wanita lakukan latihan beban

Ladies, Rasakan Banyak Manfaat dengan Latihan Beban!

Berulang kali, wanita telah membuat alasan-alasan yang mengatakan bahwa latihan berat dengan melakukan angkat beban akan membuat ototnya menjadi besar layaknya pria. Salah. Hal itu tidak dibenarkan. Dikarenakan, wanita tak mempunyai cukup hormon testosteron untuk membuat otot Anda menjadi besar dan berurat.

Headline

Ya, hal tersebut selalu saja disinggung dalam artikel yang mempunyai bahasan terkait dengan hal ini. Lalu, masihkah Anda, wanita takut untuk melakukan latihan angkat beban? Jika ya, maka Anda patut untuk mengetahui keuntungan yang akan Anda peroleh jika melakukan latihan angkat beban. Berikut adalah informasinya untuk Anda yang dikutip dari artikel Joe Franco dalam website Bodybuilding.com!

1.) Anda Akan Kehilangan Lemak Tubuh

Studi yang dilakukan oleh Wayne Westcott dari YMCA dari South Shore di Quincy, Massachusetts menemukan bahwa wanita yang rata-rata berlatih beban dua sampai tiga kali seminggu selama dua bulan akan mendapatkan 1 kg otot dan akan kehilangan lemak hampir dua kg lemak. Jangan bayangkan bahwa Anda akan mendapatkan otot yang besar dan mengancam kemolekan tubuh Anda. Hanya saja, otot tersebut akan sangat bermanfaat untuk hal kepadatan tubuh Anda. Pada umumnya, untuk setiap pound otot yang Anda dapatkan, maka artinya Anda telah membakar 35-50 kalori setiap harinya.

2.) Kekuatan Anda Bertambah tanpa Mendapatkan Massa Otot

Para peneliti juga menemukan hasil latihan antara latihan beban antara pria dan wanita sangatlah berbeda. Perempuan biasanya tidak mendapatkan massa otot dari latihan beban. Hal ini dikarenakan, dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memiliki 10-30 kali hormon testosteron yang sangat rendah dibandingkan dengan pria. Itulah yang membuat wanita hampir tidak mungkin mendapatkan hipertrofi otot . Jadi, sudah jelas bahwa wanita melakukan latihan angkat beban tak akan mendapatkan massa otot yang berlebihan.

3.) Anda Mengurangi Risiko Osteoporosis

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan beban dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang belakang dan meningkatkan pemodelan tulang 13% dalam enam bulan. Jika hal ini dimaksimalkan dengan kalsium yang tepat dalam tubuh wanita, maka hal ini menjadi pertahanan terbaik bagi wanita untuk terhindar dari osteoporosis.

4.) Anda Akan Meningkatkan Kinerja Atletik Anda

Secara berulang, banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa latihan beban dapat meningkatkan kemampuan atletik, terutama bagi atlet-atlet. Misalnya saja, bagi pegolf, secara signifikan dapat meningkatkan kekuatan mengayunkan stick golf ketika sedang bermain di lapangan. Pengendara sepeda dapat terus mengayuh dengan cepat sepedanya dalam waktu yang lama tanpa mudah mengalami kelelahan. Apapun bidang olahraga yang Anda para wanita mainkan, latihan beban telah meningkatkan keseluruhan aktivitas fisik Anda, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya cedera.

5.) Anda Akan Secara Fisik Lebih Kuat

Meningkatkan kekuatan akan membuat Anda tidak mudah bergantung pada orang lain untuk bantuan dalam kehidupan sehari-hari. Pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Misalnya menggendong buah hati Anda, dan hal-hal sederhana lainnya.

Jika kekuatan maksimum Anda meningkat, tugas sehari-hari dan melakukan latihan rutin akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terjadi cedera. Berdasarkan penelitian menemukan, melakukan latihan dengan beban moderat akan dapat meningkatkan kekuatan seorang wanita sebanyak 30-50 persen. Melalui penelitian juga ditemukan bahwa perempuan dapat mengembangkan kekuatan mereka pada tingkat yang sama seperti pria.

6.) Mengurangi Risiko Cedera, Sakit Punggung dan Arthritis

Kekuatan yang didapatkan dengan latihan beban tidak hanya akan membangun otot yang lebih kuat, melainkan juga akan membangun jaringan ikat yang kuat dan meningkatkan stabilitas bersama. Ini berguna untuk penguatan sendi dan membantu Anda terkena risiko cedera.

Berdasarkan sejumlah penelitian, melakukan latihan beban dengan menguatkan otot akan menghilangkan atau mengurangi nyeri pada punggung Anda. Studi lain juga menunjukkan bahwa latihan beban dapat mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis dan memperkuat sendi Anda.

7.) Anda Akan Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Menurut Dr. Barry A. Franklin, dari Rumah Sakit William Beaumont di Royal Oak, Michigan, latihan beban dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dalam beberapa hal. Termasuk menurunkan LDL (kolesterol buruk), dan meningkatkan HDL (koleserol baik), serta menurunkan tekanan darah.

8.) Anda Akan Mengurangi Risiko Diabetes

Selain itu, Dr. Franklin juga mencatat bahwa latihan beban dengan angkat beban dapat memperbaiki kadar gula dalam darah, sehingga dapat mengurangi risiko diabetes. Bagi orang dewasa, diabetes adalah masalah yang terus berkembang pesat baik itu wanita maupun pria. Penelitian menunjukkan, latihan beban dapat meningkatkan pemanfaatan glukosa dalam tubuh sebesar 23 persen dalam empat bulan.

9.) Terhindar dari Depresi Berat

Studi yang dilakukan oleh Harvard mengatakan, 10 minggu melakukan latihan beban dengan angkat beban dapat mengurangi gejala depresi klinis daripada melalui cara konseling. Wanita yang melatih kekuatan lebih sering merasa percaya diri dan mampu menikmati hasil dari program latihan mereka. Hal ini bertujuan untuk memerangi depresi.

Mitos-mitos salah terkait dengan latihan angkat beban yang dilakukan oleh wanita mungkin diciptakan sendiri oleh mereka dengan dalih malas melakukan aktivitas sehat. Untuk itu, bangkit dan mulai latihan beban sekarang juga! (gie)

BACA JUGA: Dengan Teknik Ini, Latihan Tak Akan Membosankan Lagi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes