perut sixpack

Perut Sixpack Anda Belum Muncul? Ketahui Alasannya!

Anda sudah latihan tanpa henti. Begitu pula dengan nutrisi, Anda selalu menjaga asupan makanan agar otot perut sixpack Anda terpahat sempurna.

Tapi usaha tersebut belum juga membuahkan hasil. Apa yang kurang?

Ingin tahu letak kesalahan yang mungkin masih Anda lakukan sehingga pahatan sixpack belum terlihat?

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

1. Perut Sixpack Tertutup Karena Terlalu Banyak Body Fat

perut sixpack

Alasan paling sederhana adalah presentase lemak tubuh Anda terlalu banyak, terutama di sekitar perut.

Umumnya, pahatan sixpack akan muncul pada pria jika kadar lemak tubuhnya kurang dari 10 persen. Jika lebih dari itu, maka lemak tubuh banyak menumpuk di antara otot abdominis dan kulit.

Inilah salah satu alasan kebanyakan orang kesulitan mendapatkan perut sixpack.

Karena itu, cara paling tepat untuk mengurangi presentasi kadar lemak dalam tubuh Anda adalah dengan mulai rutin melakukan latihan, baik itu latihan beban atau kardio serta mengatur pola makan (diet).

2. Perut Sixpack Tidak Muncul Karena Otot Kurang Tebal

perut sixpack

Oke, katakanlah Anda sudah ramping dengan presentase lemak tubuh Anda yang sangat rendah. Tapi kenapa perut Anda belum juga terlihat otot sixpacknya?

Jika demikian, maka Anda perlu berlatih untuk mendapatkan otot perut sixpack (rektus abdominis) yang lebih tebal. Anda tidak akan pernah melihat pahatan sixpack apabila otot perut Anda kecil.

Kebanyakan fitnes mania, mungkin juga termasuk Anda, melakukan bodyweight training seperti sit up dengan ribuan repetisi setiap minggunya dengan harapan otot sixpack segera terlihat. Padahal, cara ini saja belum cukup untuk meningkatkan kekuatan otot perut Anda.

Jika ingin meningkatkan ukuran dan kekuatan otot perut, maka Anda bisa mencobanya dengan mulai melakukan latihan angkat beban. Sebenarnya banyak sekali gerakan latihan beban yang bisa Anda lakukan untuk bantu pembentukan perut sixpack Anda. Dapatkan informasi seputar latihan beban untuk dapatkan otot sixpack dalam artikel berikut 3 Kombinasi Latihan Pembentuk Sixpack Paling Ampuh.

3. Perut Sixpack ‘Sembunyi’ Karena Anda Terlalu Stres

perut sixpack

Pastinya Anda pernah merasa tertekan (stres) entah itu karena pekerjaan atau hal lain. Nah, apabila Anda terlalu sering bahkan hingga mengalami stres kronis kemungkinan Anda akan sulit mendapatkan pahatan perut sixpack.

Stres dapat terjadi akibat meningkatkan produksi hormon kortisol. Ketika hormon ini tidak seimbang, maka Anda akan kesulitan untuk memiliki sixpack.

Stres sendiri beragam, yaitu bisa berbentuk psikologis yang mengganggu emosional, atau stres fisik akibat latihan dan diet yang sangat ketat dan terlalu lama.

Cara terbaiknya adalah dengan mengontrol stres agar produksi kortisol seimbang.

Lalu bagaimana caranya?

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan tidur yang cukup, rutin olahraga, serta asupan nutrisi yang memadai. Apabila Anda dapat memanajemen stres dengan baik, maka impian mendapatkan perut sixpack akan segera terwujud.

Baca Juga: 6 Kebiasaan untuk Membantu Anda Mendapatkan Perut Sixpack

4. Perut Sixpack Sulit Terpahat Karena Alkohol

perut sixpack

Tentunya, bagian ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum alkohol. Apabila Anda ingin memiliki pahatan sixpack pada perut, maka sebaiknya Anda segera mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi alkohol.

Selain mengandung kalori yang tinggi, sekitar 7 kalori per gram, alkohol juga dapat menyebabkan pergeseran hormon yang dapat berpengaruh pada penimbunan lemak di perut.

Jadi, agar Anda cepat memiliki pahatan perut sixpack, maka Anda harus menjauhkan diri dari minuman keras. Alangkah baiknya jika Anda berhasil untuk tidak mengonsumsinya. Karena selain menghambat program sixpack, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga bisa berdampak buruk pada kesehatan jangka panjang Anda.

>> Sudah Latihan Tapi Perut Belum Juga Sixpack? <<

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan perut sixpack, selain tidak mengonsumsi alkohol, beberapa faktor seperti memiliki presentasi kadar lemak yang rendah. Selain dengan rutin melakukan latihan rutin dan diet, Anda juga harus memperhatikan waktu istirahat Anda untuk menghindari meningkatkan produksi hormon kortisol.

Untuk membantu Anda DAPAT perut sixpack, Anda bisa download ebook GRATIS ini dilengkapi dengan panduan latihan dalam program fitnes Anda. Download DI SINI.

banner-DF-Ebook

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes