Olahraga Perut Kosong ‘Kan Lemas?

Pertanyaan di atas seringkali diutarakan banyak orang ketika saya memberikan saran untuk berolahraga perut kosong pagi hari. Olahraga yang saya sarankan biasanya hanyalah berupa latihan kardio ringan seperti jalan cepat.


Ada sedikit salah kaprah di pemikiran masyarakat awam. Mereka berpikir bahwa kalau mau kurus, harus olahraga, karena olahraga akan membakar lemak. Maka mereka mulai melakukan senam aerobic, jogging, bahkan ke tempat fitnes dan memulai latihan dengan lari selama 1 jam. Tapi kenyataannya berat badannya paling turun 1-2kg saja dan tidak berubah lagi setelah itu.

Yang saya katakan salah pikir adalah, kita mau membakar lemak dan lemak adalah energi cadangan tubuh kita. Kalau yang namanya CADANGAN, maka dia tidak akan digunakan selama sumber energi utama kita belumlah habis. Kalau kita makan dulu kemudian kita melakukan olahraga (kardio ringan), maka yang akan dibakar adalah makanan yang baru kita makan tadi. Saya tidak membicarakan Fitnes dan olahraga intensitas tinggi lainnya, kasus ini hanyalah untuk kardio ringan (jalan cepat contohnya).

Dan ketika orang mengatakan “Olahraga perut kosong ‘kan lemes?” artinya mereka berasumsi bahwa tanpa tenaga dari makanan, mana kuat kalau tubuh digunakan untuk berolahraga. Tetapi balik lagi, kita mau membakar lemak di tubuh atau mau membakar makanan yang baru masuk? Kalau kita mau kurus, tentunya pilihan ada di yang pertama ‘kan? Kita mau membakar CADANGAN energi, yang artinya, jangan ditambah energi baru dari makanan, supaya cadangannya digunakan.
Maksimalkan Pembakaran Lemak Anda Di Sini!
Olahraga ringan pagi hari perut kosong, sebaiknya dilakukan lebih dari 30 menit dan maksimal 1 jam untuk hasil terbaik. Kalau cuma 15 menit, maka yang dibakar tubuh masih sisa-sisa dari tadi malam. Termasuk glikogen dan gula darah-lah yang akan dibakar terlebih dahulu. Kira-kira di atas 20 menit barulah lemak akan digunakan lebih banyak sebagai sumber tenaga.

Biasanya ditandai dengan perut kita yang mulai terasa lapar, jangan langsung berhenti dan makan karena itu tanda bahwa gula mulai habis dan lemak akan digunakan. Kalau 20 menit berolahraga, dan kita merasa lapar kemudian stop dan makan. Maka lemak tidak sempat dibakar.

Jadi pastikan, olahraga ringan (jalan cepat) kurang lebih selama 45-60 menit pagi hari perut kosong, baru setelah selesai, sarapan secara lengkap, mulai dari karbohidrat, protein dan lemak. Lakukan secara rutin maka dalam waktu 1-2 minggu hasilnya sudah mulai bisa terlihat.

Semoga tips ini bisa membantu Anda mengurangi lemak di tubuh dengan mudah. Ceritakan pengalaman Anda di comment di bawah ini.

Salam
@dennysantoso

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes