15 Langkah Mudah Atasi Jerawat

Sebagian orang pernah mengalami jerawat. Meski banyak terjadi pada remaja, jerawat juga bisa menyerang segala usia. Lebih dari 25 persen orang dewasa pernah mengalami masalah jerawat.

cara-mengatasi-jerawat

Langkah pencegahan dan penanganan yang tepat adalah solusi yang tepat guna menangani masalah jerawat.
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini, di antaranya:

Jaga Wajah Tetap Bersih
Penting menjaga kulit tetap bersih agar sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak dari pori-pori. Basuh muka dan tubuh Anda setiap hari dengan mild cleanser. Setelah membasuh muka, siram dengan air hangat dan seka dengan handuk bersih untuk mencegah penyebaran bakteri.

Membersihkan muka lebih dari dua kali sehari justru merugikan kesehatan wajah. Hal ini dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan memproduksi lebih banyak minyak yang berpotensi menimbulkan jerawat.

Gunakan Pelembab
Pelembab sangat penting untuk kulit berjerawat. Banyak orang berjerawat tidak menggunakan pelembab karena mereka percaya hal itu akan membuat kulit mereka lebih berminyak. Padahal pendapat ini tidak benar. Kulit berjerawat perlu pelembap karena dapat menjaga kelembaban wajah akibat penggunaan cleanser dan perawatan wajah lainnya.

Ketika memilih pelembab pilihlah yang non-comedogenic. Produk non-comedogenic tidak menyumbat kulit. Sebagian besar produk ini bebas minyak namun tetap memberikan kelembaban bagi kulit Anda.

Produk Anti-Jerawat
Gunakan produk penangkal jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk membunuh bakteri dan mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Jika Anda mempunyai kulit sensitif, produk ini bisa mengakibatkan alergi.

Kenakan Make Up Ringan
Ketika jerawat muncul, sebaiknya tidak mengenakan kosmetik seperti, foundation, blush, dan bedak karena bahan ini dapat menyumbat pori-pori dan memicu iritasi kulit. Jika Anda tetap inign bermake-up, pilih produk yang bebas minyak yang tidak menutup pori-pori. Segera bersihkan setelah penggunaan.

Jauhkan Rambut dari Wajah
Jika Anda punya rambut panjang, sebaiknya ikat rambut Anda ke belakang. Armbut banyak mengandung kotoran dan minyak penyebab jerawat. Sebaiknya kurangi penggunaan minyak rambut dan gel untuk mengurangi potensi jerawat.

Jauhkan Tangan dari Wajah
Banyak orang tanpa sadar sering menyentuh wajah dengan tangan. Kebiasaan ini sebenarnya menajdi pemicu munculnya jerawat. Telapak tangan adalah tempat potensial bagi kuman dan bakteri. Sering menyentuh wajah dengan tangan dapat mengakibatkan jerawat dan membuat jerawat yang sudah ada semakin parah.

Anda juga tidak dianjurkan memencet jerawat, karena bisa membuat bakteri yang ada dipermukaan jerawat masuk ke dalam kulit dan menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Hindari Sinar UV
Sinar matahari baik untuk kesehatan jika Anda tidak terlalu lama berada di bawahnya. Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat mengakibatkan kulit kering, iritasi, dan peradangan.

Saat pergi keluar, kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sengatan matahari, termasuk topi yang lebih lebar untuk menutupi wajah. Lindungi kulit Anda dengan mengenakan tabir surya minimal spf 30 untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari.

Diet Sehat
Meski makanan berminyak dan cokelat tidak berhubungan langsung dengan munculnya jerawat, membatasi konsumsinya adalah langkah yang tepat. Ganti makanan berminyak Anda dengan yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Makanan tersebut kaya antioksidan, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan jerawat dan memperbaiki kulit wajah. Salmon, buah beri, bayam, almond, tomat, dan jeruk adalah contoh makanan yang baik untuk kesehatan kulit.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
Air dapat menangkal beberapa penyebab jerawat. Beberapa penyebab jerawat yang bisa diatasi dengan minum air adalah kekurangan vitamin dan mineral serta ketidakseimbangan hormonal. Minum 8 gelas atau lebih air perhari dapat membantu membuang racun dan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap gizi makanan.

Tambahkan sari lemon segar pada air minum Anda agar lebih sehat sekaligus membuat kulit wajah Anda lebih sehat dan bercahaya dengan kandungan Vitamin C nya.

Olahraga Rutin
Olahraga 3-4 kali seminggu dengan durasi 30 menit dapat menstabilkan kinerja hormon yang berhubungan dengan penyebab jerawat. Olahraga juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat. Mandi segera latihan dapat mencegah penyumbatan pori-pori akibat kotoran dan keringat yang dapat memicu iritasi.

Kurangi Stres
Saat tingkat stres meningkat, hormon kortisol juga turut meningkat. Hormon ini merangsang peningkatan produksi minyak pemicu jerawat. Anda bisa mengurangi stres dengan mengikuti latihan aerobik, yoga, latihan pernapasan, meditasi atau pijat refleksi.

Sebagai tambahan, gunakan produk anti-jerawat yang mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide untuk membunuh baktero dan mengurangi kemerahan dan peradangan.

Hindari Minuman Beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol tidak berdampak langsung pada jerawat, tapi kebiasaan ini dapat melemahkan daya tahan tubuh yang melindungi tubuh dari serangan bakteri dan kuman. Ketika daya tahan tubuh melemah, maka bakteri penyebab jerawat dengan mudah menyerang.

Jaga Kebersihan Handuk dan Tempat Tidur
Handuk, sarung bantal, dan sprei mengandung banyak bakteri penyebab jerawat. Saat Anda membasuh muka menggunakan handuk kotor atau berbaring pada kain bantal dan sprei yang kotor pula ini artinya Anda sedang memindahkan bakteri dari bahan tersebut ke wajah Anda.

Untuk mencegah hal ini, segera ganti handuk Anda dengan yang baru dan cuci yang lama. Sebelum tidur jadikan handuk atau kain bersih sebagai alas dari bantal Anda untuk mencegah bakteri menempel langsung ke wajah Anda.
Sarung bantal dan sprei hendaknya dicuci seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Bersihkan Ponsel Setelah Digunakan
Banyak orang tidak menyadari ketika menggunakan ponsel mereka memindah bakteri dari ponsel ke wajah. Untuk mencegah hal ini, bersihkan ponsel dengan alkohol atau anti-bakteri setelah digunakan.

Hindari Topi dan Baju yang terlalu Ketat
Topi dan baju yang terlalu ketat dapat mengakibatkan iritasi kulit penyebab jerawat. Untuk mencegahnya, kurangi penggunaan topi dan kenakan pakaian yang lebih longgar. Jika Anda harus mengenakan topi dan baju ketat untuk keperluan lain, gunakan krim anti jerawat untuk mengurangi dan menyembuhkan jerawat.

Jerawat tidak harus mengendalikan hidup Anda. 15 tips di atas akan membantu Anda mengurangi penyebab timbulnya jerawat. (dan)

BACA JUGA : JERAWAT MEMBANDEL? ATASI DENGAN TANAMAN HERBAL INI

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes