Mengurangi Berat Badan Saat Bekerja di Kantor

Mengurangi Berat Badan di Kantor

Selama beberapa dekade, kantor telah dianggap sebagai tempat duduk delapan jam sehari dan tanpa disadari lemak menumpuk perlahan – lahan di dalam tubuh kita.

Seorang profesor kedokteran di Mayo’s Departement of Endocrinology di Rochester, Dr. James A Levine mengatakan, “Dengan sedikit kreativitas, seseorang dapat bergerak lebih banyak di tempat mereka bekerja. Dengan demikian – sambil mengubah pola pikir mereka tentang makanan yang tepat – kita dapat menurunkan berat badan mereka yang berlebihan.”

Non-Exercise Activity Thermogenesis (NEAT)

NEAT terjadi secara alami, layaknya manusia membakar energinya dalam kegiatan sehari-hari, seperti saat berdiri, gelisah, membungkuk, berputar dan berjalan. NEAT berbeda dari proses penggunaan energi yang biasa, seperti pada olahraga aktif, pergerakan metabolisme atau pada proses pencernaan.

Kantor yang sehat – menurut Levine adalah yang berakar pada apa yang ahli sebut “non-exercise activity thermogenesis” (NEAT). Kantor yang memungkinkan para karyawannya bergerak lebih banyak. Misalkan, dengan menyingkirkan kursi-kusi dan mengubah letak meja. Membuat ruang rapat menjadi trek untuk berjalan kaki. Telepon-telepon yang ‘melekat’ di meja digantikan dengan yang tanpa kabel. Idenya adalah menggalakkan orang untuk bergerak atau berjalan lebih banyak di dalam kantor sambil mereka bekerja, sepanjang 1.8 kilometer sejam. Selain itu mereka juga diberikan konseling tentang makanan yang tepat bagi kesehatan.

Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak perlu ke gym untuk turunkan berat badan. Bahkan, bagi kebanyakan orang, tenaga yang dibakar di gym adalah lebih rendah – 70 kalori sehari.

Kita dapat membakar lebih banyak lagi kalori dengan melakukan aktivitas harian di kantor seperti mempercepat langkah ke tempat parkir, mengangkat telepon sambil berdiri, melakukan meeting sambil berdiri atau berjalan-jalan pelan, naik lift ke tingkat tiga, kemudian naik tangga ke tiga tingkat setelahnya. Cara ini dapat membakar 100 hingga 150 kalori sejam atau 400 hingga 500 kalori sehari, dan ini adalah jumlah kalori yang besar.

Yang terpenting adalah bagaimana membuat gaya hidup kita lebih aktif dalam menjalani keseharian kita, tidak hanya pada saat latihan di gym. Dan jika Anda dapat menjalani itu semua maka Anda akan mendapatkan manfaatnya. Dan, marilah kita mulai kebiasaan tersebut!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes