Pertanda Tubuh Minta Turunkan Berat Badan

Ini Pertanda Tubuh Minta Anda Turunkan Berat Badan

Mungkin Anda tak menyadari bahwa setiap hari tubuh Anda semakin banyak menimbun lemak. Memang, secara fisik belum tampak adanya perubahan. Namun, hal tersebut bukan berarti tubuh Anda aman dari lemak. Sedikit demi sedikit timbunan lemak tersebut akan mengubah bentuk tubuh Anda. Ada berbagai hal yang menjadi tanda-tanda tubuh Anda akan menjadi melar. Apa saja itu, berikut adalah informasinya!

Headline

1.) Kamu Mudah Merasa Lelah

Apakah Anda hobi melakukan belanja untuk memenuhi stok makanan keluarga Anda? Tentunya, Anda juga pasti hobi memasak. Ya, tidak terelakan lagi jika Anda pastinya juga mengonsumsi makanan yang telah Anda masak. Mengonsumsi lemak dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh yang dapat menyebabkan Anda terus merasa lelah.

2.) Anda Selalu Merasa Lapar

Keinginan untuk selalu menyantap hidangan penutup dan makanan yang manis dapat meningkatkan bobot tubuh Anda. Berat badan yang berlebihan dapat dapat membuat Anda stress dan depresi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan nafsu makan. Ketika Anda stres atau depresi, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon koristol yang dapat meningkatkan nafsu makan.

3.) Tekanan Gula Darah Tinggi

Jika tekanan gula darah dan kadar kolestrol tinggi, ini bisa menjadi indikator bahwa tubuh Anda akan segera mengalami kenaikan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari American Heart Association mengatakan bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar daerah perut orang dewasa yang terlihat sehat.

4.) Ukuran Lingkar Pinggang Meningkat

Jika Anda memakai celana jeans dan merasa tak senyaman dulu ketika memakainya, maka sudah saatnya bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena lemak akan cenderung disimpan di sekitar pinggul dan perut. Penelitian oleh Texas Health Science Center di San Antoni menemukan bahwa orang-orang yang duduk sepanjang hari di kantor cenderung memiliki timbunan lemak di sekitar pinggang mereka.

5.) Lutut dan Punggung Sakit

Jika Anda merasakan sakit pada sendi Anda, itu adalah sinyal dari tubuh yang meminta Anda menurunkan berat badan. Berat badan yang melebihi angka ideal dari proporsi tubuh dapat memberikan tekanan pada sendi, sehingga memicu rasa sakit pada sendi akibat peradangan.

6.) Anda Mudah Kehabisan Nafas

Jika Anda mengalami sesak nafas sesaat setelah berjalan kaki atau menaiki beberapa tangga, bisa jadi hal ini merupakan tanda yang jelas bahwa tubuh Anda mengalami kenaikan berat badan. Berat badan yang berlebih dapat menyebabkan tekanan pada sistem kerja jantung, sehingga sulit bagi jantung untuk memasok cukup oksigen ke tubuh. Hal itulah yang akhirnya menyebabkan sesak nafas.

7.) Anda Menghindari Aktivitas Fisik

Jika Anda lebih memilih untuk naik lift daripada tangga, maka hal itu adalah peringatan akan naiknya berat badan Anda. Untuk itu, jangan ragu melakukan olahraga kecil seperti halnya jogging atau setidaknya melakukan aktivitas fisik lainnya.

8.) Anda Mendengkur Di Malam Hari

Jika Anda mendengkur di malam hari dan jarang mendapatkan kualitas tidur yang baik, maka hal tersebut bisa saja Anda sedang menderita apnea. Hal ini dapat menyebabkan pernafasan yang tidak teratur, sehingga dapat mengganggu tidur Anda. Hal ini terjadi karena tubuh menyimpan lemak di sekitar leher, dan itulah yang mempersempit jalannya nafas dan menyebabkan Anda mendengkur saat Anda tidur.

9.) Anda Memiliki Strecth-Mark

Kelebihan lemak dapat menyebabkan jaringan di bawah kulit Anda meregang. Beberapa orang cenderung mengalami stretch-Mark di badan seiring dengan naiknya bobot tubuh Anda.

10.) Kaki Anda Sering Merasakan Sakit

Jika Anda mengalami sakit atau nyeri pada kaki Anda, maka yakinlah bahwa berat badan Anda semakin bertambah. Karena kaki adalah organ untuk menopang berat tubuh, maka kaki akan bengkak dan meradang jika menyangga berat tubuh yang tak wajar.

Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: 20 Menit Ubah Bentuk Tubuh Dengan Metcon

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes