Pilih Mana, Tidur atau Olahraga Kalau Ingin Turun Berat Badan?

Mana yang lebih penting? Tidur lebih lama agar mendapat waktu tidur yang cukup, atau mengurangi waktu tidur agar bisa bangun pagi dan berolahraga lebih lama?

Pilih-Mana,-Tidur-atau-Olahraga-Kalau-Ingin-Turun-Berat-Badan

Menurut celebrity trainer Joe Dowdell, jika ingin hasil program diet lebih maksimal, Anda sebaiknya tidak mengurangi jam tidur Anda hanya agar bisa berolahraga lebih lama esok paginya. Mengapa demikian?

Tidur & Komposisi Tubuh

Untuk mengubah komposisi tubuh, dalam hal ini mengurangi kadar lemak tubuh atau fat loss, maka olahraga teratur, menjaga pola makan dengan baik, dan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting. Tidur akan membantu menyegarkan kembali badan dan pikiran Anda. Ditambah lagi, tidur memiliki pengaruh besar pada aktivitas hormon yang berkaitan dengan napsu makan sehingga turut berperan pada program diet Anda.

Tidur & Napsu Makan

Sebuah studi pada tahun 2004 yang dimuat dalam Public Library of Science menemukan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari ternyata memiliki kecenderungan untuk makan lebih banyak dan punya berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidur lebih lama.

Hal ini bisa disebabkan oleh 2 hormon penting yang mengatur napsu makan, leptin dan ghrelin. Leptin (hormon yang dikeluarkan oleh sel lemak dalam tubuh) dan ghrelin (hormon yang dikeluarkan di lambung) berfungsi untuk menjaga keseimbangan rasa lapar dan kenyang.

Saat Anda kurang tidur, kadar leptin akan turun dan ghrelin akan naik. Dengan kata lain, ini menyebabkan Anda menjadi lebih mudah lapar dan mengalami carbohydrate craving (kecanduan makanan berkarbohidrat tinggi), yang ujungnya membuat Anda lebih cenderung banyak makan makanan manis. Hasilnya, diet pun berantakan.

Tidur & Hormon Pertumbuhan

Growth hormone alias hormon pertumbuhan, yang sangat penting untuk perbaikan jaringan tubuh, pengurangan kadar lemak tubuh, dan menjaga daya tahan atau imunitas tubuh, juga akan dikeluarkan saat Anda sedang tidur.

Olahraga teratur memang penting, tapi bukan berarti mengorbankan waktu tidur dan menambah durasi olahraga Anda akan membuat proses penurunan berat badan Anda menjadi lebih optimal. Tidur berkualitas sama pentingnya dengan berolahraga teratur dan menjaga pola makan. So, let’s get enough sleep! (dee)

BACA JUGA : Jangan Tunggu Tahun Depan, Resolusi Sehat bisa Diraih Tiap Hari lho!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes