Gebrakan Baru untuk Diet Sukses Anda

Sama halnya dengan latihan untuk membentuk tubuh tegap dan berotot, diet juga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam melakukannya. Namun, kebanyakan orang tidak sabar dalam menjalankan program diet.

diet

Terdapat dua kemungkinan tentang penyebab dari kegagalan Anda. Pertama, Anda melakukan program diet yang salah dengan menjadikan makanan sebagai musuh Anda. Kedua, penghambat gagalnya diet Anda adalah diri Anda sendiri. Jika memang alasannya karena kemungkinan kedua, maka itu akan sulit diatasi. Karena, faktor keberhasilan dalam melakukan diet adalah kedisiplinan dari diri sendiri. Namun, jika kemungkinan pertama yang menyebabkan Anda gagal, maka hal itu masih bisa diperbaiki.

Perbanyaklah informasi-informasi tentang metode diet yang baik dan tidak menyiksa. Diet akan lebih berhasil jika Anda melakukannya dengan sukarela. Dengan begitu, Anda pun juga akan cepat merasakan manfaatnya. Berikut adalah 10 tips diet yang harus Anda perhatikan.

1. Kalori Keluar Harus Lebih Banyak dari Kalori yang Masuk

Jelas, jika tujuan Anda melakukan program diet adalah untuk menurunkan berat badan, maka kalori yang masuk harus lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori yang Anda bakar. Hal ini merupakan hukum mutlak dalam melakukan program diet.

2. Percepat Metabolisme Tubuh Anda

Pada artikel-artikel sebelumnya telah banyak dibahas, bagaimana caranya mempercepat metabolisme tubuh. Itulah sebabnya, kali ini tidak perlu dibahas panjang lebar. Namun, satu yang pasti bahwa dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana dapat pula mempercepat metabolisme tubuh Anda. Seperti halnya dengan meminum segelas air putih ketika Anda terbangun dari tidur malam. Dengan begitu, tubuh Anda dapat lebih cepat bekerja untuk membakar banyak kalori.

3. Belajar Jujur

Ketelatenan merupakan usaha yang paling dibutuhkan dalam menjalani program diet. Agar mengetahui secara pasti kalori yang Anda masukkan ke dalam tubuh, maka Anda wajib untuk mengukurnya. Perhatikan, dalam sehari idealnya seseorang membutuhkan kalori sebesar 2000 kkalori/ hari. Jadi, apabila kalori yang Anda konsumsi di atas ambang tersebut, maka Anda perlu berhenti. Kejujuran dan kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan yang akan membawa Anda mendapatkan tubuh ramping dan proporsional.

4. Pilihlah Sumber Lemak Baik

Anda jangan menganggap semua lemak itu jahat. Jika Anda berpikiran seperti itu, maka Anda perlu menambah wawasan Anda dalam hal nutrisi. Jadi, lemak dibedakan menjadi dua, yakni sumber lemak baik dan sumber lemak jahat. Sumber lemak baik justru bermanfaat bagi Anda untuk memenuhi asupan-asupan nutrisi di dalam tubuh Anda. Lemak baik tidak akan membuat Anda semakin gemuk, melainkan malah membuat tubuh Anda sehat dan bugar. Sumber lemak baik terdapat pada makanan, seperti minyak zaitun, dan minyak ikan yang kaya akan omega tiga.

5. Makan Lebih Sering dengan Porsi Sedikit

Kebanyakan metode diet yang sedang tren sekarang adalah diet dengan menahan lapar. Itulah sebabnya diet semacam itu termasuk ke dalam diet yang menyiksa. Sebenarnya, diet yang baik adalah diet yang membuat kita tetap kenyang. Oleh sebab itulah, diet yang baik menganjurkan Anda untuk lebih sering makan, namun dengan tetap memperhatikan asupan gizi dan porsinya.

Manusia makan bukan hanya untuk memenuhi rasa laparnya, melainkan juga untuk mendapatkan energi. Karena, energi juga dibutuhkan tubuh untuk melakukan proses metabolismenya secara maksimal.

6. Jangan Anti Melakukan Angkat Beban

Ketika melakukan program diet, kebanyakan orang hanya terlalu fokus pada menahan rasa lapar. Bahkan, setiap hari Anda tidak sabar untuk melakukan timbang badan untuk mengukur progres dari diet yang Anda lakukan. Hal itu membuat Anda melupakan betapa pentingnya untuk membangun otot. Percuma jika seandainya Anda memiliki tubuh proporsional, namun tidak ada sehelai otot pun yang nampak pada tubuh Anda. Hal itu akan tampak ganjil. Itulah sebabnya, Anda wajib melakukan latihan angkat beban untuk membentuk massa otot yang indah dan mengagumkan.

7. Hindari Alkohol

Sebagian besar ilmuwan mengungkapkan, dengan mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar tidak hanya berisiko obesitas, tetapi juga cenderung menderita penurunan kadar testosteron hingga tujuh sampai sepuluh persen. Maka dari itu, apabila Anda memang bertekad menjalani pola hidup sehat, maka hindari barang haram ini.

8. Perbanyak Latihan Kardio

Selain menjaga pola makan yang sehat, latihan juga sangat disarankan demi mendapatkan berat tubuh yang proporsional. Pada dasarnya, kardio memang cocok untuk mereka yang bermaksud menurunkan berat badan. Demi menjaga konsistensi latihan, variasikan latihan kardio Anda. Jangan hanya melakukan latihan kardio dengan berada di gym, namun sesekali lakukan di luar ruangan seperti halnya berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi jenis latihan kardio yang lainnya.

9. Buat Jadwal Menu Makanan

Agar tetap fokus pada tujuan utama, ada baiknya Anda membuat jadwal menu makanan dalam setiap harinya. Ini untuk menekan keinginan Anda dalam mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Dengan cara ini, maka Anda akan cepat memperoleh tubuh idaman Anda.

10. Lebih Banyak Konsumsi Kedelai

Bukan menjadi rahasia umum bahwa kedelai mengandung banyak sekali protein. Itulah sebabnya Anda perlu mengonsumsinya untuk menambah asupan nutrisi dalam tubuh Anda. Bukan hanya itu, selain untuk bahan dasar pembentukan otot, protein yang terkandung dalam kedelai juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Semoga dengan memperhatikan tips di atas, dapat membuat program diet Anda berhasil. (gie)

BACA JUGA: Merasa Pertumbuhan Massa Otot Lambat? Jajal Cara Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes