10 Tip Praktis Menjaga Tekanan Darah yang Sehat

7 dari 10 orang dewasa saat ini berisiko lebih besar terkena stroke atau serangan jantung akibat tekanan darah mereka terlalu tinggi. Bagaimana menjaga tekanan darah yang normal?

Lebih banyak duduk di kantor, kurang berolahraga dan mengonsumsi junk food berkontribusi besar sebagai penyebab penyakit tekanan darah tinggi yang mematikan tersebut, bahkan sudah mengincar kalangan muda saat ini.

10 Tip Praktis Menjaga Tekanan Darah yang Sehat

Di India, para ahli mengatakan, prevelansi hipertensi disana adalah sekitar 20-40 % pada orang dewasa yang tinggal di perkotaan dan 12-17% pada orang dewasa yang tinggal di pedesaan. Fakta tersebut menandakan kehidupan di perkotaan lebih besar risikonya terhadap penyakit tekanan darah tinggi.

Untuk mencegahnya, sebenarnya ada beberapa hal kecil yang terbukti dapat membantu menjaga tekanan darah yang normal. Berikut 10 tip sederhana yang kami rangkum dari Daily Mirror baru-baru ini :

1. Jogging tiap minggu
Jogging yang hanya membutuhkan waktu satu jam seminggu mampu memberikan harapan hidup selama 6 tahun. Copenhagen City Heart yang melakukan studi kardiovaskular pada sekitar 20.000 pria dan wanita yang berumur 20-93 tahun percaya bahwa jogging sederhana memberikan berbagai manfaat kesehatan, meningkatkan penyerapan oksigen, dan menjaga tekanan darah.

2. Mengonsumsi yoghurt
Menurut sebuah studi yang dipresentasikan oleh University of Minnesota di Amerika Serikat, mengonsumsi satu cup yoghurt sehari dapat mengurangi tekanan darah tinggi Anda. Penelitian itu mengungkapkan, bahwa orang yang mengonsumsi satu cup yoghurt (120 gr) setiap hari dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi sebanyak 31% selama 15 tahun.

3. Makan pisang
Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium, seperti pisang dapat menyelamatkan ribuan nyawa setiap tahun, seperti hasil dari sebuah studi yang diterbitkan oleh British Medical Journal Online. Kalium adalah mineral penting yang mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Pastikan Anda mengonsumsi 5 buah pisang per hari yang kaya akan kalium untuk menjaga tekanan darah.

4. Kurangi garam pada makanan
Konsumsi garam berlebih membuat pembuluh darah pada ginjal menyempit dan menahan aliran darah sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Menurut Blood Pressure Association, makanan olahan seperti biskuit, sereal, dan makanan siap saji saja sudah mengandung 80% kadar garam dari jumlah yang asupan harian disarankan (1,5- 4,2 gr untuk orang dewasa).

5. Menjaga berat badan ideal
Penelitian telah menunjukkan bahwa sedikit saja penurunan berat badan, dapat berdampak besar pada tekanan darah Anda. Kelebihan berat badan membuat jantung Anda bekerja lebih keras sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi.

6. Tidak merokok
Nikotin pada rokok merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin sehingga membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatan tekanan darah Anda.

7. Kurangi bekerja lembur
University of California di Amerika Serikat menemukan bahwa bekerja di kantor selama 40 jam per minggu berisiko terkena tekanan darah tinggi sebesar 14% lebih besar dibandingkan dengan yang bekerja kurang dari 40 jam per minggu. Apalagi jika Anda bekerja lembur sehingga jam kerja bisa sampai 51 jam per minggu maka risikonya meningkat menjadi 29% lebih besar.
Bekerja lembur membuat orang sulit untuk berolahraga dan makan sehat. Jadi cobalah kurangi waktu bekerja lembur agar lebih bisa bersantai di rumah dan makan malam dengan makanan yang sehat. Pasanglah alarm pada komputer Anda sebagai pengingat jam pulang.

8. Berhentilah mendengkur
Tak henti-hentinya mendengkur menjadi salah satu gejala apnea tidur obstruktif. Secara signifikan mereka yang tidur mendengkur memiliki tekanan darang yang tinggi. Jadi, cobalah cari tahu atau berkonsultasi dengan dokter bagaimana mengurangi tidur mendengkur. Tetapi berhenti merokok dan menjaga berat badan ideal juga bisa membantu Anda mengurangi mendengkur pada saat tidur.

9. Kurangi kafein
Duke University Medical Center, North Carolina, Amerika Serikat, menemukan bukti bahwa konsumsi 500 mg kafein atau sekitar 3 cangkir kopi sehari dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Para ilmuwan mengatakan bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah dengan mempersempit pembuluh darah dan dapat menyebabkan peningkatkan efek stres.

Mengonsumsi bit merah dan bayam
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal http://hyper.ahajournals.org/ menemukan bahwa mengonsumsi bit merah sebanyak satu mangkuk per hari dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi sebanyak 7%. Diperkirakan manfaat ini berasal dari kandungan nitrat yang terdapat pada bit merah dimana bayam juga memiliki kandungan yang sama.

Well fitness mania, mudah bukan untuk menjaga kesehatan tekanan darah Anda? (boy)

BACA JUGA : Sepak Bola Bermanfaat Baik bagi Pria Penderita Hipertensi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes