Mengapa Wanita Sebaiknya Hindari ‘Waxing’?

Waxing atau ‘pembersihan bulu pubis’ dengan menggunakan madu panas atau cairan gula khusus, ternyata tidak baik untuk kesehatan daerah intim kaum wanita.

Hal itu diungkapkan langsung oleh dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS. Pondok Indah – Puri Indah, dr. Susie Rendra, SpKK.

“Waxing itu bisa menyebabkan bisul dan iritasi pada daerah intim wanita,” ujar Susie seperti dikutip Antaranews.com.

Susie menjelaskan, bisul tersebut disebabkan akibat masuknya kuman-kuman dan aneka bakteri jahat ke dalam celah rongga udara yang terbuka di kulit.

“Rongga itu terjadi akibat bulu pubis yang ditarik sedemikian rupa, sehingga memperbesar pori-pori dan membuka celah kulit,” tambah Susie.

Bakteri dan kuman dengan mudah berkembang di area ini, sehingga menyumbat pori dan menimbulkan bisul di daerah intim yang memberi rasa nyeri. Lebih lanjut Susie menjelaskan, bulu pubis memiliki fungsi lain sebagai rongga udara yang membatasi kulit vagina dengan pakaian dalam.

Pakaian dalam yang menempel ketat pada kulit, dapat menyebabkan gesekan yang menimbulkan iritasi. “Saat iritasi, terjadi kemerahan di kulit dan rasa gatal yang mengganggu. Maka sebaiknya jangan lakukan waxing,” tutup Susie.

Well, sudah tahu alasannya kan? Sebaiknya hindari waxing bagi yang hendak ingin melakukann demi kesehatan Anda! (jay)

BACA JUGA: 5 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Si Jomblo

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes