Wanita Lebih Pintar Ketimbang Pria, Lho!

Pertempuran teori seputar siapa yang paling pintar diantara pria dan wanita kembali ‘panas’. Menurut temuan terbaru dari para psikolog, skor IQ (Intelegent Quotient) wanita telah meningkat di atas pria untuk pertama kalinya dalam satu abad terakhir.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa wanita tertinggal lima poin di belakang pria dalam skor IQ sejak pengujian yang dimulai seabad lalu. Tetapi, kesenjangan ini mulai berubah seiring berjalannya waktu.

Tahun ini, wanita berhasil mengalahkan pria dalam hal kecerdasan, berkat kemampuan para wanita yang multitasking. Terobosan baru ini ditemukan oleh James Flynn, tokoh ternama di dunia dalam bidang tes IQ.

“Dalam 100 tahun terakhir, nilai IQ dari kedua jenis kelamin pria dan wanita telah meningkat, tetapi wanita berhasil meningkat lebih cepat. Ini adalah konsekuensi dari modernitas,” kata Flynn seperti dikutip Zeenews.com.
“Kompleksitas dunia modern bisa membuat otak kita beradaptasi dan meningkatkan IQ kita. Efek full dari modernitas pada wanita ini baru awalnya saja”, tambahnya.

Penemuan ini didasarkan satu teori, yakni kemampuan wanita untuk multitasking yang bisa mengurus keluarga sekaligus bekerja. Sementara itu, penjelasan lainnya adalah wanita akhirnya menyadari bahwa mereka memiliki potensi kecerdasan sedikit lebih tinggi daripada pria. Jadi, para wanita terus berkembang.

Namun, Flynn mengatakan masih butuh lebih banyak data yang diperlukan untuk menjelaskan hal ini, karena tes IQ secara konsisten menunjukkan adanya perbedaan antara gender dan ras.

Flynn, profesor studi politik di University of Otago di Dunedin, Selandia Baru, menyusun tes IQ baru dari negara-negara di Eropa Barat dan dari Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, Argentina dan Estonia. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kesenjangan antara pria dan wanita menjadi tidak signifikan di negara-negara Barat.

Di Australia, IQ pria dan wanita ditemukan hampir identik, sedangkan di Selandia Baru, Estonia dan Argentina, wanita mencetak sedikit lebih daripada pria. Pengujian juga menunjukkan bahwa IQ bukan genetik dan dapat ditingkatkan.

“Ketika dunia menjadi lebih kompleks, dan hidup di dalamnya menuntut lebih banyak pemikiran abstrak, sehingga orang harus beradaptasi. Peningkatan ini lebih terlihat pada wanita daripada pria, karena dalam sejarah wanita sempat dirugikan,” tutupnya. (jay)

BACA JUGA : 3 Mitos Perut Sixpack Dan Cara Mengatasinya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes