Turunkan Berat Badan dengan Detoks Diet?

Tidak tahu kenapa, tetapi hari ini banyak sekali yang memanggil saya dan bertanya mengenai detoks diets. 3 Orang secara bersamaan muncul di Yahoo Messenger saya dan bertanya tentang kemungkinan untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan metode ini. Ketika saya tanya, kenapa memilih detoks diet, semuanya menjawab bahwa kata teman-temannya, cara ini cukup ampuh, dan bahkan ada yang mengatakan bahwa dalam sebulan bisa turun sampai 8kg. Tetapi apakah detoks diet memang seampuh itu?

Detoks diet masih merupakan kontroversi dimana-mana, karena ada satu penelitian yang mengatakan bahwa tubuh kita sendiri sudah mempunyai mesin detoks sendiri, jadi tanpa kita perlu melakukan detoks apapun, tubuh kita sudah mampu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Bahkan ada satu percobaan dengan membandingkan dua orang, yang pertama diet biasa, dan yang kedua melakukan diet detoks, dan kemudian setelah beberapa hari, diamati terus, kotoran pada saat buang air besar maupun buang air kecil apakah mengandung racun atau logam-logam tertentu. Ternyata hasil dari detoks sama saja dengan yang tidak melakukan detoks. Jadi tidak ada perbedaan apapun. Dalam hal ini detoks disimpulkan tidak berguna karena tubuh sudah mempunyai cara detoks sendiri.

Pendekatan diet detoks kedua adalah untuk mencari sebab-sebab alergi, sebagai contoh kita makan hanya buah-buahan selama beberapa hari, kemudian mulai mengenalkan makanan-makanan yang lain pada hari berikutnya, protein hari berikutnya lagi secara bertahap dan meneliti reaksi tubuh. Beberapa kejadian, cara ini bisa mengeliminasi jenis makanan tertentu yang tidak cocok terhadap tubuh kita.

Hasil lain dari diet detoks ini adalah penurunan berat badan yang cukup significant karena memang mengkonsumsi buah-buahan saja menjadikan pasokkan kalori kita sehari-hari sangat kecil. Dan ini membuat berat badan kita turun cukup drastis. Turunnya berat badan karena cara ini adalah penurunan di massa otot (sesuatu yang seharusnya kita hindari) karena penurunan lemak tidak akan mungkin secepat ini. Tetapi hasil ini justru yang diinginkan oleh banyak orang, sehingga kondisi ini menyebabkan mitos seputar diet detoks bisa menurunkan berat badan ini menyebar kemana-mana padahal hal ini melenceng dari tujuan awal diet detoks.

Penurunan berat badan karena diet detoks ini adalah massa otot dan itu menjadikan metabolisme kita juga menurun. Apa jeleknya dengan kondisi ini? Biasanya setelah berhasil turun beberapa kg, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama, berat badan kita akan kembali naik, efek yoyo yang sangat tinggi sekali, dan terjadi banyak sekali pada beberapa orang yang bertanya kepada saya.

Jadi apakah sebaiknya kita menggunakan diet detoks untuk menurunkan berat badan? Saran saya sebaiknya tidak, karena diet detoks seperti namanya sendiri tidak ditujukan untuk menurunkan berat badan. Masih ada cara-cara lain yang lebih sehat untuk menurunkan berat badan kita.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes