10 Langkah Agar Latihan Anda Lebih Fresh

10-langkah
10 Langkah Agar Latihan Anda Lebih Fresh @ Dunia Fitnes

Fitnesmania yang sudah senior pun pasti pernah merasakan bosan saat melakukan latihan yang monoton dari minggu ke minggu. Dan jika pikiran Anda pun sudah ikut jenuh, maka tubuh pun pasti akan demikian, yang berarti latihan akan jadi sia-sia.

Di bawah ini ada 10 langkah untuk mengubah latihan Anda dan membuat tubuh terlatih secara optimal serta membuat bosan tak datang ke gym lagi:

  1. Ubahlah latihan Anda. Memang nyaman buat Anda untuk melakukan latihan-latihan yang sudah familiar, namun penting juga untuk mencoba latihan yang baru. Dan ada banyak latihan yang berbeda-beda untuk Anda coba dengan mudah minimal sekali perubahan dalam tiap minggunya.
  2. Gunakan alat yang berbeda. Jika saat ini Anda gunakan mesin latihan, maka cobalah untuk gunakan dumbbell, bola, dan sebagainya.
  3. Cobalah cicuit training. Metode ini membuat Anda mengikuti suatu rangkaian latihan dengan sedikit atau tanpa istirahat dari gerakan satu ke gerakan lainnya.
  4. Ubahlah urutan latihan. Perubahan yang sederhana dalam hal latihan mana yang Anda lakukan lebih dulu, yang terakhir dan mana yang di tengah akan memberikan hasil yang besar terhadap efektivitas latihan Anda.
  5. Ubahlah intensitas latihan. Jika Anda biasanya memaksakan diri Anda untuk mengangkat beban yang akhirnya membuat Anda mengalami kelelahan dengan cepat (kurang dari 8 repetisi), maka cobalah untuk mengurangi berat beban bersamaan dengan mengurangi banyaknya repetisi.
  6. Cobalah program latihan super set. Pada teknik ini Anda akan melatih otot-otot yang berbeda dalam 1 set.
  7. Ubahlah kecepatan dari teknik latihan Anda. Latihan beban biasanya membutuhkan 8 detik untuk melakukan satu repetisi. Maka cobalah mengubahnya menjadi 15 detik tiap latihan.
  8. Ubahlah frekuensi latihan Anda. Misalnya Anda bisa meningkatkan frekuensinya dari 2 kali menjadi 3 kali latihan per minggunya atau mungkin sebaliknya, yaitu menurunkan frekuensinya dari 5 kali menjadi 4 kali, dan sebagainya.
  9. Jangan acuhkan waktu istirahat dan recovery Anda. Ingatlah bahwa tubuh Anda memerlukan istirahat untuk memperbaiki sel dan membentuk otot.
  10. Mintalah bantuan. Untuk mendorong dan memaksimalkan latihan Anda, maka Anda bisa meminta bantuan pada trainer Anda.

Dengan banyaknya pilihan latihan yang ada, rasa bosan harusnya tidak menjadi salah satu pilihan dalam latihan beban. Variasi latihan ketahanan ini tidak akan berakhir, mulai dari alat yang bervariasi, teknik latihan, susunan latihan, dan berbagai aspek lain seperti dalam tips latihan beban di atas.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes