4 Mitos Lain Yang Keliru Tentang Fitness Bagi Wanita

4 mitos keliru lainnya dalam latihan beban bagi wanita

Bukan hal yang aneh dan tabu jika saat ini banyak wanita yang datang ke gym untuk membentuk tubuhnya demi mendapatkan kebugaran maupun menurunkan berat badan. Tetapi, banyak wanita khawatir jika mereka akan membentuk otot yang besar seperti pria dan kehilangan sisi femininnya. Hal ini terjadi karena pola pikir yang keliru seperti:

  1. “Saya hanya ingin menghilangkan lemak di sekitar perut saja, bukan yang lainnya.”
  2. “Saya hanya ingin mengencangkan paha dalam saja.”
  3. “Angkat beban hanya akan mengubah saya menjadi seperti seorang pria. Kekar dan berotot besar!”

Berikut ini adalah 4 mitos umum lainnya yang keliru tentang latihan bagi wanita:
Mitos 1: Spot Reduction
Banyak orang berpikir tentang teori titik pembakaran lemak atau pengencangan pada bagian tubuh tertentu. Anda harus mengetahui bahwa tubuh tidak bisa menghilangkan lemak di titik atau bagian tubuh tertentu. Sedangkan para wanita berpikir hanya ingin menghilangkan lemak di bagian perut, kaki atau lengan. Untuk mendapatkan bagian tubuh yang kencang, maka latihan secara keseluruhan untuk membakar lemak tubuh dan meningkatkan massa otot mutlak harus dilakukan yang disertai dengan mengatur pola makan.

Mitos 2: Angkat Beban Menghilangkan Sisi Feminin
Pendapat yang mengatakan bahwa angkat beban akan membuat wanita menjadi besar dan kekar adalah bohong. Lemak yang dibakar memang akan menambah massa otot. Tetapi Anda harus mengetahui bahwa perbandingan hormon testosteron antara pria dan wanita berbeda jauh. Pria memiliki hormon testosteron sepuluh kali lebih banyak daripada perempuan, jadi sangat jelas bahwa wanita akan sulit mendapatkan massa otot sebesar pria. Testosteron adalah hormon anabolik yang penting untuk mendapatkan massa otot.

Mitos 3: Hindari Latihan Dada
Mitos keliru lainnya yang cukup populer adalah bahwa wanita tidak boleh melakukan latihan dada, karena akan membuat payudara menyusut. “Payudara merupakan daerah penyimpanan lemak, maka payudara akan menyusut jika lemaknya terbakar.” Ini adalah pola pikir yang sangat keliru. Latihan pada daerah dada tidak akan menyebabkan ukuran payudara menyusut. Bahkan, mungkin membantu payudara anda terlihat lebih besar karena otot-otot dada bertambah.

Mitos 4: Diet Ekstrim Untuk Menurunkan Berat Badan
Banyak wanita melakukan diet yang malah menyebabkan kelaparan serta beberapa perilaku keliru seperti: melewatkan sarapan, makan salad saat makan siang, dan sepotong keju untuk makan malam. Energi dan metabolisme tubuh akan menurun jika Anda melewatkan sarapan. Cobalah 6 porsi kecil 4 sehat 5 sempurna yang rendah kalori.

Nah, apakah kini Anda masih percaya dengan mitos tentang fitness bagi wanita? Ubahlah pola pikir Anda dan beranikan diri untuk memberikan tantangan bagi mental dan fisik Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes