waktu ngemil

Waktu Terbaik Untuk Ngemil

Anda pastinya tidak dalam kondisi terbaik saat perut Anda lapar. Saat lapar, konsentrasi Anda pasti terganggu, lelah, dan cenderung menjadi sedikit mudah marah.

Saat lapar Anda tentunya menginginkan makanan untuk mengganjal, setidaknya dengan makanan ringan yang sehat sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama dan memuaskan selera Anda. Nah, pertanyaan yang sering bergulir saat Anda makan makanan ringan adalah apakah snack tersebut bebas gluten? Apakah makanan ringan yang Anda makan memiliki cukup protein dan serat? Dan yang terpenting apakah snack yang Anda makan terasa lezat di lidah?

Anda setidaknya memerlukan makanan ringan yang mampu meningkatkan hormon endorphin dan bisa menjadi bahan bakar bagi tubuh dan pikiran. Tapi tentu saja, Anda ingin camilan yang sehat, lezat, dan mengenyangkan. Kunci untuk ngemil sehat adalah sadar kapan waktu ngemil yang tepat dan apa yang Anda makan.

Untuk menjawab hal tersebut, pertimbangkan tujuh hal berikut ketika Anda ingin ngemil di antara waktu makan.

1. Rencanakan Daftar List Camilan Anda Selama Seminggu

Saat Anda bisa menyiapkan makanan apa saja yang akan menjadi camilan setidaknya selama seminggu, buatlah makanan ringan Anda layaknya mini meal. Ada beberapa pilihan camilan yang sehat, mengenyangkan, dan lezat, di antaranya adalah:

– Bar kaya protein dan penuh serat

Jika Anda membutuhkan camilan yang memiliki tendangan ekstra, Anda bisa mencoba Java Prime Leanbar yang bebas kolesterol dan mengandung L-carnitine.

– Sayuran dan Hummus

Hummus adalah makanan yang biasa digunakan sebagai selai pada pita bread ini berbahan dasar kacang kedelai yang dihaluskan, lentini, tahini, juga minyak olive, air lemon, garam dan juga bawang putih, berasal dari timur tengah. Anda bisa menambahkan hummus sebagai camilan bersama sayuran seperti wortel. Camilan ini memiliki protein dan menurunkan kolesterol.

– Apel Dengan Selai Kacang

Apel yang dicampur dengan selai kacang menawarkan perpaduan yang bagus, manis, gurih, dan tentunya sehat.

– Smoothie

Smoothie adalah bubur buah/sayur yang semua bahannya dimasukkan ke dalam blender kemudian diproses hingga halus. Camilan ini sangat sederhana, lezat, dan mudah untuk dibuat.

2. Belajar Untuk Mempercayai Sinyal Tubuh

Anda mungkin makan camilan tanpa tahu bagaimana cara mengontrolnya. Berikan diri Anda kesempatan untuk belajar mempercayai tubuh dan intuisi Anda. Dengarkan isyarat tubuh untuk menemukan apa yang benar-benar Anda butuhkan. Dengan begitu, ketika Anda menginginkan camilan, Anda akan melakukannya dengan pengetahuan bahwa Anda hanya perlu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

3. Jauhkan Makanan Ringan Dari Jangkauan Tangan Anda, Tapi Masih Dapat Diakses

Cara terbaik untuk ngemil di kantor adalah dengan menaruh camilan tersebut di dapur perusahaan bukan di atas meja Anda. Jadi bila Anda ingin camilan, Anda perlu melalui rute panjang ke dapur, dan gunakan tangga bukan lift. Latihan cepat saat menaiki tangga akan membuat aliran darah Anda menjadi lancar. Gerakan yang dikombinasikan dengan camilan yang seimbang akan memberikan energi fisik dan mental yang dibutuhkan untuk menaklukkan hari Anda.

4. Ngemil Cerdas Bukanlah Ngemil Sepanjang Hari

Fungsikan camilan sebagai penahan rasa lapar sampai jam makan berikutnya, bukan untuk menambal rasa lapar sepanjang hari. Anda mengonsumsi camilan untuk dicerna tubuh di antara waktu makan, dan Anda juga perlu memberikan waktu bagi tubuh untuk menyelesaikannya. Jika Anda mengonsumsi camilan, usahakan makan makanan ringan yang memberikan energi yang berkelanjutan.

5. Jaga Emosi

Kadang-kadang Anda mungkin mencoba untuk mengalihkan perhatian dari hal yang sebenarnya mengganggu Anda dengan ngemil sepanjang hari. Hal ini juga dipengaruhi oleh emosi sesaat. Sadarlah dengan apa yang Anda rasakan, dan pastikan Anda meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri dan emosi Anda.

6. Pastikan Anda Tidak Dalam Kondisi Haus

Kadang-kadang Anda tidak sadar bahwa Anda terjebak dalam perasaan lapar, yang padahal tubuh Anda sebenarnya sedang mengalami hidrasi. Penelitian menunjukkan bahwa rasa haus sering dipersepsikan dengan keliru yaitu dianggap sebagai rasa lapar. Anda bisa dehidrasi tanpa menyadarinya! Cobalah minum air dengan lemon atau minuman teh untuk melihat apakah dengan melakukan hal tersebut akan membungkam keinginan ngemil Anda.

7. Ngemil Makanan Yang Membuat Anda Lebih Kuat dan Kenyang Lebih Lama

Makan tepat setelah latihan beban dapat meningkatkan kekuatan Anda. carilah camilan yang mengandung protein dan mudah dicerna yang dapat membantu membangun massa otot dan menjadi bahan bakar untuk pemulihan. Makanan ringan berkarbohidrat dan mengandung gula akan menambah berat badan dan membuat Anda merasa lesu. Cobalah untuk mengonsumsi Java Prime Lean Bar yang memberikan nutrisi yang tepat sebelum ataupun sesudah latihan dengan membakar lemak lebih banyak karena juga mengandung L-carnitine.

Memiliki cara yang tepat dan bersabar dengan diri Anda sendiri serta mengubah kebiasaan makan Anda dengan belajar untuk mendengarkan tubuh Anda merupakan kunci tepat untuk mengetahui waktu yang tepat untuk ngemil. (mee)

BACA JUGA: Latihan ini Bikin Acara Nonton TV Jadi Lebih Sehat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes