penyebab berat badan saat liburan

Hal yang Bisa Naikkan Berat Badan Saat Liburan

Musim liburan akhir tahun akan segera tiba. Jika Anda termasuk salah satu orang yang takut akan naiknya berat badan saat liburan, berarti Anda tidak sendiri. Ketakutan akan kenaikan berat badan saat liburan sangat sering dialami oleh orang yang sadar akan kesehatan.

Jendela liburan

Rata-rata makanan yang sering dijumpai saat liburan mengandung 3.000 kalori. Sebelum mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui semua penyebab atau faktor yang bisa menaikkan berat badan dan patut Anda hindari saat liburan:

Kesalahan 1: Menggunakan Piring Berukuran Besar

Menurut laporan International Journal of Obesity tahun 2010, ukuran piring makan secara bertahap terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika Anda menggunakan piring yang besar, Anda akan cenderung makan dengan porsi jumbo. Pilihan makanan yang beragam dan menggugah akan membuat Anda sulit untuk makan dalam jumlah yang sehat.

Kesalahan 2: Duduk atau Berdiri Terlalu Dekat Dengan Makanan

Jika Anda pernah mengalami rasa lapar dan tergoda dengan wangi dan bau panggang makanan, Anda seharusnya sudah tahu bagaimana cara mencegahnya. Menurut seorang terapis dan ahli nutrisi, Jenny Giblin, hal yang paling sulit untuk menaklukkan godaan adalah dikelilingi oleh banyak makanan. Jika makanan Anda penuh dengan sayuran dan makanan sehat lainnya, Anda mungkin bisa lolos dari asupan kalori yang berlebihan. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam International Journal of Humaniora and Social Science, sebanyak 464 mahasiswa menunjukkan bahwa duduk di dekat makanan dapat meningkatkan ukuran dan jumlah masuknya makanan manis dalam tubuh. Dengan kata lain, semakin jauh jarak kita dengan makanan, maka semakin jauh juga godaaan untuk makan lebih banyak makanan.

Kesalahan 3: Do Not Think About Fiber

Selain meningkatkan fungsi pencernaan, serat yang bebas kalori dapat mengontrol nafsu makan dengan meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan kontrol gula darah. Banyak hidangan yang tersaji saat liburan seperti makan roti, permen dan kue yang mengandung sedikit atau bahkan tidak ada serat. Makanan-makanan tersebut bisa membuat Anda makan berlebihan. Jumlah serat yang direkomendasikan adalah 25-30 gram serat per hari. Untuk makan lebih banyak serat saat liburan Anda, Anda harus menambahkan banyak sayuran ke dalam menu Anda.

Kesalahan 4: Anda Berpikir Setiap Makanan Yang Mengandung Buah atau Sayuran Adalah Makanan Sehat

Banyak sekali makanan yang tampaknya bergizi dapat meningkatkan asupan kalori secara signifikan. Salah satunya adalah cranberi. Menurut Carina, seorang pakar gizi profesional dan pendiri Vibrant Healthy Life di LA mengatakan bahwa cranberi memang memiliki manfaat sehat dan bergizi. Akan tetapi masalah akan datang saat cranberi dikemas dengan gula dan bahan-bahan palsu yang berlebihan. Hal berlaku juga untuk ubi dan buah-buahan kaleng yang dikemas dengan gula atau sirup jagung. Selain menambah kalori, pemanis tambahan dapat menaikkan gula darah Anda.

Dan hal inilah yang menyebabkan nafsu makan meningkat. Jika memungkinkan, pilihlah buah atau sayuran dan makanan segar atau beku yang tidak ditambahkan gula. Sebagai perbandingan, satu cangkir cranberi segar mengandung hanya 46 kalori dan porsi setengah cangkir saus cranberi beku bisa mengandung 220 kalori.

Kesalahan 5: Minum Alkohol Berlebihan

Minuman saat liburan memang banyak variasinya. Minuman seperti koktail dan jus selain mengandung jumlah kalori yang sama, minuman tersebut bisa mengimbangi gula darah dan mengendalikan nafsu makan. Alkohol juga bisa membuat dan meningkatkan nafsu makan karena menghambat kemampuan tubuh Anda untuk mendapat asupan makanan yang konsisten. Alkohol juga mengandung lebih banyak kalori per gram dibandingkan karbohidrat, protein atau lemak, dan dapat memperlambat metabolisme.

Kesalahan 6: Terlalu Stres

Stres adalah salah satu kontributor terbesar dalam proses makan berlebihan dan kenaikan berat badan selama liburan. Stres menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol, yang menyebabkan nafsu makan meningkat dan begitu juga secara otomatis menambah berat badan Anda. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan kaya kalori karena mereka membawa kenyamanan emosional dan memicu pelepasan hormon yang membuat Anda gembira, seperti serotonin di otak Anda. Relaksasi dan mengurangi stres dapat membantu mendukung pencernaan dan membuatnya lebih mudah untuk berhubungan dengan isyarat internal tubuh Anda agar Anda bisa makan secukupnya.

Saat liburan memang saat yang tepat untuk bersantai dan memanjakan tubuh Anda. Akan tetapi, menjaga berat badan ideal Anda dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas dan berolahraga secara rutin akan membuat Anda lebih sehat dan tidak rentan terkena penyakit. Ingat! Menjaga olahraga dan pola makan yang rutin masih tetap diperlukan selama liburan jika Anda tidak ingin berat badan yang bertambah. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Circuit Training, Rahasia Tampil Seksi di Hari Pernikahan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes