lapar seusai makan

Tetap Lapar, Seusai Makan Besar. Bagaimana Mengatasinya?

Rasa lapar itu manusiawi. Hal itu menandai bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan untuk kembali mengoptimalkan proses metabolismenya. Hal itu dikarenakan, tubuh menggunakan makanan sebagai energi untuk beraktivitas sehari-hari.

masih-lapar-2

Untuk itulah, Anda dilarang keras untuk mengabaikannya, meskipun Anda sedang dihadapkan dengan rutinitas kantor yang sangat sibuk, ataupun menjalani program diet sekalipun.

Melalui makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda, tubuh akan memperoleh nutrisi penting bagi tubuh Anda. Nutrisi tersebut di antaranya seperti vitamin, mineral, dan asupan gizi lain untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Namun pada beberapa kasus, terdapat orang-orang yang masih saja lapar padahal baru saja melakukan makan besar. Jika hal ini Anda turuti dengan melakukan makan kembali, maka bukan tidak mungkin Anda akan mengalami obesitas.

Untuk menghindari hal itu, tentunya Anda harus menekan rasa lapar Anda. Bagaimana caranya? Berikut adalah tips untuk mencegah lapar seusai makan besar.

Kurangnya Konsumsi Sayuran

Sayur Fix

Biasanya jika Anda lapar padahal seusai makan, maka menu makanan yang sebelumnya Anda makan jauh dari kata sehat. Bisa jadi, makanan tersebut banyak mengandung karbohidrat dan lemak. Untuk itu, ganti kebiasaan tersebut dengan makanan yang memiliki asupan nutrisi tinggi. Perbanyak sayur-sayuran. Karena sayur memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Sayuran yang ada pada menu makanan Anda mengandung folat yang dapat mencegah tubuh mengalami depresi, kelelahan, dan obesitas. Beberapa jenis sayuran juga mempunyai kandungan vitamin K yang berfungsi sebagai pencegah dan penekan rasa lapar Anda seusai makan.

Hobi Menyantap Makanan Kaleng

Makanan Kaleng

Jika Anda hobi menyantap menu makanan yang berasal dari kalengan, maka hindari hal tersebut saat ini juga! Hal ini dikarenakan, pada makanan kaleng terdapat kandungan bahan kimia A ataupun BPA yang dapat merusak leptin menjadi abnormal. Sehingga dapat memicu rasa lapar yang terus menerus. Alhasil, berat badan Anda akan terus bertambah.

Tubuh Dehidrasi

Dehidrasi fix

Jika Anda termasuk orang yang mengalami ini, maka penuhi kadar air dalam tubuh Anda dengan cara lebih sering minum air putih. Akan lebih baik jika Anda dapat memilih air yang mengandung elektrolit, sehingga dapat lebih cepat memenuhi kekurangan air dalam tubuh Anda. Pada beberapa kasus, biasanya sebagian orang tidak bisa membedakan antara lapar dan haus. Padahal ketika itu tubuh sedang dehidrasi, namun Anda malah melakukan kesalahan dengan melakukan makan besar.

Hal ini tentunya menjadi kontradiksi dengan apa yang diinginkan oleh tubuh Anda. Oleh sebab itu, sebagai rekomendasi untuk membedakan antara haus dan lapar, Anda dapat memastikannya. Sebelumnya minumlah air putih beberapa gelas, tunggu beberapa menit kemudian. Jika Anda tidak merasakan lapar lagi, berarti tubuh Anda sedang dehidrasi. Namun sebaliknya, jika Anda tetap merasa lapar, berarti Anda harus makan besar untuk memenuhi nutrisi tubuh Anda.

Gangguan Visual

Gangguan Visual

Jika Anda sedang makan, maka berfokuslah pada menu makanan yang saat itu berada di hadapan Anda. Jika Anda tetap tertarik dengan menu makanan lainnya, bisa jadi seusai makan Anda akan merasa lapar kembali. Untuk itu, seusai makan ‘butakanlah mata Anda’ dari segala sesuatu yang berbau makanan yang menggugah nafsu makan Anda. Jika Anda sudah cukup kenyang, segera lakukan aktivitas untuk mencegah Anda berpikir tentang makanan kembali. Intinya, saat makan hindari tertarik pada makanan lain yang mengundang selera.

Banyak Minum Soda

Soda fix

Jika Anda hobi minum minuman berkarbonasi, maka setelah membaca artikel ini kurangilah. Apakah Anda tahu, bahwa minuman bersoda dapat menyebabkan pengeroposan tulang lebih cepat. Bukan hanya itu, minuman bersoda juga memiliki kandungan fruktosa tinggi yang mempengaruhi otak untuk makan yang lebih banyak lagi. Selain itu, fruktosa juga menghambat kemampuan tubuh terhadap leptin, yakni pengendali hormon yang bertugas mentransfer informasi ke otak terkait keadaan perut Anda apakah sedang lapar atau kenyang.

Bagi Anda yang tengah menjalankan program diet, Anda tak boleh kecolongan dalam hal ini. Meski Anda dianjurkan untuk makan berkali-kali dengan porsi yang lebih sedikit, namun Anda jangan sampai menuruti rasa lapar Anda terus menerus. Hal itu justru akan membuat diet yang sudah Anda lakukan gagal berantakkan.

Nah, itulah yang membuat Anda lapar seusai makan besar. Semoga dengan informasi di atas Anda dapat menekan rasa lapar Anda seusai makan. (gie)

BACA JUGA: Agar Pemanasan Lebih Menyenangkan dan Efektif

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes