kesalahan saat diet

Inilah 10 Kesalahan Saat Diet dan Cara Mengatasinya

Secara teori, menurunkan berat badan itu mudah. Makan lebih sedikit dan banyak bergerak? Tapi tahukah Anda bahwa masih banyak yang gagal melakukannya.

kesalahan saat diet

Diet atau mengatur pola makan bukan berarti mengharuskan seseorang menyiksa diri dengan berlapar-lapar. Diet adalah mengatur pola makan untuk mengurangi lemak berlebih. Meski terlihat sederhana, namun tidak sedikit yang gagal melakukannya.

So, berikut 10 kesalahan yang menyebabkan diet gagal serta cara untuk mengatasinya.

#1. Tidak Menghitung Kalori

Kebanyakan, pelaku diet (yang gagal) suka ngemil namun tidak menambahkannya dalam asupan total kalori harian. Tidak sedikit yang menyadari bahwa ngemil meskipun sedikit atau jarang bisa mengganggu program penurunan berat badan. Belum lagi jika seseorang menambah minuman bersoda atau beralkohol, yang tentunya akan dapat berpengaruh pada ukuran pinggang. [Baca Juga: Cara Cepat Dapatkan Ukuran Pinggang Idaman]

Solusinya

Tentu, cara terbaiknya adalah dengan menghitung jumlah kalori. Meski ngemil merupakan hal yang tampaknya sepele, namun wajib untuk tetap diperhitungkan jumlah asupan toal kalori harian.

#2. Terlalu Menikmati Cheating Day

Cheat day adalah hari di mana pelaku diet diberi kebebasan untuk mengonsumsi makanan. Tapi masalahnya, pada saat cheating day pelaku diet merasa bebas memuaskan hasratnya dengan mengonsumsi makanan-makanan dalam jumlah besar. Konsekuensinya adalah ribuan kalori bisa masuk dalam tubuh dalam sekejap. Selain itu, makan dalam jumlah besar pada saat cheating day juga berpotensi untuk membuat perut kembung.

kesalahan saat diet

Solusinya

Sebaiknya berlakukan cheat day untuk setiap minggu (misalnya seminggu sekali). Dengan begitu, kebiasaan untuk memakan dalam porsi sangat besar akan mampu dihindari sekaligus mencegah aliran ribuan kalori masuk dalam tubuh.
>> Temukan solusi diet langsung dari ahlinya DI SINI <<

#3. Diet Saja Sudah Cukup

Ketika berpikir untuk menurunkan berat badan, hanya melakukan diet sudah cukup sepertinya. Hilangkan pikiran tersebut! Agar penurunan badan berjalan dengan maksimal maka lakukanlah juga olahraga atau latihan. Tanpa dibarengi dengan latihan maka usaha untuk menurunkan berat badan juga tidak akan optimal. Latihan bisa melakukan latihan kardio dan juga latihan beban.

Solusinya

Ok, katakanlah pelaku diet mulai latihan. Namun alangkah bijaknya jika tidak melakukan latihan yang monoton. Karena jika latihan dengan gerakan yang itu-itu saja dan dalam tempo yang lama, maka itu bisa menjadi bumerang. Terlalu banyak latihan kardio juga bisa menyingkirkan otot tubuh.

kesalahan saat diet

Lakukan latihan secara bervariasi dan tingkatkan secara bertahap. Lakukan dengan metode high intensity interval training (HIIT) dan latihan beban setidaknya dua kali dalam seminggu untuk meningkatkan kekuatan otot dan menjaga metabolisme tubuh.

#4. Menyiksa Diri dengan Berlapar-lapar

Mengurangi makan saja adalah cara yang menyiksa diri. Jika seseorang memang mampu untuk berlapar-lapar (kalori yang masuk sangat sedikit) itu juga bisa membuat seseorang kekurangan energi.

Solusinya

Sebaiknya tidak hanya berkutat pada jumlah kalori yang dimakan, namun juga makanan yang berkualitas. Konsumsilah makanan seperti protein, lemak sehat, biji-bijian, serta banyak makan buah dan sayuran. Dengan makanan-makanan yang berkualitas tentunya Anda akan mengonsumsi jumlah kalori yang sehat tanpa kelaparan atau tersiksa.

#5. Melupakan Waktu Istirahat

Lantaran ingin menurunkan berat badan dengan cepat, maka pelaku diet disarankan untuk melakukan latihan. Saking semangatnya, pelaku diet sampai lupa waktu dan ingin terus berlatih dengan meniadakan jadwal istirahat. Ini tentu tidak dianjurkan. Karena langkah ini bisa membuat pelaku diet menyerah karena kelelahan.

kesalahan saat diet

Solusinya

Berikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat selama satu atau dua hari dalam seminggu. Selalu dengarkan tubuh, jika terlalu sakit untuk berlatih sebaiknya ambil waktu istirahat. Waktu jeda ini bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga sambil bersepeda atau melakukan yoga yang ringan.

#6. Karena Latihan Maka Bebas Memilih Makanan

Karena berasumsi bahwa kalori dapat dibakar ketika berolahraga, maka pelaku diet bebas mengonsumsi apapun makanannya karena nanti kalori juga akan hilang ketika berolahraga. Jika demikian, segera ubah pemikiran tersebut.

Solusinya

Lupakan mindset bahwa karena rutin berlatih Anda bebas menikmati makanan apapun yang diinginkan. Tapi jangan juga menjadikan diet sebagai alasan untuk tidak berlatih. Fokuslah pada manfaat langsung yang bisa didapat ketika melakukan latihan dan penurunan berat badan akan mengikutinya. Baca artikel lainnya tentang “Trik Mudah Agar Diet Tetap Aman Saat Liburan

#7. Terlalu Sering Menimbang Berat Badan

Tidak sedikit yang sering menimbang berat badannya lantaran ingin segera mengetahui perkembangan dietnya. Namun, banyak pula yang merasa kecewa karena jarum di timbangan tidak bergerak. Tentu ini dapat membuat pelaku diet menyerah. Ingat, banyak faktor yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang, termasuk komposisi tubuh, tingkat hidrasi, dan makanan yang dikonsumsi.

kesalahan saat diet

Solusinya

Sebaiknya jangan terlalu sering untuk menimbang berat badan. Lakukan sebula sekali dan ukur setiap perubahan yang terjadi pada tubuh, bisa mengukuru pinggang, pinggul, paha, atau lengan atas.

#8. Kurang Tidur

Beberapa hal yang nampaknya sepele namun sangat berperan penting dalam penurunan berat badan, tidur dan stres. Ya, jika seseorang ingin memangkas lemak di dalam tubuhnya, maka orang tersebut juga harus dapat mengelola tingkat stres dan pastikan memiliki tidur yang berkualitas.

Solusinya

Sebelum berencana untuk melakukan diet dan latihan, perhatikan juga pola tidur. Waktu yang direkomendasikan adalah antara 7-8 jam per hari (orang yang cukup aktif membutuhkan waktu lebih banyak). Jika mengalami stres, sebaiknya segera temukan cara untuk merekdakannya.

>> Langkah Tepat untuk Singkirkan Stres Secara Alami <<

#9. Melupakan Sarapan

Ahli nutrisi mengatakan bahwa seseorang diet yang hanya sedikit atau bahkan mengurangi sarapan akan cepat merasa lapar dan makan berlebih pada saat makan siang dan makan malam. Padahal, sarapan merupakan faktor yang cukup penting untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan (terutama dengan tinggi protein) dapat meningkatkan kadar dopamin yang dapat mengurangi nafsu makan sepanjang hari.

kesalahan saat diet

Solusinya

Jangan sampai melewatkan waktu sarapan karena dengan sarapan dapat membantu mencegah makan berlebih pada saat makan siang atau makan malam. Selain itu, dengan sarapan juga dapat memberikan energi untuk beraktivitas. Untuk pembakaran lemak tubuh lebih optimal, gunakan Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition yang merupakan suplemen pembakar lemak best seller yang terbukti efektif memangkas lemak tubuh berlebih.

#10. Hanya Sit Up Setiap Hari

Pelaku diet memang masih dapat untuk melakukan sit up untuk mengurangi timbunan lemak di sekitar perut. Tapi jika dilakukan secara terus-menerus bukan menjamin akan terwujud. Untuk menurunkan berat badan, seseorang harus membakar lemak dan bukan hanya di satu daerah tertentu.

Solusinya

Untuk mengurangi timbunan lemak, sebaiknya lakukan latihan yang meningkatkan denyut jantung (heart rate) dan menargetkan kelompok otot besar seperti dada, punggung, dan kaki. Contoh latihan yang direkomendasikan adalah squat, deadlift, push-up, atau bent-over rows. Tambahka juga latihan kardio dengan metode HIIT untuk membakar banyak kalori dalam waktu singkat, atau latihan yang menimbulkan afterburn effect. [Baca Juga: Latihan Singkat untuk Efek Afterburn yang Hebat]

Tentunya, pola makan yang tepat serta latihan rutin tentunya akan membuat program penurunan berat badan berjalan dengan cepat dan maksimal. Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Berapa Lama Istirahat yang Ideal Setelah Latihan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes