Pentingnya Variasi Nutrisi Saat Diet

Ketika diet yang Anda lakukan hanya berfokus pada satu hal, apakah itu mengasup karbohidrat seminim mungkin atau hanya mengonsumsi buah-buahan, masalah tetap dapat terjadi.

Inilah saat di mana Anda perlu memvariasikan diet Anda dengan terencana. Dan ini pula yang seharusnya menjadi tujuan dari diet Anda.

Mengonsumsi makanan seperti, salmon, tuna, dan produk-produk susu sering yang disebut sebagai makanan super (superfood), memang sangat baik bagi kesehatan. Makanan ini memiliki peran yang besar dalam membantu menurunkan berat badan, yaknidengan memberikan asam lemak Omega-3 dan protein yang Anda butuhkan.

Namun, bagaimanapun juga makanan ini tidak dapat menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga apabila hanya berfokus pada makanan ini maka bisa saja tubuh Anda mengalami kekurangan nutrisi penting lain.

Contoh lain misalnya, Anda rajin mengonsumsi apel. Apel mengandung air dan potassium yang tinggi. Kandungan serat pada apel dapat memberikan perasaan kenyang untuk kalori yang sangat sedikit. Tapi hanya dengan mengonsumsi apel dan buah-buahan lain bukan berarti diet Anda sehat.

Sama halnya ketika Anda hanya mengonsumsi sayuran selama berminggu-minggu, tanpa memperdulikan asupan makanan lain. Bisa jadi Anda dapat mengalami kekurangan nutrisi penting lain yang tidak terkandung dalam sayuran yang Anda konsumsi.

Di sinilah pentingnya keragaman dan variasi dalam diet yang perlu Anda jalankan. Selain mencegah Anda dari kejenuhan akibat mengonsumsi makanan yang itu-itu saja, Anda pun bisa menjalankan diet lebih mudah dengan cara ini.

Oleh karena itu, jangan hanya fokus pada satu makanan tertentu. Keragaman dan variasi menu makanan sangat dianjurkan agar kebutuhan nutrisi tubuh dapat tercukupi secara lengkap dan kesehatan Anda tetap terjaga selama diet.

BACA JUGA : Asyiknya Membakar Lemak Dengan Senam Zumba

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes