menurunkan berat badan

Sudah Latihan Tapi Berat Badan Belum Juga Turun?

Dua kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga dan pola makan sehat. Namun, dalam beberapa kasus ditemukan bahwa ada seseorang yang telah melakukan olahraga atau latihan namun berat badannya belum juga turun. Mengapa demikian?

menurunkan berat badan

Pola makan atau diet berperan sangat penting dalam program penurunan berat badan. Diet sendiri merupakan mengatur pola makan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Prinsip utama diet untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan protein serta mengurangi asupan karbohidrat dan lemak. Karena protein dapat menekan nafsu makan, meningkatkan pembakaran kalori, serta dapat mencegah penyusutan otot karena pengurangan asupan kalori.

Sudah Latihan Tapi Hasil Belum Terlihat

menurunkan berat badan

Prinsip sederhana untuk menurunkan berat badan adalah tubuh membakar kalori lebih banyak daripada kalori yang masuk. Karena itulah, pola makan sangat penting untuk menurunkan berat badan.

Bukan hanya pola makan, latihan juga sangat berperan penting untuk menurunkan berat badan. Banyak sekali metode latihan untuk program diet. Namun, tidak sedikit yang mengaku bahwa mereka sudah melakukan latihan tapi berat badan belum mau turun? Mungkin beberapa hal berikut yang menjadi alasannya.

>> Menurunkan Berat Badan Jangan Terlalu Cepat <<

1. Salah dalam melakukan latihan

menurunkan berat badan

Karena ingin menurunkan berat badan banyak yang berkonsetrasi pada latihan pada otot perut. Seperti banyak melakukan crunch, plank, atau sit up. Ingat, menurunkan berat badan sama dengan Anda harus mengurangi lemak di tubuh, bukan hanya bagian perut.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya kombinasikan latihan beban dan kardio. Latihan kardio dapat membantu mempercepat metabolisme dan membuat tubuh Anda membakar lebih banyak kalori meski saat beristirahat. Jika tubuh Anda membakar kalori lebih banyak tiap harinya, makan tentu akan sangat membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih cepat. Sementara latihan beban, selain untuk menurunkan berat badan, juga dapat membantu mempertahankan dan menambah massa otot, serta meningkatkan komposisi tubuh.

>> Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat <<

2. Stres

menurunkan berat badan

Ini adalah penyebab umum seseorang kesulitan untuk mendapatkan hasil pada program penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang mampu memperlambat proses metabolisme. Jadi, jika stres sering terjadi, tubuh Anda tak akan dapat membakar kalori dengan banyak seperti sebagai mana mestinya.

Namun, stres juga dapat berpengaruh pada penurunan berat badan. Tapi penurunan berat badan karena stres bukan hal yang baik karena bukan keinginan sendiri. Lantara terlalu mendapat tekanan, seseorang dapat merasa tidak lapar dan makan lebih sedikit dari biasanya. [Baca juga: Hubungan Stres dengan Berat Badan].

3. Kurang tidur

menurunkan berat badan

Selain latihan, pola makan, dan stres, faktor lain yang juga mempengaruhi perat badan seseorang adalah mendapatkan tidur atau istirahat yang cukup. Tidur sangat penting karena memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat.

Tidur dapat menghindarkan seseorang dari kelelahan, yang mana kelelahan dapat membuat tubuh cenderung lebih menginginkan makanan yang tinggi karbohidrat serta makanan tingi lemak. Tentu saja hal itu akan dapat membuat program penurunan berat badan Anda gagal.

>> Alasan Mengapa Kurang Tidur Pengaruhi Berat Badan <<

Hal-hal di atas merupakan poin utama yang menentukan program penurunan berat badan Anda. Olahraga, pola makan sehat, hindari stres, dan istirahat yang cukup akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Cara Mudah Membentuk Bokong yang Seksi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes