Diet Saat Hamil. Bolehkah?

Penyebab Bertambahnya Berat badan Pada Masa kehamilan
Bertambahnya berat badan saat kehamilan merupakan hal yang wajar dan dapat terjadi pada setiap orang. Bertambahnya berat badan saat kehamilan dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya

  • Bertambahnya Volume Darah
    Volume sel darah merah akan meningkat maksimal 30% pada usia kehamilan 30-32 minggu. Hingga mencapai usia 38-40 minggu, volume darah ini akan relatif stabil. Meningkatnya volume sel darah ini juga diiringi meningkatnya volume plasma hingga mencapai 40% atau sekitar 1,3 liter.
  • Bayi Dalam Kandungan
    Ibu hamil akan mudah mengalami berat badan karena bayi yang dikandungnya. Bayi dalam kandungan memerlukan asupan nutrisi yang sama pentingnya dengan kebutuhan nutrisi sang ibu. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu akan diserap oleh bayi, sehingga pada saat tertentu sang Ibu akan merasakan keinginan untuk makan dan makan lebih banyak. Peningkatan nafsu makan inilah yang akhirnya dapat menyebabkan berat bertambah.
  • Meningkatnya Jumlah Cairan Tubuh
    Selama masa kehamilan, komponen air dalam tubuh akan meningkat sekitar 6,5 liter dari jumlah normal tubuh. Dengan meningkatnya cairan tubuh maka meningkat pula volume cairan ketuban. Inilah yang menyebabkan berat badan bertambah selama kehamilan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes