olahraga bagi ibu hamil

Latihan Terbaik Bagi Ibu Hamil

Olahraga atau latihan sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan seseorang, termasuk ketika wanita sedang hamil. Berikut ini beberapa latihan yang tepat untuk wanita saat hamil.

olahraga bagi ibu hamil

Banyak calon ibu sedikit khawatir untuk melakukan olahraga saat hamil, terutama pada trisemester pertama. Salah satu alasan yang sering ditemui adalah untuk menjaga calon bayi dalam perut. Padahal, latihan juga sangat penting dilakukan untuk mengatasi ketidaknyamanan, sakit/nyeri, atau emosi ketika hamil. The American Council of Sports Medicine merekomendasikan bahwa setiap orang harus berolahraga setidaknya 30 menit.

Latihan aerobik yang ringan dapat memperkuat jantung dan paru-paru tetap menjaga otot. Namun pada trimester pertama, Anda disarankan berlatih secara perlahan di bawah pengawasan medis langsung atau menunggu terjadinya trimester kedua. Hindari gerakan yang membungkuk, berputar, atau sering mengubah gerakan karena dapat membuat pusing.
Jangan lupa, selalu siapkan botol air minum untuk menghindari dehidrasi atau otot kram. moncler shirts shoes 2

Karena itu, penting melakukan latihan untuk kesehatan ibu dalam mempersiapkan persalinan. Berikut adalah beberapa latihan kebugaran terbaik bagi wanita hamil yang dapat membuat sehat dan bahagia.

1. Joging

Joging baik untuk ibu maupun calon bayi. Dengan joging dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memungkinkan untuk melepas stres dan ketegangan.

Joging dapat dilakukan ibu hamil hingga memasuki usia sembilan kehamilan. Hanya saja perlu untuk menghindari medan yang sulit, ramai, atau kotor.

Sebaiknya, lakukan jalan-jalan atau joging selama 30 menit. Enam menit untuk pemanasan serta relaksasi setiap 10 menit.

2. Yoga

Yoga sering disebut dapat membantu seorang wanita dalam mempersiapkan kelahiran. Hal itu dikarenakan yoga dapat mengajarkan wanita untuk beradaptasi dengan situasi fisik dan mental yang baru.

Meski belum pernah mencoba sebelumnya, yoga dapat dilakukan ketika seseorang hamil. Hanya saja, nfl jerseys reddit for sale near me hindari poseyang terlalu sulit yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Beberapa pose yoga yang populer dilakukan ketika hamil antara lain Ustrasana (pose unta), Yastikasana, dan latihan pernapasan.

3. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga atau latihan yang paling menyehatkan selain bagi fungsi kardiovaskuler. Berenang juga dapat melancarkan sirkulasi, membangun ketahanan, dan dapat membantu menurunkan emosi saat hamil. Salah satu gaya berenang terbaik yang dapat dilakukan ketika hamil adalah gaya dada.

4. Bersepeda

Banyak yang takut bersepeda saat hamil karena khawatir cedera atau terjatuh. Bersepeda sendiri merupakan salah satu latihan aerobik yang mudah dilakukan untuk membantu tubuh tetap sehat dan bugar.

Memang, bersepeda terlalu jauh atau terlalu cepat tidak disarankan ketika hamil. Namun, tetap lanjutkan bersepeda selama Anda masih merasa mampu.

5. Senam Kegel

Senam kegel dapat membantu ketika proses melahirkan atau setelahnya. moncler shirts shoes 2 Salah satu fungsi senam kegel adalah untuk memperkuat otot-otot saluran kemih agar ketika prosespersalinan tidak terjadi ‘ngompol’.

Cara termudah melakukan senam kegel adalah dengan berbaring telentang pada permukaan yang datar dan kontraksi otot panggul Anda seolah-olah Anda sedang mencoba untuk menghentikan aliran urin. Tahan kontraksi dan hitung sampai tiga. Setelah ini, perlahan-lahan lepaskan kontraksi dan rileks. Proses ini dapat dilakukan 5-6 kali per sesi dan dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Ibu, Waspadai Gejala Kehamilan Palsu!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes