program diet menyiksa

Sedang Melakukan Program Diet, atau Menyiksa Diri?

Semua orang tentunya menginginkan bentuk tubuh proporsional yang diidamkan oleh banyak orang. Namun, untuk memperolehnya, maka banyak pengorbanan yang harus Anda lalui. Mulai dari waktu, tenaga, pikiran, bahkan materi harus rela Anda keluarkan demi mendapatkannya. Banyak cara yang dipilih. Bagi Anda yang berduit, mungkin akan lebih memilih untuk melakukan tindakan medis, dengan melakukan operasi sedot lemak atau semacamnya. Namun bagi Anda yang lebih memilih untuk menggunakan metode lainnya, tentu saja akan melakukan program diet.

Diet menyikas

Sayangnya, tak banyak pengetahuan yang memadai sebelum Anda memutuskan untuk melakukan diet. Sehingga, diet yang seharusnya membantu Anda untuk mendapatkan gol penurunan berat badan, malah menjatuhkan Anda ke ‘kubangan air keruh.’

Banyak orang yang tersesat ketika melakukan program diet. Memang, jika tak selektif dalam memilih metode program diet, maka imbasnya bagi kesehatan Anda akan fatal. Dunia diet memang tak segampang yang dibayangkan, banyak metode dan cara menawarkan gol yang sama, yakni menurunkan berat bada. Namun, di antara metode diet, yang banyak dipilih bukannya metode diet sehat, melainkan malah sebaliknya. Untuk itu, bagi Anda yang baru saja memutuskan untuk melakukan program diet, atau ingin mengganti metode diet Anda simak informasi ini.
Berikut adalah kesalahan-kesalahan fatal dalam program diet yang sering terjadi:

1.) Tidak Sarapan

Banyak perdebatan yang mengatakan bahwa sarapan akan membuat berat badan Anda cepat naik. Hal ini sudah sangat berkembang di lingkungan masyarakat, hingga Anda bahkan mempercayainya. Asalkan Anda tahu, setelah delapan jam tidur terlelap di malam hari tubuh dalam posisi tanpa nutrisi. Itulah sebabnya, mengapa sarapan sangat diperlukan. Yakni untuk memenuhi nutrisi tersebut.

Bukan hanya itu, tanpa sarapan tubuh juga akan dihadapkan pada proses katabolic, di mana tubuh tak mempunyai bahan bakar untuk membentuk energi, akibatnya tubuh akan mengambil; energi yang ada pada otot Anda. Diet tanpa sarapan juga termasuk ke dalam salah satu metode diet menyiksa. Karena, dampaknya sangat merugikan bagi Anda dan menyebabkan Anda jauh dari tujuan awal Anda.

2.) Mengabaikan Rasa Lapar Berkepanjangan

Jika Anda ingin melakukan program diet, maka Anda harus membuang segala stereotype salah tentang diet. Logika salah yang mengatakan bahwa sering makan akan membuat Anda gemuk. Sebaliknya, tidak makan akan membuat Anda lebih kurus. Hal itu adalah logika yang salah.

Apa Anda tahu, bahwa lapar sangat merugikan bagi Anda dan tubuh Anda. Mengapa? Ya, dampaknya bagi Anda pasti akan menahan lapar yang teramat sangat, dan hal itu sangat menyiksa. Bagi tubuh Anda, lapar akan melambatkan metabolisme tubuh Anda. Sehingga, berdampak pada lambatnya pembakaran lemak di tubuh Anda.

Tak cukup sampai disitu, lapar adalah pertanda perut kosong dan persediaan gula dalam tubuh menipis. Kedua hal tersebut dirasakan dampaknya bagi otak Anda. Jika Anda merasa lapar, dan Anda mengabaikannya demi diet Anda, maka akibatnya Anda akan merasakan pusing, bahkan parahnya akan membuat Anda pingsan.

3.) Makan Malam Tak Buat Anda Lebih Gemuk

Mungkin Anda sudah pernah mendengar bahwa tubuh akan bertambah tinggi pada saat Anda tidur. Ya, hal itu memang benar. Namun, bukan hanya tubuh akan meninggi, melainkan juga banyak proses-proses lainnya yang dihasilkan oleh tubuh ketika tidur. Hal ini dikarenakan, pada saat tidur hormon pertumbuhan akan bekerja. Hormon ini berperan penting untuk mengganti sel-sel yang rusak.

Memang, ketika tidur Anda tak membutuhkan kalori dalam jumlah banyak, terlebih karbohidrat yang tinggi. Tapi, ketika tidur Anda kan membutuhkan protein. Hal ini untuk memaksimalkan kinerja dari hormon pertumbuhan. Untuk itu, pastikan mengonsumsi protein 2-3 jam sebelum Anda tidur, dan karbohidrat 4 jam sebelum tidur. Agar kinerja dari hormon pertumbuhan optimal, disarankan minum kasein untuk penyerapan protein yang lebih lambat dan terbaik.

4.) Tak Makan Setelah Olahraga

Ya, olahraga memang kunci untuk membakar lemak Anda. Namun, tahukah Anda ketika berolahraga Anda akan menghabiskan banyak tenaga dan stamina Anda? Akibatnya, energi Anda akan menipis. Tentu Anda masih bertanya-tanya, bagaimana bisa setelah olahraga yang merupakan aktivitas untuk membakar lemak, setelah itu memberinya kalori dengan kembali makan? Memang, pertanyaan itu sangatlah logis. Namun, bagaimana jika yang dimakan lebih mempunyai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kembali memroduksi tenaga? Untuk itu, pilihlah makanan yang merupakan sumber protein tinggi.

Nah, beberapa poin di atas termasuk ke dalam salah satu metode diet menyiksa diri. Selain Anda merasakan betapa menyiksanya menahan lapar, tubuh Anda pun juga tak bisa melakukan metabolisme dengan maksimal. Akibatnya, pembakaran lemak kalori di dalam tubuh pun juga akan melambat. Untuk itu, jika Anda memutuskan untuk melakukan program diet, maka perbanyak bekal Anda dengan informasi-informasi yang bermanfaat. Semoga Anda berhasil dalam menurunkan berat badan. (gie)

BACA JUGA: Sering Merasa Kantuk, Konsumsi Makanan Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes