Resolusi Diet di Tahun Baru

Menjelang pergantian tahun, banyak orang mulai mempersiapkan berbagai resolusi sehat di tahun baru nanti. Menurunkan berat badan masih menjadi resolusi populer di tahun baru yang kerap dijadikan tujuan oleh orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan.

Apa saja resolusi diet yang bisa Anda jalankan di tahun baru nanti?

Turun Berat Badan di Tahun Baru

Untuk menurunkan berat badan di tahun baru, yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan aktivitas fisik dan  menjaga pola makan tetap sehat. Cara terbaik untuk menjalankan dua hal ini adalah dengan mencatat setiap aktivitas Anda. Jika Anda menyadari bahwa diet yang Anda jalankan belum ideal, dan Anda tidak mengetahui letak kesalahan Anda maka sebaiknya Anda mencatat apa saja yang Anda makan dan minum selama beberapa minggu menjelang pergantian tahun. Dengan cara ini Anda akan menemukan pola makan yang Anda jalankan tiap hari baik saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Tetap Bugar di Tahun Baru

Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar adalah tujuan jangka panjang yang ingin diraih oleh setiap orang. Lantas apa resolusi terbaik agar tubuh tetap bugar di tahun baru? Cara terbaik adalah memprogram latihan dan menjalankannya dengan baik. Catat dalam buku Anda latihan apa saja yang akan Anda lakukan dan sesuaikan dengan tingkat kesibukan Anda. Agar Anda bisa menjadikannya sebagai rutinitas sehari-hari.

Ketika menetapkan sebuah tujuan, michael kors apple watch band activity tracker pastikan tujuan Anda bisa dicapai dan tidak membuat Anda menyerah di tengah jalan. Berlebihan rasanya jika Anda tidak pernah berolahraga selama beberapa tahun, kemudian menetapkan goal untuk berlari sejauh 10 km di tahun baru. Tetapkan tujuan yang sederhana tetapi Anda berdedikasi dalam menjalankannya. Misalnya seperti:

  1. Menambah waktu latihan dalam seminggu
    Jika sebelumnya Anda hanya berlatih sekali dalam seminggu, kini saatnya Anda tambahkan 2-3 hari untuk berlatih. Tambahkan waktu latihan secara berkala agar tubuh beradaptasi dengan latihan yang Anda lakukan.
  2. Menambah beban angkatan
    Jika Anda berlatih beban, tambahkan beban angkatan secara berkala. Otot akan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat jika diberi stress yang lebih berat.
  3. Menambah set dan repetisi
    Seiring meningkatkan beban latihan, Anda juga bisa menambahkan jumlah set dan repetisi secara berkala saat latihan beban. Menambah set dan repetisi dalam latihan beban penting untuk meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan otot secara signifikan.
  4. Berlatih Lebih Lama
    Jika sebelumnya Anda hanya berlatih 5-10 menit, kini saatnya Anda tambahkan 10-20 menit lagi untuk meningkatkan pembakaran kalori tubuh Anda. Jika Anda memilih untuk jogging, berlari, nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress bersepeda atau pun berenang maka hal yang sama tetap berlaku. Yang terpenting adalah Anda melakukannya dengan baik dan bertahan sepanjang tahun.

Makan Sehat di Tahun Baru

Ini bisa menjadi hal yang paling menantang bagi Anda. Anda mungkin sudah memahami makanan apa saja yang aman untuk dikonsumsi. Namun terkadang, akibat desakan nafsu makan yang begitu besar, konsentrasi Anda hilang seketika.

Nah, agar Anda tidak keluar jalur, maka sebaiknya Anda mulai mencatat makanan apa yang sehat dan tidak untuk dikonsumsi. Tempelkan di lemari es atau di tempat lain yang identik dengan makanan sehingga Anda bisa melihatnya dengan mudah.

Contoh resolusi makan sehat di tahun baru yang bisa Anda catat adalah:

  • Konsumsi 5 buah-buahan setiap hari untuk meningkatkan kesehatan
  • Tidak mengonsumsi karbohidrat saat makan malam untuk mengurangi asupan kalori
  • Sertakan minyak ikan yang kaya Omega-3 untuk memaksimalkan daya tahan tubuh
  • Gunakan minyak zaitun daripada minyak goreng biasa saat menggoreng atau menumis
  • Kurangi makanan manis, cepat saji, biskuit dan lainnya agar tidak tertimbun menjadi lemak

Kurangi Stres untuk Keberhasilan Diet

Menjalankan gaya hidup sehat, meningkatkan aktivitas fisik dan menjaga pola makan yang lebih baik akan membantu mengutrangi stres Anda. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda juga disarankan untuk bergabung dengan kelas yoga, moncler jacket acorus tai chi atau kelas latihan lain yang memiliki tujuan menyegarkan tubuh sekaligus meredakan stres.

Pastikan juga Anda memiliki waktu untuk diri sendiri, jauh dari pekerjaan dan segala rutinitas yang membuat Anda stres setidaknya sekali seminggu. Entah itu menonton film, mendengarkan musik atau sekedar menenangkan pikiran di alam terbuka tanpa gangguan.

Jadi kesimpulannya, yang perlu Anda jalankan sebagai resolusi diet di tahun baru adalah:

  1. Kendalikan pola makan Anda dengan mencatat makanan yang Anda konsumsi dan tempel di tempat yang mudah terlihat.
  2. Berlatih lebih intens dari yang Anda lakukan sekarang. Targetkan untuk latihan 3 kali dalam seminggu.
  3. Relaksasikan diri Anda dalam berbagai cara untuk meredakan stres dan mendapatkan kesehatan jiwa yang lebih baik.

Jalankan ini sepanjang tahun dan lihatlah perubahan yang terjadi pada diri Anda. Selamat mencoba! (dan)

BACA JUGA :  Diet Saja tak Cukup untuk Turunkan Berat Badan!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes