suplemen pembentuk perut sixpack

Sudah Siap Ucapkan Selamat Tinggal pada Perut Buncit?

Kunci untuk mengusir perut buncit adalah makan-makanan yang sehat, olahraga, asupan kalori yang masuk lebih sedikit daripada yang dibakar, serta motivasi diri.

Jenis lemak yang bertanggung jawab pada perut buncit adalah lemak visceral. Lemak ini lebih aktif secara metabolik daripada lemak subkutan (lemak di bawah kulit) sehingga cenderung terbakar lebih cepat. Biasanya, ketika orang melakukan program penurunan berat badan, bagian perut adalah bagian yang menyusut pertama.

Tapi sebaiknya jangan menurunkan berat badan secara drastis. Lebih baik menurunkan berat badan secara bertahap. Hal ini dikarenakan untuk mencegah berat badan Anda kembali naik. Beberapa ahli gizi menyarankan jangan kehilangan berat badan satu atau dua pound per minggu. Baca juga: Menurunkan Berat Badan Jangan Terlalu Cepat, Mengapa?

Diet untuk perut lebih datar

Studi yang dilakukan American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa diet terkontrol dengan kaya biji-bijian dapat memangkas lemak di pinggang. Peserta studi yang melakukan diet kaya biji-bijian (termasuk kaya buah dan sayuran, susu rendah lemak, daging, dan ikan atau unggas) kehilangan lemak perut lebih banyak dibandingkan mereka yang makan-makanan olahan.

perut buncit

Peserta studi yang makan-makanan olahan seperti roti putih dan makanan manis justru dapat berdampak pada kesehatan. Seperti tingkat gula darah tinggi yang dapat meningkatkan respon insulin untuk lebih mudah menyimpan lemak. Sementara mereka yang makan biji-bijian (yang juga cenderung tinggi serat) membuat insulin lebih sensitif dan mengontrol kadar gula darah serta mengurangi penumpukan lemak.

Apabila Anda ingin membandingkan beberapa sendok beras merah dengan beberapa biskuit, Anda akan merasa lapar lebih cepat dengan makan biskuit. Tetapi, beras merah dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Apabila nutrisi dari makanan kurang mencukupi, Anda dapat menambahkannya melalui suplementasi. Seperti Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition yang dapat membakar lemak secara cepat dan membuangnya dengan cara mempercepat metabolisme Anda.

Latihan untuk mengusir perut buncit

perut buncit

latihan tidak hanya akan membantu mengusir perut buncit, tapi juga memberikan manfaat kesehatan dalam jangka panjang

Tidak jarang, banyak yang fokus melatih perut untuk melenyapkan perut buncit. Salah satu latihan yang populer dilakukan adalah crunch. Namun, melakukan ratusan crunch saja setiap hari tidak akan membantu banyak.

Caranya adalah melatih semua otot, termasuk otot perut sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Termasuk latihan beban dan juga latihan kardio. Hal itu jauh lebih efektif untuk mengusir timbunan lemak pada perut Anda. Baca juga: Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit.

Kunci sederhananya adalah mengkombinasikan antara diet dan latihan atau aktivitas fisik. Spesialis obesitas di Imperial College London, Professor Jimmy Bell mengatakan bahwa latihan tidak hanya akan membantu mengusir perut buncit, tapi juga memberikan manfaat kesehatan dalam jangka panjang.

“Dengan kata lain, semakin banyak Anda berolahraga semakin mudah tubuh Anda membakar lemak,” ujarnya.

Mengapa penting mengusir perut buncit?

Memiliki perut yang menonjol ke depan atau perut buncit mungkin dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Tapi tidak hanya itu, selain membuat postur tubuh kurang ideal, perut buncit juga memiliki risiko masalah kesehatan. Di antaranya penyakit jantung, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, atau darah tinggi, yang semuanya dapat memiliki efek signifikan pada kualitas dan harapan hidup seseorang.

>> Perut Buncit? Kenali Bahayanya Bagi Kesehatan Anda! <<

Apakah saya memiliki perut buncit?

Seperti apa sih seseorang bisa dikatakan perutnya buncit? Langkah sederhana untuk menentukan apakah seseorang memiliki perut buncit atau tidak adalah dengan mengukur pinggang.

perut buncit

Menurut konsultan kardiologis di Papworth Hospital NHS Foundation Trust, dr Sarah Clarke, jika pinggang seseorang lebih dari 102 cm untuk pria dan 88 cm untuk wanita, maka seseorang tersebut dikatakan memiliki lemak di perut berlebih dan dan berisiko tinggi pada penyakit jantung dan beberapa penyakit lainnya. Langkah terbaik untuk mengurangi risiko tersebut adalah dengan menurunkan berat badan.

Jadi intinya?

Kebanyakan bukti ilmiah menunjukkan bahwa pola diet kalori terkontrol seperti kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, atau telur adalah dasar dari diet yang menyediakan semua nutrisi. Untuk makanan, sebaiknya hindari makanan olahan.

Diet saja tidak cukup, kombinasikan dengan latihan rutin. Latihan apa saja yang tepat untuk mengatasi perut buncit? Anda dapat membaca di artikelnya di sini.

So, konsumsilah makanan-makanan yang sehat dan tetap aktif agar tubuh lebih sehat. Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Sudah Latihan Tapi Berat Badan Belum Juga Turun?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes