Lemak di Pergelangan Kaki

Singkirkan Lemak di Pergelangan Kaki Anda!

Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan istilah ‘cankles’ atau lemak yang ada di pergelangan kaki Anda. Meskipun belum begitu familiar, lihat pergelangan kaki Anda sekarang dan sadari apakah lemak di bagian tersebut menumpuk atau tidak? Menemukan penyebab dan akar permasalahan yang memicu menumpuknya lemak di pergelangan Anda akan membuat kaki Anda terlihat lebih indah tentunya.

Kaki Gajah

Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, kata Caroline Cederquist, MD, pencipta bistroMD dan penulis The MD Factor Diet. Lemak di pergelangan kaki bisa disebabkan oleh beberapa hal:

1. Berat Badan

Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, maka cankle bisa menjadi tanda dari peningkatan seluruh penyimpanan lemak pada tubuh, termasuk pergelangan kaki. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan melakukan diet dan olahraga atau latihan khusu untuk kaki dan betis Anda. Anda juga bisa mencoba lompat tali dan lari sebagai latihan Anda.

2. Faktor Genetika atau Keturunan

Jika salah satu orang tua Anda memiliki pergelangan kaki yang gemuk dan besar, genetika mungkin bisa menjadi penyebab mengapa ada lemak menumpuk di pergelangan kaki Anda. Meskipun Anda tidak bisa mengubah genetika dalam tubuh, cobalah untuk alihkan perhatian Anda untuk mengambil latihan untuk betis, salah satu bagain yang kebanyakan wanita abaikan.

3. Retensi Cairan

Menggemuknya pergelangan kaki Anda bisa juga terjadi karena retensi cairan yang disebabkan oleh asupan sodium atau karena kehamilan. Kehamilan sering datang dengan sirkulasi buruk yang menyebabkan darah terkumpul di pergelangan kaki. Kaus kompres kaki mungkin bisa mengurangi pembengkakan dengan cepat, tapi untuk hasil yang permanen, Anda perlu mengubahnya dengan diet. Fokuslah untuk menghindari makanan yang tinggi natrium seperti makanan olahan dan cepat saji. Cegah dehidrasi dengan asupan caira yang cukup juga dapah mencegah retensi cairan.

4. Obat-obatan

Antidepresan, obat tekanan darah, dan hormon (seperti estrogen yang terkandung dalam pil KB) dapat menyebabkan pembengkakan lemak di pergelangan kaki terutama pada perempuan, menurut National Institutes of Health (NIH). Selalu konsultasikan obat-obatan Anda dengan dokter dan agar dokter bisa merujukkan obat lain untuk Anda.

5. Penyakit

Lemak di pergelangan kaki memang jarang sekali menimbulkan penyakit serius, akan tetapi lemak ini dapat menjadi tanda penyakit ginjal, gagal jantung, pembekuan darah, dan penyakit lainnya. Jika Anda mengalami gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti kelelahan, perubahan buang air kecil, mual, atau sesak napas, segera kunjungi dokter Anda.

Waspadai setiap perubahan di tubuh Anda untuk menjaga kesehatan Anda seumur hidup. Semoga bermanfaat! (mee)

BACA JUGA: Variasi Latihan Inti untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes