berat badan tubuh sudah ideal

Merasa Berat Badan Sudah Ideal, Yakin?

Jika Anda mempunyai aktivitas yang sangat intens dalam melakukan latihan untuk menurunkan berat badan hingga menuju ke bentuk tubuh proporsional, berarti Anda hebat. Tidak semua orang mampu konsisten dengan hal tersebut. Dalam perjalanannya menuju proporsional tentu dihiasi dengan naik turun mood untuk latihan. Bahkan terkadang, Anda pasti pernah kecolongan dengan absen di jadwal latihan yang telah Anda buat. Untuk itu, jika Anda sudah berhasil menurunkan berat tubuh hingga ke bentuk proporsional, Anda wajib memberikan apresiasi kepada diri Anda sendiri.

YAKIN

Namun begitu, hal ini jangan membuat Anda malah terlena. Jangan sampai Anda merasa puas dan akhirnya berhenti latihan. Hal itu akan berdampak buruk pada prestasi yang Anda raih. Banyak pertanyaan terkait dengan hal ini. Lalu, apakah yang harus Anda perbuat setelah Anda mendapatkan tubuh ideal Anda? Berikut adalah informasinya untuk Anda!

Jika Memang Ideal, Buktikan dengan ukur Kadar Lemak

Jika Anda benar-benar yakin bahwa tubuh Anda sudah ideal, maka tentunya hal tersebut terbukti secara teori. Jangan sampai, Anda mendefenisikan ideal hanya berdasarkan kondisi fisik yang terlihat oleh mata. Dengan demikian, berat badan ideal artinya tubuh mempunyai kadar lemak yang normal. Pertanyaannya, berapa kadar lemak normal itu? Rentang ideal secara garis besar untuk cowok adalah 10-15 persen, sedangkan untuk cewek 15-20 persen. Jika dalam pengukuran lemak Anda mendapati rentang di luar tersebut, berarti Anda harus berusaha untuk mendapatkan rentang kadar lemak yang normal. Hal tersebut barulah dapat dikatakan bahwa tubuh Anda mempunyai berat badan yang ideal.

Maintenance Phase: Rubah Tujuan Latihan

Namun, bagaimana jika pengukuran kadar lemak menunjukkan angka yang menandakan tubuh ideal? Ya, melalui pengukuran tersebut berat badan Anda sudah ideal, maka selamat. Kerja keras Anda selama ini berbuah manis. Jika berat badan Anda telah ideal, maka yang wajib Anda lakukan adalah merubah tujuan awal latihan Anda.

Jika sebelumnya Anda berlatih dengan gol untuk menurunkan berat badan, maka alihkan tujuan Anda dengan mempertahankan berat tubuh ideal Anda. Biasanya, latihan ini disebut dengan latihan untuk mempertahankan kesehatan. Namun, jika Anda menginginkan lebih, seperti halnya untuk mendapatkan tubuh atletis, maka Anda perlu berjuang kembali. Karena, latihan pun juga lebih berat dan tekad Anda juga harus konsisten.

Olahraga yang disarankan untuk menjaga kesehatan seperti halnya kardio. Minimal, lakukan kardio 30 menit setiap hari. Bisa dengan berlari, berenang. Yang terpenting, lakukan olahraga yang membuat kesehatan kardiovaskuler atau jantung Anda.

Tidak hanya cukup dengan kardio, namun Anda juga perlu melakukan latihan beban minimal dua kali seminggu. Latihan beban memang disarankan bagi siapa saja. Hal ini dikarenakan, dengan seiring bertambahnya usia seseorang, otot tubuh pun semakin berkurang. Latihan beban dua kali seminggu akan membantu Anda untuk mempertahankan dan membangkitkan otot di tubuh Anda. Itulah sebab pentingnya latihan beban. Selain untuk mempertahankan otot, latihan beban juga berimbas pada performa tumbuh Anda yang bugar, sehingga tak mudah loyo.

Stretching atau peregangan juga perlu Anda lakukan minimal 30 menit dalam seminggu. Boleh Anda cicil dengan melakukannya 5 menit di setiap hari.

Perlu diperhatikan, jika Anda mulai merasakan capek ketika latihan, maka istirahatlah. Istirahat akan memberikan kesempatan pengenduran untuk otot-otot Anda. Sehingga, ketika Anda memutuskan untuk latihan kembali, maka kondisi otot Anda pun juga semakin optimal.

Informasi-informasi di atas berdasarkan rekomendasi dari Denny Santoso, melalui bukunya Rahasia Diet cetakkan pertama. Semoga informasi tersebut bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Kencing Berwarna dan Berbusa, Pertanda Sehat atau Tidak?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes