Usia Tak Menghambat Program Mengecilkan Perut Anda

Usia Tak Menghambat Program Mengecilkan Perut Anda

Setelah usia 30 tahun, rata-rata orang akan cenderung mengalami peningkatan berat badan. Kenapa demikian? Kebanyakan dari kita akan terus makan dengan jumlah kalori yang sama, tetapi pembakaran kalori yang terjadi lebih sedikit. Pembakaran kalori yang menurunan ini diakibatkan adanya penurunan laju metabolisme tubuh akibat aktivitas fisik yang juga makin berkurang seiring bertambahnya usia. Lalu apakah kita bisa tetap berhasil mengecilkan perut?

Pada pria, perut biasanya menjadi bagian tubuh yang paling gemuk, sedangkan pada wanita biasanya di pinggul dan paha. Namun meskipun demikian, pada akhir usia 30-an, seorang wanita mengalami fluktuasi kadar hormon estrogen dan progesteron sehingga terjadi perubahan penyimpanan lemak tubuh, sehingga akhirnya cenderung menimbun lemak di perut juga.

Solusi untuk hal ini adalah dengan melakukan perubahan kecil yang akan sangat membantu Anda dalam mengecilkan perut Anda yang mulai membuncit ini. Mengatur pola makan dan menambah aktivitas fisik adalah kuncinya. Dengan mengurangi kalori yang kita konsumsi sebanyak kurang lebih 200 kalori per hari dengan membaginya dalam 5-6 kali makan, akan membantu mengurangi kelebihan kalori yang memicu penambahan timbunan lemak dalam tubuh sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh dengan frekuensi makan yang lebih sering.

Faktor lain yang berhubungan dengan bertambahnya usia yaitu terjadinya kehilangan massa otot kecuali kita tetap berlatih beban secara rutin. Karena otot akan membakar kalori lebih banyak daripada lemak, maka jika Anda kehilangan sedikit saja massa otot, tubuh Anda akan membakar kalori lebih sedikit sehingga memicu kenaikan berat badan dan perut buncit. Penelitian di Ball State University di Indiana menemukan bahwa program mengecilkan perut dengan latihan beban yang diikuti kardio selama enam bulan mampu menurunkan 12% lemak di perut. Hal ini dikarenakan baik latihan beban maupun kardio akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mampu membakar lemak lebih banyak sehingga akan sangat membantu mengecilkan perut.

Jadi, jangan jadikan bertambahnya usia sebagai alasan maupun hambatan untuk mendapatkan sukses dalam mengecilkan perut Anda. Dengan pengaturan pola makan dan juga olahraga rutin, maka Anda tak hanya akan segera menghilangkan lemak yang menumpuk di perut Anda, tapi kesehatan dan kebugaran tubuh yang prima.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes