menurunkan berat badan

Menurunkan Berat Badan Jangan Terlalu Cepat, Mengapa?

Beragam informasi mengenai cara menurunkan berat badan dengan cepat mudah didapat melalui media online. Tapi apakah cara-cara tersebut efektif menurunkan berat badan? Bisa jadi tidak. Nah, berikut ini merupakan lima langkah utama yang harus dilakukan jika ingin menurunkan berat badan.

menurunkan berat badan

Obesitas atau kegemukan akibat lemak tubuh yang berlebih merupakan sumber dari beberapa penyakit berbahaya. Seperti jantung atau stroke. Karena itu, banyak orang yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dan sehat dengan cara menurunkan berat badan.

Sebaiknya tidak menurunkan berat badan dengan cepat, mengapa?

Memang, banyak yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat dan segera melihat hasilnya. Tapi sebaiknya tidak menurunkan berat badan dengan cepat. Mengapa? Ingat, menurunkan berat badan merupakan proses dan membutuhkan waktu. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat justru akan dapat mengganggu pembakaran lemak yang terjadi. Misalnya, karena ingin menurunkan berat badan, maka Anda mengurangi makan 1-2 kali sehari. Padahal hal itu dapat mengganggu metabolisme Anda. Metabolisme akan menurun dan lemak tidak akan dibakar. [Baca juga: 4 Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Menurunkan Berat Badan dengan Cepat]

menurunkan berat badan

Pola makan dan olahraga atau latihan merupakan faktor utama penentu keberhasilan seseorang dalam menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa aturan penting yang harus diketahui untuk menurunkan berat badan.

1. Membakar kalori lebih banyak daripada kalori yang masuk

Menurunkan berat badan itu mudah kok. Kunci sederhananya adalah jika Anda membakar kalori lebih banyak dari yang Anda konsumsi, maka berat badan Anda akan turun.

Untuk saat ini jika Anda tengah dalam program diet, sebaiknya mulai mengurangi asupan kalori harian Anda hingga 500 kalori. Meski begitu, hal demikian bukan berarti kita harus mengurangi frekuensi makan. Justru, sebaiknya makan sebanyak 5-6 kali per hari namun dengan porsi yang lebih kecil.

2. Banyak protein

Diet adalah mengatur pola makan dan bukan mengurangi waktu makan. Prinsip diet yang utama adalah meningkatkan asupan protein dan mengurangi karbohidrat. Tapi di Indonesia, banyak yang menerapkan kebiasaan nasinya (karbohidrat) banyak sementara lauk (yang kadang kaya protein) justru lebih sedikit.

Protein merupakan yang paling penting untuk membakar lemak. Pertama, protein menekan nafsu lapar, mencegah makan berlebih, dan mencegah ngemil. Kedua, protein dapat meningkatkan pembakaran kalori karena protein membutuhkan banyak energi untuk mencerna karbohidrat atau lemak. Ketiga, apabila Anda juga melakukan latihan beban, maka asupan protein dapat mencegah menyusutnya otot karena pengurangan asupan kalori.

>> Berapa Banyak Saya Harus Konsumsi Protein dalam Sehari <<

3.Lemak sehat

Makan banyak lemak sehat dan mengurangi karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Untuk itu, konsumsi 25% kalori harian Anda dari lemak sehat dan hindari lemak trans yang dapat berdampak buruk pada kesehatan.

4. Latihan

Masih banyak yang berpikiran bahwa latihan kardio merupakan cara yang ampuh untuk mengusir lemak tubuh yang membandel. Namun, melakukan latihan kardio berlebihan juga dapat menyebabkan otot menyusut dan membuat Anda lemah.

menurunkan berat badan

Karena itu, lakukan juga latihan beban untuk membantu mempertahankan dan menambah massa otot dan juga meningkatkan komposisi tubuh. Lakukan beberapa latihan seperti squat, deadlift, atau press sebanyak 4-8 repetisi.

5. Tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon stres, kortisol, yang bisa menyebabkan kegemukan. Dilaporkan MensFitness.com, peneliti dari Jepang mengatakan bahwa pria yang kurang tidur memiliki BMI dan lingkar pinggang yang besar. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan pemulihan otot terganggu serta mengganggu produksi hormon pertumbuhan. Untuk itu, sebaiknya Anda memiliki waktu tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam. Hindari kafein jika Anda kesulitan tidur serta hindari minuman alkohol.

Untuk menurunkan berat badan, sebaiknya juga jauhi trend diet yang beredar saat ini. Lebih utamanya adalah pelajari dahulu apa itu karbohidrat yang baik, protein yang baik, atau lemak yang baik. Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Menurunkan Berat Badan itu Mudah kok!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes