Mengapa Anda Selalu Merasa Lapar? Mungkin ini Penyebabnya!

Salah satu kebutuhan manusia untuk hidup adalah makan. Namun jika Anda terus merasa lapar padahal Anda sudah makan beberapa kali, mungkin sesuatu yang tidak semestinya sedang terjadi pada diri atau tubuh Anda.
HL Selalu Lapar

Rasa lapar adalah kebutuhan psikologis pada kalori, air, garam dan hal tersebut didorong oleh berbagai macam faktor, bisa karena diet atau faktor yang berkaitan dengan emosi seperti stres. Hal tersebut bisa membuat diri Anda menjadi tidak sehat. Beberapa faktor berikut ini mungkin menjadi beberapa penyebab mengapa Anda selalu merasa lapar.

1. Dehidrasi
“Dehidrasi ringan terkadang menjelma menjadi rasa lapar, hal tersebut terjadi ketika tubuh Anda benar-benar hanya membutuhkan cairan”, kata Alissa Rumsey, RD, juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics. Hal ini bisa terjadi karena terjadi suatu kebingungan pada bagian dari otak yang bernama hypothalamus. Bagian otak ini bekerja mengatur nafsu makan dan haus.

Ketika Anda merasa dehidrasi, saraf yang berada di hypothalamus dapat menuntun Anda untuk mengambil makanan ketika Anda benar-benar butuh sebotol Air. Untuk mencegah hal tersebut, jaga asupan cairan Anda dengan minum segelas air ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Ketika Anda selalu merasa lapar, cobalah minum segelas air dan menunggu sekitar 15 sampai 20 menit untuk melihat apakah rasa lapar Anda berkurang.

2. Kurang tidur
Alissa Rumsey menambahkan bahwa kurang tidur dapat membuat hormon ghrelin melonjak, hormon ghrelin adalah hormon yang dapat menstimulasi nafsu makan. Hal tersebut juga dapat mengurangi hormon leptin yaitu hormon yang berhubungan dengan perasaan kenyang. Karena kurang tidur, Anda akan merasa sangat lelah dan Anda juga mengalami suatu kebingungan. Tubuh Anda serasa kekurangan energi dan hal ini dapat memicu keinginan untuk mengonsumsi gula dan karbohidrat, meskipun sebenarnya Anda tidak benar-benar lapar. Usahakan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam saat malam hari agar energi Anda terisi dan hormon-hormon Anda kembali normal.
Gambar Kurang Tidur

3. Terlalu banyak karbohidrat
Karbohidrat yang terkandung dalam donat, biskuit ataupun makanan yang mengandung banyak gula, membuat kadar gula darah melonjak dengan cepat lalu tiba-tiba menurun secara drastis. Penurunan drastis tersebut mengakibatkan tubuh Anda secara terus menerus merasa lapar akan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Jauhi jenis makanan tersebut dan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya akan serat seperti apel, kacang almond dan oat.

4. Stres
Bukan suatu hal yang baru kalau stres dapat membuat Anda merasa lapar. Ketika Anda merasa tegang, sistem tubuh Anda akan meningkatkan produksi hormon stres, yaitu adrenalin dan cortisol. Peningkatan hormon-hormon tersebut dapat membuat tubuh Anda serasa diserang dan membutuhkan energi, sehingga nafsu makan Anda meningkat. Stres juga mengurangi zat serotonin pada otak, sehingga Anda merasa lapar padahal sebenarnya tidak. Mungkin Anda bisa coba mengikuti kelas yoga untuk mengurangi stres.
gambar 3 stres

5. Makan tidak teratur
Ketika Anda makan tidak teratur dan membiarkan perut Anda kosong terlalu lama, tubuh Anda akan menghasilkan hormon ghrelin yang meningkatkan nafsu makan. Dan akhirnya, kadar hormon ghrelin Anda “overload”, begitu juga nafsu makan Anda, sehingga Anda akan terus merasa lapar. Jangan biarkan perut Anda kosong lebih dari 4 sampai 5 jam. Jika Anda benci sarapan, makanlah sesuatu yang tidak terlalu berat seperti beberapa potong apel atau minum susu kedelai.

6. Minum minuman beralkohol
Sebuah studi yang diterbitkan dalam the journal Appetite menunjukan bahwa orang lebih suka makan makanan berkalori tinggi setelah minum minuman beralkohol. Minum wine, cocktail atau minuman beralkohol lainnya dapat merangsang selera makan Anda bahkan bisa merangsang rasa lapar meskipun perut Anda sudah penuh. Minuman beralkohol malah membuat Anda mengalami dehidrasi dan akhirnya mengelabui Anda untuk makan padahal sebenarnya Anda memerlukan asuapan cairan.
Gambar Alkohol

7. Gambar makanan yang menggoda selera
Saat ini iklan di televisi, foto di Instagram teman Anda atau media sosial lainnya memperlihatkan gambar makanan yang sangat menggoda selera Anda. Hal tersebut memicu diri Anda untuk mendapatkan makanan yang sebenarnya dari gambar-gambar tersebut. Pada sebuah studi tahun 2012 dalam the journal Obesity menemukan bahwa dengan hanya melihat makanan, hormon ghrelin meningkat. Efek yang sama juga terjadi hanya dengan menghirup Aroma sedap makanan tersebut. Aroma makanan yang sedap merangsang reaksi fisiologis seperti mulut Anda kan mengeluarkan air liur dan membuat perut Anda “keroncongan”. Jadi cobalah membatasi diri Anda untuk tidak melihat foto makanan atau iklan TV yang menggoda selera makan Anda.

8. Makan yang terlalu cepat
Ketika Anda melahap makanan Anda terlalu cepat, perut Anda merasa kenyang, namun pikiran atau otak Anda mungkin tidak merasa begitu. Butuh waktu untuk melakukan sinkronisasi antara otak dan perut Anda. Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2013 dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa makan dengan kecepatan sedang mendorong pelepasan hormon yang dapat memberitahu otak Anda agar tidak makan berlebih. Cobalah makan makanan Anda secara perlahan dan menikmati setiap gigitan.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat Anda selalu merasa lapar. Untuk mencegah agar Anda tidak selalu merasa lapar, konsumsi banyak protein. Protein yang dikonsumsi dalam tubuh dapat mempunyai efek menekan nafsu makan. Anda dapat mengonsumsi makanan dengan lean protein atau protein rendah lemak seperti ikan salmon, telur ataupun daging dada ayam tanpa kulit. Selain itu, sama seperti protein, lemak tak jenuh (unsaturated fat) juga berhubungan dengan perasaan kenyang. Manfaat lemak tak jenuh lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian dan buah alpukat yang mengandung lemak tak jenuh tersebut.

Jadi, konsumsi makanan yang sehat, hindari gaya hidup yang merusak tubuh Anda dan tetap semangat untuk berolahraga. Semoga bermanfaat.(pin)

BACA JUGA: Cara Menjaga Badan Tetap Langsing Setelah Diet

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes