Ladies, Haruskah Anda Mengangkat Beban Jika Ingin Menurunkan Berat Badan?

Bagi Anda yang wanita, memiliki perut ramping dan kencang tentunya sangat diidamkan. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan melakukan latihan beban. Lalu, seberapa berat beban yang harus Anda lakukan untuk memiliki bentuk tubuh ideal tersebut?

Untuk mengurangi kadar lemak tubuh memang gampang-gampang susah.

Namun intinya, ibaratkan otot Anda seperti mesin mobil. Semakin besar kapasitas mesinnya akan semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan.

Dalam menurunkan berat badan, bahan bakar adalah kalori (dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi), sementara otot adalah mesinnya. Artinya, dengan lebih banyak otot akan membakar kalori lebih banyak (yang mengusir lemak berlebih).

Latihan Kardio vs Latihan Beban, Mana yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan?

Cardio-vs-Weights

Latihan kardio adalah latihan yang populer untuk menurunkan berat badan. Latihan seperti lari, jogging, treadmill, hingga metode latihan kardio High Intensity Interval Training (HIIT) kerap dilakukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

Latihan kardio lebih fokus pada aktivitas yang memicu pergerakan jantung.

Sementara latihan beban merupakan aktivitas fisik yang bertujuan untuk membantu pembentukan otot-otot tubuh. Yang mana seperti sudah disebutkan sebelumnya, fungsi otot adalah media untuk membakar lemak.

Dengan demikian, solusi terbaik untuk memaksimalkan pembakaran lemak berlebih dalam tubuh adalah dengan menggabungkan latihan keduanya. Yang direkomendasikan adalah latihan beban terlebih dahulu dilanjutkan dengan latihan kardio untuk menghasilkan pembakaran lemak yang lebih efisien.

Simak penjelasan lengkap tentang latihan beban dulu atau latihan kardio dahulu untuk menurunkan berat badan dalam video berikut ini:

Haruskah Latihan Beban Jika Ingin Tubuh Anda Terlihat Lebih Kencang?

Tujuan yang paling umum dari wanita yang melakoni latihan di gym adalah menurunkan berat badan atau mengencangkan tubuh.

Dalam berlatih untuk transformasi tubuh Anda, maka Anda perlu memerlukan alasan kenapa melakukannya. Misalnya, Anda akan merasa lebih kuat tidak hanya saat di gym, tapi di kehidupan sehari-hari. Dan tentunya, akan membuat Anda tampil lebih percaya diri.

Pergi ke gym mungkin akan terasa sulit, terutama pada hari-hari yang padat. Namun coba pikirkan bahwa melakukan latihan adalah tantangan baru untuk membuat diri Anda lebih baik.

Jika Anda fokus pada performa Anda di gym dan berapa banyak Anda mengangkat beban, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Simak juga artikel tentang Inilah Manfaat Latihan Beban Bagi Wanita.

Tips: Catat berapa set, berat beban, dan repetisi yang Anda lakukan setiap latihan. Ini bertujuan untuk membuat latihan Anda lebih baik ke depannya.

Apakah dengan Beban yang Berat Akan Membuat Tubuh Saya Semakin Besar?

Women3

Pertanyaan tersebut sangatlah wajar jika dilontarkan oleh banyak wanita yang berlatih di gym, apakah termasuk Anda?

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa dengan mengangkat beban yang berat dapat membuat tubuh semakin besar dan kuat. Bahkan, Anda semakin percaya dengan banyaknya bodybuilder yang memiliki bentuk tubuh seperti laki-laki, kekar dan berotot.

Memang, bodybuilder wanita yang sering Anda saksikan di beragam media serius untuk membentuk tubuhnya dengan berbagai cara. Latihan beban yang intens (bahkan dua kali sehari), diet ketat, bahkan mungkin ada pula yang menggunakan steroid untuk meningkatkan kemampuan dan volume ototnya.

Wanita dan Pria itu Berbeda!

Women4

Sudah sangat jelas bahwa tubuh pria dan wanita itu berbeda.

Pria memiliki tingkat hormon yang jauh lebih tinggi dibanding wanita. Terutama hormon testosteron. Hormon inilah yang sangat penting untuk membangun otot tubuh pria. [Baca Juga: Wanita, Testosteron, dan Latihan Beban]

Secara alami, pria memiliki hormon testosteron lebih tinggi. Bagi kebanyakan pria, kadar hormon yang dimilikinya saat ini dirasa kurang cukup untuk merangsang pertumbuhan otot.

Jadi tenang saja bagi Anda wanita, latihan beban tidak akan serta merta membuat tubuh Anda langsung berotot dan kekar. Apalagi jika tujuan Anda untuk menurunkan berat badan.

So, Berapa Berat Beban yang Harus Saya Angkat?

Women5

Berat beban yang harus Anda angkat itu relatif tergantung pada tujuan dan kemampuan tubuh Anda. Pasalnya, kemampuan tubuh setiap orang berbeda.

Coba fokus pada repetisi atau pengulangan. Umumnya adalah mengangkat beban sebanyak 8-12 repetisi. Jika Anda mudah melakukannya, maka Anda perlu menambahkan berat beban.

Namun apabila Anda masih pemula dalam latihan beban, maka sebaiknya lakukan dengan beban yang ringan. Kemudian tingkatkan berat beban angkatan secara bertahap.

Berlatihlah sesuai prinsip dan kemampuan agar latihan Anda berhasil dan terhindar dari cedera. Jika latihan berjalan dengan maksimal, maka akan membantu program fitnes Anda.

>> Wanita Jangan ‘Takut’ Latihan Beban <<

Maksimalkan Pembakaran Lemak dengan Suplementasi

Women6

Setelah rutin melakukan latihan, mengatur pola makan (diet), dan istirahat yang cukup, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah suplementasi.

Kebutuhan nutrisi akan meningkat apabila aktivitas fisik Anda (latihan) juga meningkat. Apabila nutrisi dari makanan sehari-hari tidak mencukupi, maka Anda dapat menambahkannya melalui suplemen.

Memang, suplementasi bukan langkah utama yang harus dilakukan. Namun, perannya sangat penting untuk mendukung program latihan dan diet yang Anda lakukan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes