Latihan Dada. Kenapa Wanita Tidak Boleh Mengabaikannya?

 

Sementara banyak pria di gym yang saling membandingkan angkatan bench press mereka, hal yang sebaliknya justru terjadi pada sebagian besar wanita. Latihan dada justru menajdi salah satu latihan yang paling jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan oleh para wanita.

Latihan Dada Untuk Wanita

Mitos bahwa latihan dada akan membuat seorang wanita akan membentuk otot dada yang besar seperti pria merupakan salah satu penyebab yang menghalangi wanita untuk melakukan latihan dada. Padahal, menghindari latihan dada adalah hal yang buruk. Artikel ini akan memberikan Anda alasannya.

Manfaat Latihan Dada
Saat Anda tidak melatih otot dada, namun Anda masih melatih otot yang lain seperti otot punggung, lengan, perut, dan kaki Anda, maka hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh Anda. Latihan yang tidak seimbang berpengaruh terhadap perubahan postur tubuh yang berujung pada ketidakmampuan Anda melakukan latihan dengan benar. Bahkan hal ini dapat meningkatkan risiko cedera pada Anda.

Apapun tujuan Anda berlatih, baik itu meningkatkan kesehatan secara umum atau membentuk tubuh ideal, latihan dada tetap memainkan peran penting dalam latihan Anda. Jika Anda pernah melihat seorang wanita memiliki otot bahu dan tricep yang kencang, Anda akan terkejut saat mengetahui bahwa wanita tersebut melakukan latihan dada untuk mendapatkan bahu dan tricep yang kencang. Latihan dada memungkinkan Anda mengangkat beban lebih besar daripada latihan tricep itu sendiri.

Kelebihan lain dari latihan dada adalah, lebih banyak kalori yang dibakar.

Dada merupakan bagian otot yang besar. Kalori yang dibakar jauh lebih banyak daripada melatih otot-otot lain yang lebih kecil. Selain itu, latihan dada mengarah ke tingkat pembakaran lemak yang lebih baik.

Cara Melatih Otot Dada
Latihan otot dada merupakan latihan mendasar dan sangat efektif. Anda pun akan merasakan manfaat yang luar biasa dengan melakukan latihan otot dada, dengan menggunakan cara latihan khusus untuk melatih otot dada seperti bench press, chest flyes, dan push up.

Pada latihan bench press, Anda bisa lakukan 4 set dengan 10-12 repetisi. Tetapi ingatlah untuk selalu mengawali latihan Anda dengan pemanasan selama sekitar 15 menit sebelum memulai latihan yang lebih berat. Untuk chest flyes dan close-grip bench press, lakukanlah sebanyak 2 set dengan 10-12 repetisi. Kemudian lakukan push up hingga batas maksimum kemampuan Anda. Anda dapat melatih kekuatan otot dada sebanyak satu atau dua kali seminggu. Anda tidak perlu berlatih lebih dari 2 kali dalam seminggu.

Bentuklah Tubuh Ideal Impian Anda
Dengan melakukan latihan yang merata untuk semua bagian tubuh Anda, termasuk latihan dada, maka Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih proporsional, indah, dan kencang.

Selamat berlatih!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes