Insulin, Hormon Yang Berperan Dalam Penurunan Berat Badan

Beberapa dari Anda mungkin tetap mengalami kesulitan menurunkan berat badan, sekalipun Anda sudah berolahraga dan berusaha mengatur asupan makanan. Hal ini bisa disebabkan karena cara berlatih yang salah atau asupan nutrisi yang tidak seimbang. Selain dua faktor di atas, adanya resitensi insulin juga turut berpengaruh terhadap kegagalan Anda menurunkan berat badan.

Fungsi Insulin
Insulin adalah hormon yang bertugas untuk menjaga kadar gula atau glukosa dalam darah. Setiap sel dalam tubuh membutuhkan suplai glukosa yang berkesinambungan untuk diproses menjadi energi. Sel tidak bisa secara langsung menyerap glukosa dari makanan. Ketika Anda makan karbohidrat, tubuh Anda akan merubahnya menjadi glukosa. Kemudian glukosa ini akan dibawa melalui aliran darah menuju sel-sel dalam tubuh. Namun, karena molekul glukosa tidak bisa menembus dinding sel maka dibutuhkan bantuan insulin untuk menjaga glukosa tetap berada dalam sel. Di dalam sel, glukosa diubah menjadi lemak dan disimpan dalam bentuk sel-sel lemak.

Apakah Resistensi Insulin Itu?
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa insulin berfungsi membantu penyerapan glukosa dalam sel. Jadi, setiap kali Anda makan makanan yang tinggi karbohidrat sederhana, insulin Anda akan bekerja lebih ekstra. Jika hal ini terjadi terlalu sering, maka kadar insulin dalam tubuh Anda akan terus meningkat. Hasilnya, respon sel-sel terhadap insulin akan semakin menurun, sehingga ketika sel-sel tidak mendapatkan suplai glukosa maka energi Anda akan cenderung menurun. Itulah sebabnya, orang yang mengalami resitensi insulin sering mengalami kelelahan, penurunan energi dan melemahnya otot.

Resistensi Insulin dan Penurunan Berat badan
Tingginya kadar insulin tubuh merupakan indikasi bahwa glukosa tidak digunakan sebagaimana mestinya oleh tubuh. Pada akhirnya, lebih banyak glukosa yang diubah menjadi lemak dan disimpan dalam sel-sel tubuh. Selanjutnya, insulin mencegah dipecahnya lemak dari dalam sel-sel tersebut, yang kemudian memicu bertambahnya berat badan Anda. Lebih mengkhawatirkan lagi, hal ini juga dapat memperbesar risiko diabetes tipe 2. Itulah sebabnya, yang perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh.

Bagaimana Cara Mengendalikan Resistensi Insulin
Resistensi insulin berhubungan dengan asupan karbohidrat Anda, terutama dengan membatasi asupan karbohidrat sederhana, seperti makanan yang manis, yang dapat meningkatkan pengeluaran insulin. Untuk menurunkan berat badan dan mencegah Anda dari resistensi insulin, sebaiknya Anda mulai terapkan pola diet sehat dengan mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana dan menggantikannya dengan karbohidrat kompleks seperti sayuran, buah-buahan, gandum dan biji-bijian, dan sebagainya.

Olahraga teratur setidaknya 30 menit/hari juga efektif untuk menjaga kadar gula darah dan menurunkan berat badan Anda. Inti dari program diet yang efektif untuk menurunkan berat badan dengan optimal adalah dengan mengatur pola makan serta berlatih teratur.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes