liburan natal

Trik Mudah Agar Diet Tetap Aman Saat Liburan

Jika Anda tengah melakukan program diet untuk menurunkan berat badan atau pembentukan tubuh, waktu seperti saat ini merupakan ujian bagi Anda. Ya, memasuki liburan akhir pekan yang cukup panjang, banyak godaan bagi Anda, yaitu banyak makanan enak yang berkalori tinggi.

diet

Bukan hanya itu, orang-orang di sekitar Anda pastinya akan ‘merayu’ Anda untuk menikmati makanan tersebut ‘mumpung’ lagi liburan. Nah, bukan tidak mungkin hal-hal seperti itu akan dapat mengganggu atau bahkan menggagalkan program diet dan pembentukan tubuh Anda.

Memang, liburan bisa menjadi cheating day atau Anda bebas makan apa saja setelah rutin melakukan program diet. Namun jika tidak cermat dan tak terkendali dalam memanfaatkannya, bisa jadi diet yang dilakoni bisa menjadi terhambat.

#Lebih Bijaksana Mengatur Pola Makan

Tak dapat dipungkiri bahwa ketika memasuki liburan akhir pekan seperti sekarang, kita yang menjalani program diet akan merasa sulit untuk menghindari pesta makanan. Banyak sekali makanan yang tersedia sekaligus menggoda untuk dinikmati.

diet

Karena cheat day seperti kebebasan bagi Anda untuk melahap makanan apapun, maka potensi mindset otak bahwa diet yang dilakoni merupakan beban hidup. Namun, ketika liburan atau akhir pekan tiba, maka kita bebas dan tak perlu pikir panjang. Apa yang terjadi kemudian? Tentunya kita akan lebih sering menyukai sesi cheat day daripada diet itu sendiri dan lama-lama Anda bisa meninggalkan program diet. Untuk itu, ubahlah mindset cheat day di atas jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan.

Hindari Makan Berlebihan

Saat liburan tentu kita akan menjumpai banyak makanan beraneka rasa yang tentunya sangat menggoda. Makanan yang hadir pun kebanyakan masakan bersantan, gorengan, dan berlemak. Makanan-makanan tersebut tentunya mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi. Maka dari itu, hindarilah makan secara berlebihan agar timbunan lemak dalam tubuh tidak bertambah secara drastis. Baca juga artikel >> Atur Pola Makan, Demi Tubuh Ideal Saat Liburan <<

Cermat Memilih Makanan

diet

Makanan tinggi kalori, karbohidrat, dan lemak akan mudah kita jumpai saat liburan. Jika tak ingin program diet Anda terganggu, maka mengatur pola makan secara cermat adalah kuncinya. Jika ada makanan bersantan seperti opor, rendang, atau gulai, coba konsumsi dagingnya saja. Apabila mengonsumsi daging maka sebaiknya konsumsi daging ayam tanpa kulit atau daging sapi tanpa lemak. Hindari juga makanan yang digoreng dan sebaiknya pilih makanan yang direbus atau dipanggang. Selalu usahakan mengonsumsi menu yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Hindari Alkohol

Selain makanan, beragam variasi minuman juga akan dengan mudah kita jumpai saat long weekend seperti sekarang. Salah satunya adalah alkohol. Oleh sebagian orang, menghindari minuman ini ketika liburan merupakan hal sulit. Jika Anda tengah melakukan program diet, sebaiknya menghindari minuman alkohol ketika liburan. American Journal of Clinical Research menyebut bahwa minuman ini dapat meningkatkan kadar ghrelin atau hormon yang membuat Anda merasa cepat lapar. Semakin sering Anda merasa lapar, potensi untuk binge eating juga akan semakin meningkat dan bisa menggagalkan program diet Anda.

Tetap Aktif

diet

Kesibukan mengisi waktu liburan bersama keluarga atau orang terdekat kerap membuat orang lupa akan satu hal penting yang harus dilakukan agar tubuh tetap ideal dan sehat secara keseluruhan, yaitu olahraga.

Ya, olahraga kerap dilupakan bagi sebagian orang ketika tengah menikmati masa liburan. Padahal, olahraga atau latihan harus dilakukan untuk mengimbangi pola makan selama liburan. Pola makan selama long weekend dapat berdampak pada kenaikan berat badan. Karena itu, jika tidak diimbangi dengan latihan bukan tidak mungkin lemak dalam tubuh akan semakin tertimbun dan membuat berat badan Anda naik. Program diet yang Anda lakukan pun akhirnya terganggu atau bahkan dapat gagal karenanya.

Cukup sediakan waktu 20 menit akan jauh lebih baik daripada tidak melakukan latihan sama sekali. Latihan ringan bodyweight seperti push up, squat, atau lunge. Juga Anda bisa melakukan latihan kardio seperti berlari atau berjalan di atas treadmill. Jika memang tidak ada mesin treadmill, Anda dapat melakukan latihan kardio sederhana lain seperti jogging, jump rope, berenang, dan sebagainya. Meski dengan keluarga, latihan-latihan seperti ini tentu akan membuat sehat sekaligus liburan menjadi lebih seru.

Apabila tak membatasi kalori dalam makanan saat liburan, maka timbunan lemak tubuh akan semakin menumpuk. Latihan dengan mengeluarkan kekuatan anabolik akan dapat membantu dalam hal kemajuan dan membangun otot Anda. Rekomendasi latihan adalah lakukan dengan intens dan lebih fokus pada kelompok otot besar sebelum makan besar. Dengan demikian, tingkat metabolisme Anda juga akan meningkat sekitar 6-8 persen selama 24 jam.

Konsumsi Suplemen

diet

Makanan yang tinggi lemak mungkin akan sulit untuk dihindari ketika liburan. Lalu bagaimana solusi terbaiknya? Mengonsumsi suplemen sebelum makan besar mungkin dapat dijadikan langkah alternatif agar program diet kita tetap lancar ketika liburan.

Karena itu, tidak perlu khawatir secara berlebihan bahwa liburan akan menggagalkan diet Anda. Namun, nikmatilah waktu liburan Anda secara bijak agar berat badan kita tetap ideal dan sehat. Semoga bermanfaat and happy long weekend!

BACA JUGA: Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Selain Berlari

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes