Tambahkan Serat Untuk Diet Yang Lebih Baik

Tambahkan serat untuk diet yang lebih baik

Serat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah tepat. Selain dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dengan optimal. Menambahkan serat ke dalam diet akan sangat membantu memberikan Anda rasa kenyang lebih lama untuk menurunkan berat badan.

Konsumsi makanan berserat membantu tubuh Anda mengobati berbagai gangguan pencernaan dan beberapa risiko penyakit lainnya seperti: sembelit, wasir, peradangan pada kantong saluran pencernaan, iritasi usus besar, kolesterol tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Panduan Konsumsi Serat
Kebutuhan serat manusia per hari dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin. Jumlah serat yang dibutuhkan dalam diet adalah sekitar 25-35 gram per hari. Saat pertama kali mengkonsumsi serat dalam jumlah lebih banyak dari biasanya, mungkin Anda akan mengalami gangguan pencernaan seperti kembung, kram atau gas yang berlebih. Ini adalah proses adaptasi. Pastikan kebutuhan serat tubuh Anda tercukupi setiap harinya dengan menambahkan serat ke dalam daftar makanan diet sehat Anda.

Berikut ini adalah panduannya:

  1. Makan sedikitnya 2 jenis buah-buahan dan 1 mangkuk sayuran setiap hari.
    Daftar buah-buahan dan sayuran berserat tinggi:

    » Kacang-kacangan: tidak lebih dari 10 gram.
    » 1 ubi jalar ukuran sedang mengandung 4,8 gram serat.
    » ½ cangkir kacang polong hijau mengandung 4.4 gram serat.
    » ½ cangkir bayam mengandung 3,5 gram serat.
    » 1 buah jeruk ukuran sedang mengandung 3,1 gram serat.

  2. Konsumsi beberapa jenis makanan ini:

    » Oatmeal dan sereal.
    » Beras merah.
    » Roti 100% gandum.

Tips: Jika Anda membeli makanan di supermarket, pastikan produk yang Anda beli mengandung minimal 5 gram serat per porsi.

Mulai sekarang cobalah konsumsi serat secara proporsional agar diet Anda lebih lengkap dan sempurna sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes