menghilangkan perut buncit

Latihan Kardio Tidak Selalu Berhasil Menghilangkan Perut Buncit

Note: Hasil yang didapat tiap orang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari kondisi tubuh masing-masing orang.

Memiliki timbunan lemak di perut pastinya bisa mengganggu kesehatan dan kepercayaan diri Anda. Pastinya Anda bertanya-tanya mengenai bagaimana cara tepat dan sehat untuk menghilangkan perut buncit?

So, simak informasi bermanfaat berikut ini!

Latihan kardio kerap dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menghilangkan perut buncit. Bahkan, anggapan tersebut membuat banyak orang melakukan latihan kardio yang ekstrim untuk mendapatkan hasil optimal.

Tapi kira-kira baguskah hasilnya? Baikkah bagi kesehatan Anda?

Mungkin beberapa dari Anda berhasil, tapi berat badan kembali naik. Atau bahkan Anda sudah latihan kardio yang lama, berat badan belum juga berubah.

Mengapa demikian? Simak ulasannya berikut ini:

Menghilangkan Perut Buncit dengan Latihan yang Sama

menghilangkan perut buncit

Tubuh Anda adalah mesin yang sangat luar biasa.

Tubuh Anda dirancang efisien, yaitu jika Anda melakukan hal yang sama berulang-ulang, maka proses akan menjadi lebih mudah.

Sama seperti dengan jogging di atas treadmill, ketika Anda melakukannya berulang-ulang, maka latihan Anda akan menjadi lebih mudah. Yang tidak dapat dipungkiri adalah, metabolisme tubuh Anda secara harfiah juga belajar dan beradaptasi, sehingga lebih sedikit kalori yang terbakar. Ini sama halnya seperti ketika Anda melakukan steady state.

Penelitian dari University of Tampa menemukan bahwa steady state cardio memiliki kesamaan dengan berjalan di atas treadmil selama 45 menit pada kecepatan yang sama, membantu menurunkan berat badan, tapi hanya di awal.

Selama satu minggu pertama berat badan peserta berhasil turun, tapi setelahnya TIDAK ADA PERUBAHAN. Alasannya karena metabolisme tubuh telah beradaptasi.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Masalahnya adalah kecepatan yang stabil dan intensitas sedang ketika latihan. Kondisi ini membuat kalori yang dibakar terbatas.

Tentu, cara ini sepertinya kurang efektif apabila Anda ingin MENGHILANGKAN PERUT BUNCIT.

Itulah salah satu hal mengapa latihan beban dianggap lebih baik dari sekedar jogging atau lari di atas treadmill.

BACA JUGA: Sudah Siap Ucapkan Selamat Tinggal Pada Perut Buncit?

Menghilangkan Perut Buncit dengan Latihan yang Lebih Cepat

menghilangkan perut buncit

Salah satu aspek lain yang paling penting untuk membantu menghilangkan perut buncit adalah intensitas latihan.

Ketika Anda berlari di atas treadmill atau menggunakan eliptical trainer selama 30 menit dengan kecepatan tinggi, maka latihan Anda sangat baik untuk daya tahan (endurance). Tapi, tidak begitu besar untuk membakar lemak.

Penelitian dari University of Western Ontario membandingkan antara latihan singkat tapi intens (diiringi dengan sprint) dengan latihan dalam tempo sedang.

Hasilnya, meskipun singkat tapi peserta yang melakukannya lebih intens dapat membakar lemak tubuh DUA KALI LEBIH BANYAK.

Latihan yang keras dan intens ini membuat tubuh Anda bekerja lebih keras sehingga dapat membakar lemak lebih banyak.

Dengan latihan yang intens maka tubuh Anda membutuhkan energi yang memadai. Karena itu, pastikan asupan makronutrisi Anda yaitu protein, karbohidrat, dan lemak selalu terpenuhi.

Perhatian! Jika Anda adalah orang yang memiliki energi bertambah sekaligus membakar lemak lebih maksimal, Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition adalah suplemen terbaik yang bisa Anda konsumsi.

Menghilangkan Perut Buncit dengan Variasi Latihan

menghilangkan perut buncit

Dalam Journal of Strength and Conditioning Research, lari atau jogging dalam durasi yang lama dan intensitas rendah justru dapat merusak kekuatan dan pertumbuhan otot.

Meskipun demikian, bukan berarti jogging atau lari tidak bekerja. Ini adalah tentang cara terbaik untuk menghilangkan perut buncit atau membakar lemak tubuh secara cepat dan efisien.

Selain itu, variasi latihan juga bisa membantu meningkatkan massa otot. Semakin banyak otot yang terbentuk, maka semakin banyak kalori yang akan dibakar oleh tubuh Anda.

Latihan kardio seperti bersepeda dengan intensitas tinggi juga bisa Anda lakukan apabila waktu yang Anda miliki terbatas di tengah kesibukan Anda. Pastinya, dengan menambahkan latihan beban maka pembakaran lemak akan jauh lebih optimal.

Menghilangkan Perut Buncit dengan Jadwal Latihan yang Pas

menghilangkan perut buncit

Olahraga atau latihan adalah hal utama yang dilakukan untuk menjaga hidup tetap sehat. Namun, latihan juga dapat membuat stres tubuh dan pada gilirannya berdampak pada hormon, tentunya hormon yang dapat mengendalikan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Hormon kortisol dilepaskan ketika Anda latihan. Dan mengenai produksi kortisol yang tidak terkontrol dapat menyebabkan resistensi insulin dan merangsang untuk menyimpan lemak di perut.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Hormone Research menemukan bahwa lari jarak jauh ternyata dapat menyebabkan peningkatan kortisol.

Dalam jangka waktu yang panjang, hormon ini dapat menyebabkan peradangan, recovery lebih lambat, pertumbuhan otot terhambat, tubuh menyimpan lemak lebih banyak, hingga menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda.

So, jika Anda berlari antara 2-4 jam per hari dan berat badan Anda tidak turun, maka sebaiknya kurangi frekuensinya. Tambahkan latihan beban dan lihat perbedaannya.

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat? Atau ingin SEGERA menghilangkan perut buncit yang mengganggu? Anda download free ebook ini dan kuasai cara terbaik untuk turunkan berat badan dalam waktu singkat.

menghilangkan perut buncit

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes