menurunkan berat badan

Ingin Menurunkan Berat Badan? Perhatikan 8 Hormon Ini!

Mungkin di antara Anda yang memiliki berat badan berlebih atau kurang ideal, tentu ingin menurunkan berat badan. Ya, tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan seksi.

Meski tidak menutup kemungkinan bahwa faktor kesehatan juga kerap kali menjadi momok yang membuat Anda waspada dan memiliki niat penuh untuk menurunkan berat badan.

Cara utama yang sering direkomendasikan untuk menurunkan berat badan adalah dengan latihan rutin, mengatur pola makan (diet), istirahat yang cukup, bila perlu tambahkan suplementasi untuk menunjang hasil latihan dan diet Anda.

Selain hal-hal di atas, yang dapat mempengaruhi penurunan berat badan adalah hormon. Lalu, hormon apa sajakah yang ikut berperan dalam menurunkan berat badan Anda? Berikut 8 hormon yang dapat mempengaruhi program diet Anda.

1. Ghrelin

menurunkan berat badan

Yang pertama adalah hormon ghrelin. Hormon inilah merupakan hormon yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan Anda. Hormon ini yang mengirim sinyal ke otak bahwa Anda sedang lapar.

Pengurangan kalori biasanya akan Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan. Namun, hal itu dapat meningkatkan produksi hormon grhelin. Sebuah penelitian menunjukkan jika setelah setahun melakukan diet rendah kalori, tingkat hormon grhelin pun masih cukup tinggi.

Namun, kabar baiknya adalah kadar hormon grhelin dapat dikurangi dengan melakukan latihan yang intens. Nah, jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan hanya fokus pada pengurangan kalori, melainkan juga memperhatikan sesi latihan baik itu latihan beban dan kardio.

Baca Juga: Latihan Kardio Bagaimana yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan?

2. Leptin

menurunkan berat badan

Hormon ini sangat berperan penting dalam mengatur berat badan, fungsi metabolisme, dan reproduksi Anda. Hormon leptin dirilis secara ekslusif dari sel-sel lemak. Hormon leptin inilah yang mengirim sinyal ke otak untuk makan lebih sedikit dan membakar lebih banyak kalori.

Semakin banyak lemak dalam tubuh Anda semakin banyak pula hormon leptin yang dilepaskan. Namun, terlalu banyak leptin yang dilepaskan dapat memicu kondisi yang disebut resistensi leptin.

Untuk memaksimalkan sensitivitas leptin, sebaiknya Anda mendapatkan istirahat yang cukup serta makan-makanan yang sehat seperti buah yang kaya antioksidan dan sayuran hijau.

Untuk itu, penting bagi Anda menjaga berat badan tetap ideal untuk menjaga sensitivitas hormon leptin Anda.

3. Adiponektin

menurunkan berat badan

Hormon ini membantu meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap karbohidrat sebagai energi, meningkatkan metabolisme, menjaga berat badan Anda, serta mengontrol nafsu makan.

Anda dapat memaksimalkan produksi hormon ini dengan bergerak atau lebih aktif juga dan mengganti karbohidrat dalam diet Anda dengan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) seperti zaitun atau alpukat.

>> Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Cepat? Coba 5 Tips Diet Berikut! <<

4. Insulin

menurunkan berat badan

Hormon ini berperan sangat penting dalam tubuh Anda dan merupakan kunci utama saat masa pemulihan, membentuk otot, serta menjaga kadar gula darah Anda.

Namun, ketika karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tinggi, ternyata dapat menghambat pembakaran lemak yang tersimpan dalam tubuh. Insulin dan karbohidrat sangat berkaitan. Semakin banyak karbohidrat, maka semakin banyak insulin yang dirilis.

Nah, agar hormon insulin ini efektif untuk membakar lemak, tambahkan karbohidrat yang baik (karbohidrat kompleks) yang bisa Anda dapat dari sayuran dan buah-buahan.

5. Glukagon

menurunkan berat badan

Glukagon adalah kebalikan dari insulin, yang disekresi pada saat kadar gula darah dalam darah rendah. Ketika hormon insulin banyak dari karbohidrat dan lemak, maka glukagon bertanggung jawab untuk menghambat penumpukan karbohidrat dan lemak kemudian melepaskannya menjadi energi.

Konsumsi makanan yang kaya akan protein, serta rendah karbohidrat adalah cara untuk merilis hormon glukagon. Jika asupan protein dari makanan sehari-hari kurang, Anda dapat mengonsumsi suplemen kaya protein seperti Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition, yang bantu menjaga berat badan Anda tetap ideal.

6. Kolesistokinin (CCK)

menurunkan berat badan

Hormon ini dilepaskan dari sel-sel usu setiap kali Anda makan protein atau lemak. Namun, kolesistokinin tidak hanya berada di usus Anda. Sebaliknya, hormon ini mengirim sinyal ke sistem saraf Anda untuk membuat Anda merasa tetap kenyang serta memperlambat pencernaan.

Tentunya, hal ini akan sangat mendukung bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Jika ingin produksi hormon ini efektif, maka sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak setiap kali makan.

7. Epinefrin

menurunkan berat badan

Hormon ini berperan penting untuk mendorong pembakaran lemak untuk dijadikan sebagai energi tubuh Anda. Hormon ini juga membantu menekan nafsu makan Anda. Alhasil, hormon epinefrin akan sangat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Dan cara terbaik untuk mengaktifkan produksi hormon ini dalam tubuh Anda, adalah dengan melakukan olahraga atau latihan. Terutama latihan yang cukup intens seperti high intensity interval training (HIIT).

Simak juga informasi menarik lain tentang Metode HIIT, Penurun Berat Badan Tercepat.

8. Hormon Pertumbuhan

menurunkan berat badan

Hormon pertumbuhan sangat penting dalam membantu Anda untuk memangkas lemak berlebih dan menurunkan berat badan. Pada dasarnya hormon ini berinteraksi dengan sel lemak untuk memecah dan membakar lemak yang tersimpan sebagai energi.

Produksi hormon pertumbuhan dapat ditingkatkan dengan latihan yang intens (HIIT atau circuit training) dan istirahat yang cukup. Karena itu, untuk memaksimalkan efek pembakaran lemak sebaiknya melakukan latihan yang keras dan istirahat yang cukup.

Anda juga dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan melalui suplementasi. Dengan bantuan suplemen, produksi hormon pertumbuhan seperti testosteron akan meningkat untuk membantu menurunkan berat badan serta meningkatkan massa otot Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes