Tips Makan Sehat Saat Rayakan Imlek

Perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina adalah sebuah perayaan penting bagi orang yang berdarah Chinese. Namun, perayaan Imlek ini tidak hanya dirayakan oleh orang-orang Cina saja, banyak dari masyarakat biasa yang turut merayakannya. Sesuai dengan tradisi Cina, malam tahun baru Imlek ini dirayakan dengan acara kumpul keluarga dan kerabat untuk makan malam dan menghabisakan malam bersama hingga tiba tahun baru yang mereka nantikan. Festival perayaan ini akan dirayakan dengan ditemani berbagai makanan yang lezat tentunya.

Headlinee Imlek Mee

Selama periode meriah ini, makan berlebihan atau tidak terkontrol ditambah dengan aktivitas fisik yang berkurang akan menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Kelebihan berat badan dan obesitas merupakan faktor risiko untuk berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan hipertensi. Anda dapat dengan mudah menaikkan 0,5 sampai 1 kg berat badan Anda dengan tambahan asupan makanan sebanyak 500 kkal per hari dalam waktu seminggu, makanan yang banyak beredar dan membuat asupan makanan Anda berlebih biasanya adalah tempura udang dan 1 buah bak kwa.

Untuk menghindari peningkatan berat badan sebelum dan selama perayaan Tahun Baru Cina ini, ikuti beberapa tips ampuh untuk mempersiapkan perayaan Imlek berikut:

1. Hidangkan lebih banyak sayuran di acara makan. Sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Hidangkan makanan yang kaya serat seperti nasi merah atau roti gandum. Makanan yang tinggi serat juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting.

3. Lebih baik mengidangkan ikan daripada daging merah seperti daging sapi dan babi karena ikan mengandung lebih sedikit lemak dan kolesterol.

4. Hidangkan daging tanpa lemak atau Anda perlu membuang lemak yang terlihat atau buang kulit pada binatang unggas.

5. Masaklah semua masakan dengan metode yang lebih sehat seperti dengan cara direbus, dipanggang, dikukus, atau dengan cara ditumis yang memakai sedikit konsumsi minyak dan lemak.

6. Gunakan bumbu herbal atau cabe, atau buah kering untuk mengganti penggunaan gula, garam, dan saus saat memasak.

7. Gunakan buah segar untuk hidangan penutup.

8. Kurangi konsumsi minuman manis dan pastikan bahwa air putih selalu tersedia di sepanjang waktu perayaan.

Dan saat merayakan tahun baru Imlek, ikuti tips makan yang sehat berikut ini:

1. Makanlah sesuai dengan porsi yang direkomendasikan atau dengan porsi yang kecil.

2. Pilihlah makanan rendah kalori seperti buah-buahan dan persiapkan makanan yang menggunakan sedikit minyak, lemak, dan santan.

3. Pilihlah makanan yang tinggi serat untuk menghindari sembelit selama perayaan.

4. Batasi konsumsi makanan manis seperti nian gao, biskuit yang manis, permen, dan cokelat.

5. Batasi konsumsi makanan yang mengandung tinggi sodium seperti keripik dan craker.

6. Lebih baik untuk minum air putih daripada minuman yang mengandung pemanis buatan.

7. Batasi konsumsi alkohol karena mengonsumsi alkohol berlebih akan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Selain tips di atas, Anda juga perlu mencukupi asupan air dan tidur yang cukup. Semoga dengan tips mempersiapkan dan merayakan Tahun Baru Cina di atas, Anda akan selalu termotivasi dan memulai gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Wanita Aktif Kurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes