manfaat latihan beban

Ladies, Inilah 6 Alasan Kenapa Anda Tidak Perlu Takut Latihan Compound

Latihan compound adalah gerakan latihan yang melibatkan banyak sendi. Beberapa fitnes mania, terutama yang perempuan, terlalu takut untuk menghindari latihan compound seperti squat, deadlift, dan bench press. Padahal, banyak manfaat yang bisa mereka dapat dengan melakukan latihan compound.

Latihan compound adalah jenis latihan yang menargetkan lebih dari satu kelompok otot dan sendi. Latihan ini tentu berbeda dengan jenis latihan lainnya yaitu isolation exercise atau latihan isolasi. Latihan isolasinya hanya melibatkan satu kelompok otot. Karena melibatkan banyak kelompok otot, praktis beban biasanya lebih berat.

Ladies, Jangan Takut untuk Latihan Beban

Wanita2

Ketika berbicara mengenai latihan beban, mungkin beberapa fitnes mania yang perempuan cukup takut ketika pertama kali mendengar tentang latihan beban.

Melakukan latihan beban mungkin masih takut untuk dilakukan beberapa fitnes mania perempuan. Ya, mereka berpikir bahwa jika berlatih beban maka otot mereka akan seperti pria, besar dan berotot. Padahal tidak!

Ini dikarenakan perbedaan hormon pertumbuhan antara pria dan perempuan. Simak informasi lengkapnya dalam artikel Wanita, Testosteron, dan Latihan Beban.

Inilah Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dengan Melakukan Latihan Compound

Latihan compound memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Ladies, berikut 6 manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika rutin melakukan latihan compound dengan tepat.

Women3

1. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh Anda

Tiga latihan compound tersebut adalah ide paling brilian untuk membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh Anda. Pada awalnya mungkin Anda akan kesulitan untuk melakukannya.

Namun secara perlahan, gerakan akan semakin mudah Anda lakukan dan tentunya memberikan manfaat banyak bagi tubuh Anda.

2. Membakar Banyak Kalori

Latihan compound seperti bench press, deadlift, atau squat sangat ampuh untuk membakar banyak kalori. Terbukti pada mereka yang melakukan latihan ini detak jantungnya lebih tinggi. Selain membentuk otot, latihan ini juga dapat membakar kalori lebih banyak.

Karena membantu membentuk otot dan juga membakar lemak untuk diubah menjadi energi, maka akan membantu menjaga tubuh Anda tetap ramping dan ideal.

Baca Juga: Bikin Tubuh Anda Tetap Membakar Kalori Meski Sedang Tidur

3. Melibatkan Banyak Otot

Latihan compound sangat berbeda dengan jenis latihan isolation. Hal ini karena latihan compound melibatkan banyak kelompok otot dan sendi sementara latihan isolation hanya melibatkan beberapa kelompok otot saja.

Meski begitu, baik latihan compound maupun latihan isolation memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Jika memang Anda tidak memiliki waktu yang cukup, maka Anda dapat memilih latihan compound untuk tubuh Anda.

4. Menjaga Bentuk Tubuh Anda Tetap Ideal

Latihan compound seperti deadlift, squat, atau bench press, semua sangat baik untuk membentuk dan menjaga bentuk tubuh Anda agar tetap ideal. Squat dan deadlift misalnya, latihan ini akan membantu membentuk bokong dan kaki Anda kuat dan seksi.

Begitu pula latihan bench press. Latihan ini bukan hanya fokus pada otot dada, melainkan juga dapat membantu Anda memiliki bentuk lengan, punggung, dan bahu yang baik. Karena membutuhkan keseimbangan, maka latihan ini juga dapat melatih otot perut Anda.

>> 6 Prinsip untuk Mendapatkan Tubuh Ideal <<

5. Jika Dilakukan dengan Tepat, Dapat Membantu Mencegah Cedera

Salah satu manfaat latihan compound yang bisa didapat adalah dapat membantu mencegah cedera. Karena melatih seluruh tubuh, maka latihan compound dapat memperkuat kelompok otot secara bersama sama sehingga mendukung keseimbangan antar kelompok otot.

Ketidakseimbangan otot ditengarai menjadi penyebab utama cedera yang dialami oleh para atlet. Jika dilakukan dengan tepat, maka akan membuat tubuh Anda semakin kuat dan seimbang sehingga potensi cedera akan menjauh.

6. Meningkatkan Performa Latihan Anda

Latihan-latihan compund akan membantu meningkatkan performa Anda saat latihan di gym. Tidak hanya itu, aktivitas harian juga akan sangat mudah Anda lakukan. Latihan seperti squat maupun deadlift akan membuat tugas harian Anda seperti mengangkat barang belanja dan menggendong anak Anda menjadi lebih mudah dilakukan.

Ketika melakukan latihan di gym seperti squat, akan membantu meningkatkan lompatan Anda dan juga membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah Anda.

Latihan compound memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Untuk hasil yang optimal, imbangi latihan rutin Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta istirahat yang cukup. Selamat berlatih.

BACA JUGA: Kenapa Otot Saya Terasa Nyeri Setelah Latihan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes