Mitos – Mitos Dalam Mengecilkan Perut

Mitos - Mitos Dalam Mengecilkan Perut

Pendapat, rumor, dan teori seputar mengecilkan perut terus berkembang di kalangan “pakar”, termasuk dokter, pelatih pribadi, guru infomersial, teman-teman, guru bahkan orang tua. Beberapa informasi ada yang valid, namun sebagian besar tidak. Sulit untuk memilah-milah itu semua. Mitologi seputar perut semakin hari semakin bertambah, dan beberapa mitos sepertinya tidak akan pernah hilang.

Sebelum mengecilkan perut dan membentuk ototnya dengan benar, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan pikiran Anda dari mitos dan kesalah pahaman yang telah mencemari otak Anda yang berasal dari dongeng seputar gym, iklan yang menyesatkan dan nasihat buruk dari proklamator palsu.

Kebanyakan informasi palsu yang beredar berisi seputar latihan perut daripada informasi kesehatan atau subjek kebugaran lainnya. Artikel ini akan menjelaskan 3 mitos yang berkembang dan mungkin telah membuat Anda percaya dengan apa yang dikatakannya.

Mitos #1: Jika latihan perut setiap hari akan menjamin Anda mendapat perut ‘six-pack’.

Ini adalah salah satu mitos perut yang paling umum. Mungkin, kesalah pahaman ini pertama kali disalurkan melalui dunia binaraga, dikarenakan banyak para binaraga memprioritaskan latihan perut sebelum kompetisi. Padahal perut seperti hanya dapat dimiliki dengan diet yang tepat, bukan hanya karena latihan perut setiap hari.

Ada dua alasan kenapa latihan perut setiap hari tidak perlu dan tidak menjamin ‘six pack‘ perut Anda.

Pertama, jaringan otot perut hampir sama dengan jaringan otot pada bagian tubuh lainnya. Otot perut tidak akan lebih berkembang dan lebih kuat tanpa waktu untuk beristirahat dan memulihkan setelah latihan.

Kedua, meskipun Anda mendapat otot perut yang luar biasa dengan latihan setiap hari, Anda tidak akan dapat melihat perut Anda jika mereka tertutup oleh lapisan lemak. Lemak hanya akan hilang dengan membuat defisit kalori melalui diet yang tepat.

Mitos #2: Anda bebas memakan apa saja dan tetap menjaga ‘six pack’ selama Anda melakukan latihan setelah makan.

Yang benar adalah, mengembangkan otot perut dapat dicapai melalui latihan, tetapi agar otot perut tetap terlihat tergantung dari diet Anda. Artinya, akan menjadi sia-sia memiliki satu set otot perut yang hebat jika tertutup lemak. Maka untuk menghilangkan lemak dibutuhkan nutrisi.

Mitos #3: Sit-up merupakan cara terbaik untuk mengembangkan otot perut.

Ini sungguh ironis. Sit-up, yang merupakan latihan perut paling populer di dunia, bisa jadi merupakan latihan terburuk dan bisa berbahaya bagi beberapa orang dalam kondisi tertentu.

Kebanyakan orang tidak menyadari jika sit-up bukan latihan perut yang sebenarnya. Saat melakukan sit-up, fleksor batang utama dan otot iliopsoas melakukan sebagian besar pekerjaan, sementara otot perut tidak bekerja optimal. Ini mungkin aneh kedengarannya, tapi faktanya Anda dapat mengecilkan perut dan mengembangkan ototnya hingga hasil yang optimal tanpa melakukan sit-up sama sekali.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes