diet rendah karbohidrt

Maksimalkan Diet Rendah Karbohidrat dengan Cokelat

Makanan manis, salah satunya cokelat, kerap dianggap sebagai makanan yang dapat memicu kenaikan berat badan. Namun, penelitian terbaru mengatakan bahwa cokelat bisa membantu seseorang dalam menurunkan berat badan. Tapi, konsumsi cokelat harus dibarengi dengan diet rendah karbohidrat.

diet rendah karbohidrt

Dikutip dari Times of India, Sabtu (04/04), peneliti dari Institute of Diet and Health, Johannes Bohannon mengatakan bahwa kunci untuk menurunkan berat badan adalah kombinasi makanan spesifik dalam diet Anda. Dijelaskannya, menurunkan porsi karbohidrat saja tidak dapat diandalkan dalam intervensi penurunan berat badan karena memiliki efek fisiologis yang berbeda. Cokelat sendiri kaya akan senyawa bioaktif, khususnya flavanoid yang berdampak positif bagi kesehatan.

Studi yang dipublikasikan dalam International Archives of Medicine ini melakukan penelitian pada sejumlah peserta dengan usia antara 19-67 tahun. Mereka kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu diet normal, diet rendah karbohidrat yang ketat, dan diet rendah karbohidrat ditambah konsumsi coklat hitam 42 gram per hari.

Hasilnya, kelompok diet rendah karbohidrat memang berhasil menurunkan berat badan dibanding dengan kelompok yang melakoni diet normal. Namun, kelompok diet rendah karbohidrat plus cokelat ternyata mampu menurunkan berat badan 10 persen lebih banyak dibanding kelompok diet rendah karbohidrat.

Meski demikian, Bohannon menjelaskan bahwa jangan hanya mengonsumsi cokelat, melainkan lakukan juga olahraga. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, melainkan dapat memberikan manfaat secara keseluruhan bagi tubuh.

Diet Rendah Karbohidrat Berbahaya?

diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat sering dijadikan rujukan mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun apakah metode ini berhasil? Memang, metode diet rendah karbohidrat cukup berhasil dalam mengurangi lemak di tubuh. Tapi ada beberapa hal yang perlu diwaspadai karena metode ini cukup berbahaya bagi kesehatan.

Karbohidrat sendiri merupakan satu dari tiga sumber energi tubuh selain protein dan lemak. Karbohidrat sendiri memiliki beberapa fungsi penting terkait metabolisme tubuh. Yaitu sebagai sumber energi, membantu protein untuk mempertahankan sel, pembakaran lemak, dan bahan bakar sistem saraf pusat.

Apabila mengurangi asupan karbohidrat dilakukan terus-menerus sementara protein ditambah untuk membantu membakar lemak, maka hal ini akan dapat mengakibatkan massa otot berkurang dan merugikan ginjal.

Gunakanlah dengan Bijak

Ketika seseorang yang ingin menurunkan berat badan dengan menggunakan metode low carb diet atau very low carbs diet, jangan melakukannnya dalam waktu lama dan berturut-turut. Bagaimana sebaiknya?

Cara terbaik adalah mengecek kondisi ginjal Anda. Apabila ada kelainan, baik secara genetika atau penyakit tertentu jangan melakukan diet ini semacam ini. Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) atau menurunkan berat badan dengan cepat, boleh melakukan metode ini dengan catatan kondisi ginjal dalam keadaan baik.

Terutama pola diet very low carbs. Pola diet ini tidak boleh dilakukan lebih dari dua minggu secara berturut-turut. Pasalnya, pola diet ini tidak bertujuan memberikan nutrisi yang seimbang, melainkan penurunan berat badan.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Perlukan Suplemen untuk Menurunkan Berat Badan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes