan Anda bergerak setiap hari. Jika tujuan Anda ingin mencapai bobot tubuh yang ideal, maka melalui diet ini, Anda tak perlu menghabiskan latihan dan melakukannya dengan mati-matian. Anda juga perlu mengilhami manusia pada zaman batu. Hanya dengan berburu dan melakukan kesehariannya, maka manusia pra sejarah pun juga dapat mempertahankan bentuk tubuh idealnya.

Bukan berarti Anda harus melakukan hal yang sama dengan manusia zaman batu, tapi Anda minimal harus menggerakkan tubuh Anda dan melakukan keseharian Anda dengan normal. Aktivitas dengan intensitas sedang atau tinggi pun, bahkan dapat membakar lemak tubuh.

3. ) Gaya Hidup
Pada massa ini, banyak orang melakukan gaya hidup yang kurang sehat. Lihat saja, beberapa orang yang mati-matian bekerja dari pagi pulang sore, sehingga tak mempunyai waktu untuk berolahraga. Hal ini semakin lengkap dengan ditambah menu makanan favoritnya yang hanya mengandalkan makanan siap saji atau junk food.

Hal-hal seperti itulah yang akhirnya membuat Anda menyimpan begitu banyak lemak di tubuh Anda. Maka dari itulah, dengan menggunakan diet paleo dapat membuat Anda memperbaiki gaya hidup dan asupan nutrisi dalam tubuh Anda.

Menu Makan Siang Diet Paleo

Pada dasarnya, diet paleo adalah diet dengan memanfaatkan bahan yang sudah ada dari alam. Namun, bukan berarti semua yang ada di alam boleh disantap sebagai menu makanan. Pilih makanan yang mempunyai sumber nutrisi tinggi. Berikut ini adalah contoh menu makanan dalam diet paleo.

Telur Orak-Arik Sayuran
Orak Arik Buncis dan Wortel copy

Bahan:
1 telur ayam kampung
1 sdt minyak
Buncis dan Wortel yang sudah di potong sesuai selera
Garam secukupnya
Harus tanpa gula

Cara Memasak:
1. Panaskan wajan dan minyak.
2. Campur telur, sayuran, garam yang telah dipotong-potong ke dalam wadah terlebih dahulu.
3. Masukkan campuran telur dan tumis, masak + 3 menit.
4. Sajikan tanpa nasi.

Intinya, Diet Paleo adalah diet dengan menghindari nasi. Jadi, jika Anda yang tak terbiasa makan tanpa nasi, lebih baik untuk mencari metode diet yang lainnya. (gie)

BACA JUGA: Inilah Dia 5 Tren Fitnes 2014!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes