tetap bugar selama libur lebaran

10 Tips Tubuh Tetap Bugar Selama Libur Lebaran

Sebentar lagi Anda akan memasuki libur Lebaran. Dan berikut ini ada 10 tips yang dapat membantu tubuh Anda tetap bugar selama libur Lebaran nanti.

Setelah beribadah puasa selama kurang lebih satu bulan, seluruh umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Dalam menyambut Lebaran, biasanya berbagai aktivitas (pekerjaan) akan diliburkan. Kurang lebih selama satu minggu Anda akan memasuki masa liburan untuk menikmati suasana Lebaran bersama keluarga.

Namun terlalu lama libur juga dapat membuat kekuatan otot dan kebugaran tubuh Anda menurun jika tidak diimbangi dengan nutrisi dan olahraga.

Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu tubuh Anda tetap bugar selama libur Lebaran:

1. Agendakan Mulai dari Sekarang Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Libur Lebaran

tetap bugar selama libur lebaran

Ketika Lebaran nanti, pastinya akan ada banyak makanan nikmat yang tersaji. Namun banyak diantaranya yang mengandung tinggi kalori. Agar hal tersebut tidak mengganggu program diet maupun menikmati suasana Lebaran, rencanakan segala sesuatunya sekarang.

Ada baiknya untuk berencana makan yang secukupnya pada saat Lebaran nanti agar asupan kalori tidak melonjak drastis. Atau Anda dapat mengatur kapan saat yang tepat untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, pada pagi hari atau malam hari. Tentu saja ini cukup baik untuk menjaga tubuh tetap bugar selama libur Lebaran.

2. Tetap Bugar Selama Libur Lebaran dengan Improvisasi Latihan

tetap bugar selama libur lebaran

Melakukan program latihan yang sama pada saat liburan rasanya seperti sebuah misi yang tidak mungkin. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan latihan (olahraga).

Jika tidak mungkin berlatih ke gym, Anda bisa latihan beban dengan bodyweight training. Yaitu latihan beban dengan menggunakan berat tubuh Anda sendiri sebagai beban. Seperti push up, plank, atau pull up.

Kalaupun Anda memiliki waktu yang sedikit karena padatnya jadwal saat libur Lebaran, Anda bisa berlatih dengan metode circuit training, HIIT, atau superset.

3. Jangan Terlalu Lama Duduk

Hampir pasti duduk terlalu bisa Anda alami saat bekerja. Namun sebaiknya hal ini tidak Anda lakukan pada saat silaturahmi bersama keluarga maupun teman tercinta.

Anda bisa memanfaatkan libur Lebaran ini untuk lebih banyak bergerak. Seperti dengan bersih-bersih rumah atau berkunjung ke tempat keluarga atau teman yang dekat dengan berjalan kaki.

4. Latihan Lebih Meledak dengan HIIT

tetap bugar selama libur lebaran

Seperti pada poin kedua, apabila Anda tidak memiliki waktu untuk berlatih Anda bisa improvisasi metode latihan. Contohnya seperti berlatih dengan metode HIIT atau High Intensity Interval Training yang cukup dilakukan selama 10 menit.

Latihan ini juga sangat sederhana. Untuk lebih jelasnya Anda dapat simak pada artikel ‘Singkirkan Lemak dengan 5 Menit HIIT Berikut’

Latihan HIIT tidak hanya membakar kalori dan membantu menjaga berat badan Anda, namun juga bisa membantu Anda mengonsumsi makanan yang sehat. Setelah melakukan HIIT, Anda akan cenderung tidak makan dengan makanan yang tinggi kalori.

5. Management Stres

Salah satu manfaat lain dari liburan adalah untuk mengelola stres. Ketika stres, hormon kortisol akan meningkat sehingga dapat mempengaruhi insulin Anda. Selanjutnya, ini akan menyebabkan proses pembakaran lemak jadi lebih sulit.

6. Fokus Pada Goal Fitness Anda

tetap bugar selama libur lebaran

Mungkin Anda akan sedikit memodifikasi target Anda karena memasuki musim liburan. Maksud dari memodifikasi di sini bukan untuk mengubah total jadwal yang telah Anda tentukan.

Yang dimaksud memodifikasi adalah dengan cara mengetahui tempat-tempat mana saja yang bisa Anda lakukan untuk cheat day. Seperti tempat makanan yang tinggi kalori hingga kapan saja Anda ingin melakukan latihan kardio.

Melakukannya mulai dari sekarang akan membantu Anda tetap fokus dan terus berkembang.

7. Latihan Alternatif untuk Menjaga Tubuh Tetap Bugar Selama Libur Lebaran

tetap bugar selama libur lebaran

Artinya, manfaatkan kerabat, keluarga, atau teman Anda saat liburan. Anda tidak harus berlatih sendirian karena ada banyak orang di sekitar Anda sewaktu berlibur.

Atau, Anda juga bisa melakukan banyak variasi latihan seperti bermain kasti, bersepeda bersama anak, atau jalan-jalan setiap pagi. Ini adalah cara yang baik agar tubuh Anda tetap bugar selama libur Lebaran.

Jika Anda merasa sangat senang dan enjoy dengan olahraga saat liburan, maka merasa tetap aktif akan berbeda rasanya dengan pekerjaan atau dengan kata lain sangat jarang rasa malas melakukan.

8. Strategi Makan

tetap bugar selama libur lebaran

Sederhananya adalah mengatur kapan dan makanan apa yang ingin Anda makan.

Misalnya jika Anda ingin makan-makanan yang mengandung tinggi gula, maka konsumsilah makanan tersebut saat pagi hari. Tentu, tujuan utamanya adalah sebagai sumber energi, bukan berpotensi tersimpan sebagai lemak.

Menggunakan cara ini adalah salah satu trik jitu untuk menjaga komposisi atau berat tubuh Anda tetap terkontrol selama libur Lebaran.

Dan pastinya akan cukup membantu tubuh Anda tetap bugar selama libur Lebaran.

9. Minum Lebih Banyak Sebelum Beraktivitas

tetap bugar selama libur lebaran

Sangatlah penting untuk memastikan Anda minum air yang cukup selama beraktivitas libur Lebaran. Air yang cukup akan membantu membuat tubuh Anda berfungsi secara optimal.

Dan ini dapat membantu Anda terhindar dari binge eating. Minum air yang cukup akan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat sehingga akan memperlancar program Anda.

Jika bosan dengan air putih biasa, Anda bisa mencoba menambahkan infused water dan BCAA (branched chain amino acids) untuk menambah rasa dan mendukung proses pemulihan (recovery) Anda.

10. Latihan Ketika Suhu Dingin

Pada pagi hari, suhu udara di sekitar tempat Anda hampir pasti bersuhu dingin. Dan ternyata, suhu dingin pada pagi hari bisa Anda manfaatkan untuk membakar kalori lebih banyak.

Dalam artian, tubuh Anda akan menggunakan energi sedikit lebih banyak untuk menghangatkan udara yang akan Anda hirup. Dan tubuh Anda akan membakar kalori lebih banyak apabila Anda menyertakan sepatu booth atau memakai jaket yang tebal ketika berolahraga pada suhu yang dingin.

Sudah siap merencanakan liburan Anda?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes