risiko penyakit jantung

Wanita Aktif Kurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk pada wanita yang sudah berumur. Terbaru, hasil penelitian menunjukkan rutin olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan pembekuan darah.

risiko penyakit jantung

Wanita yang melakukan olahraga secara rutin beberapa kali dalam sepekan, memiliki risiko yang rendah terhadap penyakit jantung, stroke, dan pembekuan darah.

Dikutip dari Zee News, Rabu (18/02), wanita yang rutin olahraga 2-3 kali per minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan pembekuan darah hingga 20 persen dibandingkan mereka yang sedikit atau bahkan tidak melakukan olahraga.

Penelitian yang diterbitkan American Heart Association (AHA) dalam jurnal Circulation, aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan antara lain berjalan, berkebun, dan bersepeda.

Pada penelitian ini melibatkan 1,1 juta wanita di Inggris yang tidak memiliki riwayat kanker, penyakit jantung, stroke, pembekuan darah, atau diabetes. Mereka tergabung dalam studi Milion Women pada tahun 1996-2001. Rata-rata peserta berusia 56 tahun.

Penulis utama penelitian, Miranda Armstrong dari University of Oxford mengatakan bahwa wanita paruh baya harus mencoba melakukan olahraga rutin. Namun, untuk mencegah penyakit jantung, stroke dan pembekuan darah, mereka tidak perlu melakukan aktivitas yang terlalu sering.

Pada penelitian sebelumnya yang diterbitkan di Journal of American College of Cardiology menyebut bahwa jogging yang terlalu berat dengan kecepatan tinggi memiliki risiko kematian lebih dini daripada mereka yang melakukan jogging dengan intensitas sedang. (ctr)

BACA JUGA: Diet Sederhana Sama Efektifnya Menurunkan Berat Badan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes