makan dengan porsi sehat

Tips Jitu untuk Makan dengan Porsi yang Tepat

Setiap orang pasti pernah makan dengan porsi yang besar. Makanan yang lezat dan menggoda cenderung membuat kita sering makan berlebihan. Secara tidak langsung pastinya akan mempengaruhi berat badan Anda khususnya, dan kesehatan tubuh pada umumnya. Hal ini juga terjadi akibatnya banyaknya orang yang tidak mengerti berapa ukuran porsi makan yang tepat. Akan tetapi jangan khawatir, kami akan berbagi beberapa tips cepat untuk membantu Anda makan dalam jumlah yang tepat untuk menjaga gaya hidup sehat Anda.

Jendela

Masukkan Protein dalam Setiap Makanan Utama

pROTEIN

Masukkan beberapa protein dalam setiap menu makan Anda. Anda bisa memilih dada ayam tanpa kulit, ikan tuna, keju, telur, yoghurt, atau daging merah tanpa lemak sebagai sumbernya. Protein tanpa lemak ini akan membantu membangun dan memulihkan otot. Protein tersebut juga membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda tidak makan camilan terlalu cepat setelah makan.

Selalu Jaga Asupan Garam

sODIUM

Jaga asupan garam Anda kurang dari satu sendok teh per hari. Terlalu banyak makan sodium akan mengakibatkan penumpukan racun yang tidak sehat dalam aliran darah Anda. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah penyakit jantung. Hindari makanan olahan dan kemasan karena biasanya mengandung sodium yang sangat tinggi.

Masukkan Sayuran dan Buah-buahan

bUAH SAYUR

Isi setengah dari piring Anda dengan sayuran dan buah-buahan. Idealnya Anda harus memakan untuk dua hingga tiga sayuran per hari dan sekitar dua buah per hari. Sayuran dan buah-buahan tidak hanya mengandung kalori dan lemak yang rendah, tetapi mereka akan memberi Anda beberapa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Gunakan Piring Kecil dan Besar Makanan

pIRING KECIL

Hindari makan dengan porsi berlebihan. Salah satu teknik untuk menghindari porsi yang berlebihan adalah dengan menggunakan piring kecil daripada piring makan yang besar. Trik ini akan membuat otak Anda berpikir bahwa Anda sudah makan lebih banyak.

Makanlah dengan Pelan

mAKAN PERLAHAN

Dalam setiap waktu makan, cobalah untuk menikmati makanan. Nikmati percakapan singkat waktu makan yang baik dengan keluarga atau teman-teman. Mengunyah makanan dengan baik dan perlahan juga akan membantu mengurangi kerja pencernaan di tubuh Anda.

Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Ucapan Hari Ibu Dapat Membuat Ibu Anda Sehat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes