Kenapa BMR Adalah Kunci Penurunan Berat Badan?

Dulu saya pernah menulis artikel dengan judul “Menghitung Kalori Ketika Berolahraga Tidaklah Penting untuk Membuang Lemak“.

Sedikit melanjutkan tulisan di artikel tersebut mengenai perhitungan kalori sama sekali tidak berguna karena kalau dihitung, maka olahraga yang biasa Anda lakukan, pada umumnya tidak akan cukup membakar jumlah kalori yang Anda makan dalam sehari.

Ketika Anda ingin menurunkan berat badan, saran semua orang pada umumnya adalah ‘kamu harus olahraga kalau mau kurus’. Dengan patokan itu, maka olahraga mulai Anda lakukan dan berharap angka di timbangan mulai bergeser ke kiri. Tetapi ternyata hasil yang Anda harapkan tidak kunjung tiba. Apa yang salah?

Satu statement dari saya yaitu, mulai saat ini, kalau Anda ingin menurunkan berat badan, carilah olahraga yang meningkatkan BMR Anda!

Apa itu BMR? BMR adalah singkatan dari Basal Metabolic Rate, atau simple-nya yang disebut metabolisme tubuh. Tubuh Anda ketika Anda tidak berolahraga, juga tetep akan membakar kalori. Kapan pun itu, selama Anda hidup, 24 jam, tubuh Anda membakar kalori, yang digunakan sebagai energi untuk Anda supaya tetap hidup dan berfungsi.

Olahraga, pada umumnya diasosiasikan dengan pembakaran kalori. Maka banyak yang berkomentar, olahraga yang sering, supaya kalorimu cepat terbakar. Atau misalnya ‘di treadmill koq cuman jalan, lari donk biar membakar lebih banyak kalori lagi dan cepat kurus’. Hal-hal seperti itulah yang menyesatkan apabila Anda ingin menurunkan berat badan. Olahraga yang seperti itulah yang tidak akan bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih langsing.

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat, olahraga yang harus Anda pilih adalah yang meningkatkan BMR Anda. Ada 2 olahraga yang meningkatkan BMR Anda dengan cepat. Yang pertama adalah angkat beban, fitness. Dengan fitness, otot Anda akan berkembang, dan otot yang berkembang, membutuhkan kalori lebih banyak untuk hidup.

Otot baru Anda akan memakan lemak-lemak di tubuh Anda dengan cepat. Hal itulah yang menyebabkan fitness menjadi olahraga pilihan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Olahraga kedua adalah HIIT, yaitu High Intensity Interval Training. Contoh paling simple adalah ketika Anda jogging, berikanlah beberapa detik untuk berlari secara berkala. Olahraga seperti itu akan membantu meningkatkan BMR Anda lebih tinggi lagi.

Inti dari HIIT bukan lari di treadmil atau semacamnya, tetapi yang penting adalah interval detak jantung Anda, tinggi dan rendah selang-seling secara konstan. Jadi olahraga apapun bisa dilakukan asal memenuhi prinsip HIIT.

Dengan pengetahuan seperti ini, sekarang Anda tahu, olahraga apa yang cepat membakar lemak. Good luck untuk usaha Anda.

Salam,
@dennysantoso

BACA JUGA : Olahraga Perut Kosong ‘Kan Lemas?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes